Contoh Sosial Media di Indonesia dan Manfaatnya

Diposting pada

Contoh Sosial Media di Indonesia

Media sosial merupakan sebuah media daring yang terhubung melalui koneksi internet, memungkinkan penggunanya atau user-nya untuk berpartisipasi dengan membuat akun serta berbagi dan menciptakan isi blog atau forum dalam dunia virtual. Media sosial terbentuk dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sering diklasifikasikan sebagaimana forum internet, weblog, atau blog sosial.

Media sosial memuat beraneka pesan dalam bentuk konten tertulis maupun dalam bentuk gambar dan video. Pesan dalam media sosial memiliki jangkauan dan jaringan sosial yang luas, berbeda dengan pesan yang dikirimkan melalui sms. Dengan bantuan koneksi internet, pesan yang disampaikan lebih mudah dan cepat; sangat lebih efiesien daripada media-media sebelum digunakannya internet. Pesan tersebut dapat dimaknai sebagai cara seseorang berinteraksi dengan lingkungan pertemanannya atau dapat diartikan sebagai citra diri yang dibangun oleh seseorang tersebut.

Media Sosial

Definisi media sosial sejatinya dikenal dunia pada tahun 1978 berupa sistem papan buletin yang memungkinkan seseorang untuk dapat berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain melalui surat elektronik. Selain menggunakan surat elektronik, seseorang pada awal dikenalnya media sosial dapat pula menggunggah dan mengunduh perangkat lunak tertentu kemudian dihubungkan pada saluran telepon atau modem. Selanjutnya, perkembangan media sosial berkembang pada tahun 1995 berupa situs web hosting.

Web hosting tersebut merupakan layanan penyewaan untuk penyimpanan data situs web agar bisa diakses dari mana saja dan temuan tersebut kemudian menjadi tonggak berdirinya wajah media sosial yang kita kenal saat ini. Pada tahun 1997, situs jejaring sosial pertama dikenal dengan Sixdegree.com dengan lebih unggul sebagai jejaring sosial daripada Classsmate.com di tahun 1995.

Berikutnya, pada tahun 1999, media sosial kemudian berkembang dan dikenal sebagai situs untuk membuat blog pribadi. Situs ini menawarkan kepada penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri, sehingga user dapat memuat hal mengenai apapun dalam situsnya; termasuk mengkritisi kebijakan pemerintah. Pada tahun 2000-an, situs blog tersebut berkembang menjadi situs jejaring sosial Friendster, LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Instagram, LINE, Google+, TikTok, Youtube, WhatsApp, WeChat, QQ, Qzone, Tumblr, Sina Weibo, Skype, Viber, Snapchat, Redit, Pinterest dan lainnya.

Media sosial yang awalnya dimanfaatkan sebagai situs jejaring sosial untuk berkomunikasi, berbagi pengalaman hingga melakukan pencarian informasi tertentu kini berkembang dan dapat digunakan sebagai media bisnis. Pemanfaatan media sosial dalam dunia bisnis dianggap sangat memudahkan user-nya dalam mengjangkau konsumen pun sebagai wadah promosi hingga berjualan.

Media sosial memudahkan penggunanya yang ingin berbisnis dalam memperluas jaringan, meningkatkan popularitas produk, mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan pengunjung ke website bisnis dan menjaga hubungan baik dan kepuasan konsumennya.

Contoh Media Sosial

Berikut akan diuraikan beberapa contoh dan manfaat penggunaan media sosial yang digunakan di Indonesia.

  1. Facebook

Facebook merupakan media sosial yang kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna, hal tersebut menjadikan Facebook sebagai media sosial terbesar di Dunia dalam hal jumlah user. Facebook berdiri pada Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg dkk, kini telah memiliki lebih dari 1,700 karyawan serta kantor cabang di 12 Negara.

 

Media sosial ini dapat dimanfaatkan untuk saling berkirim pesan dengan menggunakan Facebook Messenger. Selain itu Facebook juga dapat dimanfaatkan untuk mengunggah status, saling berkomentar, menambah atau memblokir teman, pun dapat dimanfaatkan untuk berbisnis.

  1. WhatsApp

WhatsApp merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya saling berkirim pesan dengan men-download­ aplikasi pada ponsel pintar (smartphone). Cukup dengan terhubungan dengan layanan internet seseorang dapat memanfaatkan media sosial WhatsApp untuk saling berkirim pesan, berbagi cerita melalui WhatsApp Story, berbagi lokasi dengan fitur share location berinteraksi baik melalui panggilan online maupun video call.

Kelebihan yang patut diketahui pada WhatsApp adalah media sosial ini menyediakan layanan backup chat  pada fitur aplikasinya, serta terdapat jaminan keamanan data pribadi dan penggunaannya yang tidak terlalu memakan daya baterai juga menjadikannya banyak diminati.

Saat terlanjur mengirim pesan yang keliru, melalui WhatsApp pesan tersebut dapat dibatalkan karena media sosial ini menyediakan layanan pembatalan pengiriman pesan.

WhatsApp dikenal masyarakat pada 24 Februari 2009, namun pada tahun 2014 telah jatuh ke tangan Facebook. Pada September tahun 2019 jumlah pengguna WhatsApp yang masih aktif berjumlah 900 juta pengguna, hal tersebut memberikan nilai yang fantastis pada harga saham WhatsApp.

  1. LINE

LINE merupakan media sosial pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada gawai, tablet ataupun komputer. Dengan syarat terhubung pada layanan atau koneksi internet, media sosial LINE dapat dimanfaatkan untuk berbagi pesan, mengirim gambar, stiker, video, pesan suara pun saling mengirim dan menerima panggilan suara atau panggilan video.

LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation dan dirilis pada Juni tahun 2011, dapat digunakan pada sistem iOS dan Android, perangkat Mac dan Windows. Untuk membuat akun LINE, selain dengan terhubung pada koneksi internet, diperlukan pula nomor handphone dan user ID sebagai pin akun LINE.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk saling menambahkan sebagai teman dan membuat group chat tertentu. Penggunanya dapat mengganti tampilan chat room sesuai dengan selera penggunanya serta dapat membangun citra diri melalui ditur profile yang disajikan di dalamnya.

  1. WeChat

WeChat merupakan media sosial yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok. Media sosial ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama dalam hal berbagi pesan (komunikasi) dengan aplikasi WhatsApp, namun WeChat dapat dimanfaatkan sebagai media pembayaran melalui fitur WeChat Pay diseluruh toko dan transportasi di China.

Oleh karenanya pengguna WeChat sering menggambarkan WeChat sebagai aplikasi super karena terintergrasi dalam satu layanan aplikasi. Pengguna WeChat dapat saling berinteraksi sekaligus melakukan pembayaran hanya dengan men-download satu jenis aplikasi yakni WeChat.

  1. Instagram

Instagram disusun dari dua kata yaitu “insta” dan “gram”, insta yang berarti instan atau serba cepat; sementara gram berkaitan dengan telegram yang dimaknai sebagai media pengirim informasi yang sangat cepat. Instagram merupakan media sosial yang pada awalnya dikhususkan untuk saling berbagi foto dan video.

Namun Instagram kemudian berkembang menjadi salah satu media sosial popular di dunia, termasuk Indonesia. Instagram bukan saja memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi foto namun juga mengedit foto atau video tersebut dengan variasi filter untuk mengoptimalisasikan tema foto.

Foto yang diunggah tidak semata adalah potret diri, user dapat juga mengunggah foto produknya dan memanfaatkan akun instagramnya sebagai media untuk berbisnis.

  1. Twitter

Twitter merupakan layanan jejaring sosial dan microblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks. Media sosial yang didirikan oleh Jack Dorsey pada Maret 2006 ini memungkinkan pengguna tidak terdaftar hanya membaca kicauan, sementara pengguna  yang terdaftar dapat menuliskan kicauan melalui antarmuka situs web twitter.

Twitter tidak hanya digunakan untuk menulis atau membaca kicauan namun juga dimanfaatkan untuk keperluan dalam berbagai aspek; misalnya untuk sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, hingga media komunikasi darurat.

  1. Skype

Skype merupakan progam komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet. Penggunanya dapat berinteraksi dengan pengguna Skype lainnya secara gratis hingga berbayar.

  1. Snapchat

Snapchat merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya saling berkirim video dan foto yang kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik. Foto dan video yang dibagikan dapat disesuaikan dengan selera penggunanya dengan menambahkan teks, coretan pensil hingga memampatkan stiker tertentu.

  1. Pinterest

Pinterest merupakan virtual pinboard  yang memungkinkan penggunanya mengunggah konten berupa foto atau video. Foto atau video tersebut dapat dimasukkan ke dalam kategori-kategori tertentu, menyerupai album dengan cara menge-pin-nya atau di re-pin oleh pengguna pinterest lainnya.

  1. Youtube

Youtube merupakan media sosial online yang memudahkan penggunanya berpartisipasi, berbagi da menciptakan konten video bertema tertentu. Youtube memungkinkan siapapun untuk melihat video, mengunggah pun memberi love.

Walaupun demikian; youtube tetap memiliki batasan tertentu bagi setiap video yang diunggah kedalamnya, apabila memuat konten yang dianggap melanggar maka video tersebut dapat diblok sehingga kenyamanan dan keamanan pengguna tetap menjadi prioritas.

  1. LinkedIn

LinkedIn merupakan situs media sosial yang membantu para professional dan pencari kerja di seluruh dunia untuk membangun jaringan kerja mereka melalui profil profesional. Media sosial ini menghubungkan penggunanya dengan para professional di bidangnya serta mendapat berbagai nasihat karir yang berguna sebelum terjun ke dunia kerja.

  1. Vero

Vero merupakan media sosial yang memiliki banyak kesamaan dengan PATH, penggunanya dapat menambahkan teman langsung dengan memilih kategori pertemanan. Terdapat empat kategori yang disediakan yakni private, close friend, friend hingga acquaintance.

Selain itu, penggunanya juga bisa memposting aktivitas mereka mulai foto, link, film, buku, musik dan lokasi pada linimasa mereka dan menginformasikan pada pengguna vero lainnya.

  1. HaloDoc

HaloDoc merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berkonsultasi kesehatan ataupun penyakit dengan dokter.

Media sosial ini merupakan aplikasi kesehatan di Indonesia yang memudahkan penggunanya untuk beli obat termasuk pemesanan hingga pengiriman obat, konsultasi kesehatan hingga pemesanan untuk melakukan cek lab, hingga mengetahui hal-hal seputar kesehatan dengan fitur dokter, obat dan appointment yang disediakan.

  1. Tinder

Tinder merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mencari pasangan hingga menemukan jodoh. Penggunanya dapat melakukan pencarian sosial berbasis lokasi dengan memanfaatkan fitur GPS ataupun menggunakan informasi dari profil yang terhubung dengan media sosial lainnya seperti Facebook.

Penggunanya dapat berkenalan dengan pengguna lainnya melalui informasi awal yang disajikan pada profil seseorang, kemudian beranjak bertukar pesan hingga bertemu langsung apabila merasa cocok atau match.

  1. OKCupid Dating

OKCupid Dating merupakan aplikasi pencarian jodoh atau kencan online yang mampu mendeskripsikan seseorang lebih dari sekedar foto dengan membuat impresi ke lawan jenis. Hal yang diperlukan adalah penggunanya harus terlebih dahulu membuat akun kemudian mengisi profile diri.

Berdasarkan profile diri tersebut OKCupid akan berkerja dan menemukan jenis pasangan yang kamu minati berdasarkan kriteria yang telah kamu tetapkan, sehingga penggunanya dapat berkenalan lebih lanjut dengan calon pasangan.

Itulah tadi serangkain tulisan yang telah disusun secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh media sosial yang ada di Indonesia dan manfaat atas kegunannya. Semoga ulasan kali ini memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *