Ciri Lembaga Ekonomi dan Jenisnya

Diposting pada

Karakteristik Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi yang menjadi tipe lembaga sosial pada saat ini menjadi sumber wawasan dan pengetahuan dalam pengembangan sistem sosial terkait dengan kegiatan perekonomian bagi masyarakat. Setiap negara ataupun wilayah dapat dipastikan memiliki lembaga perekonomian, alasannya karena kegiatan manusia sendiri tidak akan terlepas dari upaya pemunuhan atas arti kebutuhan.

Oleh karena itulah lembaga ekonomi memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehidupan masyarakat salah satunya yaitu mampu mengatur dan menjaga hubungan sosial yang dilakukan para pelaku ekonomi dengan melakukan peningkatkan produktivitas ekonomi secara maksimal.

Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah institusi yang mengatur tentang kegiatan bidang dan jasa dalam kehidupan masyarakat. Kegiatan dalam lembaga ini cederung fokus pada masalah ekonomi modern dan klasik seperti sektor penjualan, distribusi barang, produksi, dan sektor lainnya yang berkaiatn erat dengan cara manusia memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.

Ciri Lembaga Ekonomi

Ciri Lembaga Ekonomi di Indonesia
Ciri Lembaga Ekonomi

Karakteristik yang ada di dalam lembaga perekonomian, diantaranya;

  1. Mengawasi Jalannya Ekonomi

Sifat tetap dalam lembaga ekonomi ialah berfungsi untuk memberikan pengawasan dalam kegiatan perkonomian, pengawasan ini dilakukan dengan membentuk badan khusus yang menaunginya. Dalam masyarakat Indonesia lembaga ekonomi bisa diawasi dengan OJK, Kementrian Perekonomian, dan lembaga lainnya.

  1. Bersifat Kokoh

Karakteristik selanjutnya dari lembaga ekonomi ialah bersifat kokoh. Kokoh dalam artian memililiki payung hukum yang tetap dan tidak bisa duanggu gugat, keadaan ini berfungsi agar lembaga ekonomi daat lebih maksimal untuk menjalankan tugasnya.

  1. Asas Gotong Royong

Khusus pada ciri lembaga ekonomi di Indonesia asas ini haruslah dimiliki, dengan rasa kekeluargaan antara satu wilayah dan masyarakat maka pembangunan ekonomi dan tahap perencanaannya akan lebih mudah untuk dijalankan, sebagaimana kondisi ini dilakukan pula oleh negara-negara di dunia.

  1. Menyelesaikan Permasalahan Ekonomi

Ciri terakhir yang haruslah ada di dalam lembaga ekonomi ialah menyelesaikan tentang beragam bentuk kelangkaan ekonomi, baik secara langsung ataupun tidak. Tujuannya ialah untuk memberikan kemampuan finansial dan jaminan tentang keteraturan sosial dalam masyarakat.

Jenis Lembaga Ekonomi

Dilihat dari sistem perekonomian, di dalam lembaga ekonomi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya;

  1. Komunis

Komunis adalah sala satu sistem perekonomian yang menegaskan bahwa semua kekayaan masyarakat adlah milik negara. Dalam perekonomian ini mengedepankan aspek kepedulian bersama dan rasa kebersamaan. Sistem perekonomian komunis pada saat ini masih tersisa di beberapa negara, misalnya Negara Rusia, China, dan Korea Utara.

  1. Kapitalisme

Aspek yang ada dalam macam lembaga ekonomi selanjutnya adalah kapitalis, definisi dari perekonomian ini mengedepankan persaingan antar masyarakat. Kekayaan miliki sendiri, tanpa ada urusan negara. Adapun beberapa negara yang menjalankan sistem perekonomian kapitalis misalnya saja Amerika Serikat, Singgapura, dan lain sebaginya.

  1. Pancasila

Terkhusus pada sistem perekonomian ini sangat tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia, bagimana tidak?, lantaran Pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesai juga diteraakan dalam perekonomian. Intisari dari perekonomian ini sendiri ialah berada di antara komunis dan kapitalis, yang mengencmpurkan keadilan, kemakmuran, dan spirutual (Kepercayaan).

Contoh Lembaga Ekonomi

Adapun untuk berbagai contoh yang ada dalam lembaga ekonomi, antara lain;

  1. Bank

Bank adalah salah satu sektor yang dapat dijadikan contoh dalam lembaga perekonomian di Indonesia. Bank ini memberikan aturan terkait dengan peredaran uang, penyimpanan uang, dan pemberi pinjaman. Oleh karena itulah banyak sekali jenis Bank yang ada di Indonesia. Mulai dari Bank swasta ataupun Bank Negeri.

Kesimpulan

Penjelasan mengenai pengertian dan jenis terhadap lembaga ekonomi di atas. Penting pula diketahui bahwasanya ada sejumlah kesamaan dari semuanya, terutama dalam ciri atau

Dari sejumlah bahasan di atas, penting pula diketahui bahwasanya lembaga ekonomi ini menjadi salah satu jenis daripada lembaga sosial yang erat kaitannya dengan hubungan tingkah laku manusia dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai ciri lembaga ekonomi. Semoga dengan adanya materi ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang membutuhkan referensi mengenai “lembaga sosial”, khususnya tentang perekonomian. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *