4 Saluran Globalisasi beserta Contohnya

Diposting pada

Saluran Globalisasi dan Contohnya

Istilah globalisasi tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Alasannya karena peristilahan yang satu ini seringkali digunakan untuk menggambarkan adanya saling ketergantungan secara ekonomi, budaya, dan populasi dunia, yang disebabkan oleh perdagangan lintas batas barang dan jasa, teknologi, serta arus investasi, manusia, dan informasi antara negara yang satu dengan negara yang lain.

Guna memenuhi berbagai kebutuhan dalam negeri masing-masing, negara-negara di dunia telah membangun kemitraan ekonomi untuk memfasilitasi dalam memenuhi kebutuhan tersebut selama berabad-abad. Tetapi istilah globalisasi baru populer setelah Perang Dingin pada awal 1990-an, karena pengaturan kerja sama antarnegara tersebut membentuk kehidupan modern sehari-hari, yang terjadi melalui beragam jenis saluran globalisasi. Mulai dari pergaulan, teknologi, ekonomi, hingga dunia hiburan.

Globalisasi

Istilah globalisasi digunakan untuk memberikan gambaran terkait perdagangan dan teknologi yang telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih terhubung dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi juga mencakup perubahan-perubahan dalam bidang ekonomi dan sosial yang terjadi sebagai akibatnya.

Globalisasi dapat digambarkan sebagai benang jaring laba-laba besar yang terbentuk selama ribuan tahun, dengan jumlah dan jangkauan benang yang makin meningkat dari waktu ke waktu. Orang-orang, uang, barang-barang material, ide-ide, dan bahkan penyakit serta kehancuran telah melewati untaian sutra ini dengan kecepatan yang lebih besar daripada sebelumnya di zaman sekarang ini.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi ialah percepatan pergerakan dan pertukaran (manusia, barang, dan jasa, modal, teknologi atau praktik budaya) di seluruh  dunia. Setiap bidang ilmu dapat mendefinisikan globalisasi dengan cara yang berbeda.

Misalnya globalisasi dari sudut pandang ekonomi menurut Committee for Development Policy (badan anak perusahaan Perserikatan Bangsa-Bangsa), globalisasi dapat didefinisikan sebagai peningkatan saling ketergantungan ekonomi dunia sebagai akibat dari skala perdagangan komoditas dan jasa yang mengalami peningkatan, aliran modal internasional dan penyebaran teknologi yang semakin luas dan cepat.

Istilah globalisasi dalam bidang geografi didefinisikan sebagai serangkaian proses (ekonomi, sosial, budaya, teknologi, kelembagaan) yang memberikan kontribusi terhadap hubungan antara masyarakat dan individu di seluruh dunia.

Saluran Globalisasi

Proses globalisasi dapat terjadi hampir di seluruh dunia karena adanya saluran-saluran yang mempercepat proses tersebut menyebar dari satu negara ke negara lain. Saluran-saluran tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Saluran pergaulan

Contoh saluran globalisasi yang terjadi melalui pergaulan dapat berlangsung melalui beberapa hal berikut.

  1. Kontak antar kebudayaan

Kontak kebudayaan dpat diartikan sebagai proses penyatuan antara kebudayaan yang berbeda karena adanya interaksi atau kelompok dengan individu  atau kelompok lain. Kontak antar kebudayaan dapat terjadi secara asimilasi maupun akulturasi.

Asimilasi ialah proses percampuran dua kebudayaan atau lebih sehingga menghasilkan suatu kebudayaan baru. Contohnya asimilasi misalnya musik dangdut yang merupakan percampuran antara musik Melayu dan India.

Adapun akulturasi ialah proses percampuran kebudayaan tanpa menghilangkan kebudayaan aslinya. Contoh akulturasi misalnya pertunjukan wayang yang mengisahkan Mahabharata. Kebudayaan wayang berasal dari Jawa, sedangkan cerita Mahabarata berasal dari India kuno.

  1. Perpindahan penduduk

Perpindahan penduduk atau migrasi dapat menjadi saluran globalisasi, karena migrasi bukan hanya dapat terjadi dalam satu wilayah negara, tapi juga bisa melewati batas administrasi suatu negara. Contoh migrasi misalnya penduduk Indonesia pergi ke Malaysia untuk bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

  1. Kunjungan pariwisata

Kunjungan wisata juga dapat menjadi saluran globalisasi. Istilah pariwisata itu sendiri bisa diartikan sebagai perjalanan atau bepergian untuk tujuan kesenangan dengan mengunjungi tempat-tempat yang menarik.

Contoh kunjungan wisata  misalnya orang luar negeri mendatangi objek-objek wisata yang ada di Indonesia seperti Candi Borobudur di Yogjakarta, Pantai Kuta di Bali, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, dan berbagai objek wisata lainnya yang ada di Indonesia.

  1. Pertukaran pelajar

Pertukaran pelajar adalah pertukaran siswa atau mahasiswa dari satu kampus dengan kampus lain, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri.

Pertukaran pelajar bukan hanya dapat menjadi salah satu saluran globalisasi, tapi secara spesifik tujuan dilakukannya program tersebut salah satunya adalah membangun persahabatan diantara siswa atau mahasiswa antardaerah, suku, budaya, agama, dan lain sebagainya, yang dapat mempersatukan dan menguatkan kesatuan bangsa.

  1. Misi kebudayaan

Misi kebudayaan ialah kelompok seni dan budaya yang melakukan pertunjukkan seni tradisi Indonesia di luar negeri. Misi kebudayaan dapat menjadi saluran globalisasi karena kegiatan ini adalah salah satu wujud nyata cara bangsa Indonesia memperkenalkan budaya dan peradaban kita kepada orang luar. Misalnya misi kebudayaan Indonesia melalui pertunjukan seni tari.

  1. Saluran teknologi

Istilah teknologi dalam Kamus Besar Bahasa Indoensia (KBBI) dapat diartikan sebagai:

  1. Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis
  2. Ilmu pengetahuan terapan
  3. Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini teknologi semakin berkembang pesat dalam memudahkan kegiatan manusia, hampir di semua bidang kehidupan. Contoh perkembangan teknologi yang dapat mempercepat terjadinya globalisasi di seluruh dunia adalah sebagai berikut.

  1. Teknonogi komunikasi

Perkembangan teknologi komunikasi semakin memudahkan orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk saling berbincang dan berbagi informasi secara mudah dan dalam waktu yang sangat cepat, tanpa harus pergi dari tempat mereka berada, tapi cukup hanya menggunakan HP atau smartphone yang mereka miliki. Kondisi itulah yang pada akhirnya dapat memperluas pengaruh globalisasi bagi suatu masyarakat.

  1. Teknologi transportasi

Selain dalam bidang komunikasi, perkembangan teknologi juga berkembang pesat dalam bidang transportasi. Alat-alat transportasi yang makin canggih dan modern membuat proses mobilisasi semakin cepat. Misalnya dengan menggunakan pesawat terbang, kita kita bisa pergi ke luar negeri hanya dalam hitungan jam.

  1. Saluran Ekonomi

Kegiatan ekonomi juga dapat menjadi salah satu saluran globalisasi. Produk-produk yang dihasilkan oleh suatu negara tentunya membutuhkan pasar agar produk dapat dikenal oleh konsumen dalam memenuhi kebutuhan maupun memberikan keuntungan bagi produsen yang telah membuat produk tersebut.

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini juga dapat memberikan manfaat dalam hal memasarkan hasil produksi secara internasional. Misalnya  melalui telemarketing. Produk-produk yang telah berhasil dipasarkan hingga ke luar negeri bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada gaya hidup, aktifitas sosial, dan ekonomi masyarakat. Contoh saluran globalisasi melalui kegiatan ekonomi misalnya sebagai berikut.

  1. Kerja sama antar negara

Suatu negara tidak akan mampu hidup sendiri tanpa adanya kerja sama dengan negara lainnya dalam memenuhi semua kebutuhannya. Bukan hanya secara ekonomi, bahkan salah satu syarat berdirinya suatu negara juga harus mendapatkan pengakuan dari negara lain. Itulah sebabnya, suatu negara harus bersedia untuk bekerja sama dengan negara lain melalui hubungan internasional, baik secara bilateral dan multilateral. Contohnya Indonesia bekerjasama dengan negara lain dengan bergabung pada organisasi ASEAN.

  1. Perdagangan

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa perkembangan teknologi dapat memudahkan kegiatan ekonomi, tak terkecuali perdagangan. Era pasar bebas berdampak positif pada makin mudahnya proses perdagangan antar negara.

Kini tidak ada lagi hambatan perdagangan antarnegara, karena bea dan tariff sudah dihapuskan. Selain itu, proses pertukaran barang dapat dilakukan secara online melalui surat elektronik (e-mail) dan alat komunikasi lainnya.

  1. Saluran Media Hiburan

Media hiburan juga dapat menjadi saluran globalisasi yang sangat cepat, karena dengan adanya perkembangan teknologi, produk-produk hiburan seperti lagu, film, maupun berbagai macam produk permainan/game dapat beredar luas melalui sarana internet.

Internet memudahkan dan memungkinkan semua orang di dunia ini mengakses produk hiburan dari suatu negara. Sebagai contoh, maraknya budaya K-Pop yang berasal dari Korea Selatan.

Akan tetapi, perlu kita ingat bahwa tidak semua produk hiburan tersebut memberikan dampak positif dalam cara berpikir dan bertindak masyarakat Indonesia, sehingga kita harus dapat menyaring hiburan yang mendidik dan sesuai dengan nilai-nilai budaya luhur bangsa Indonesia.

Misalnya, tidak mengakses game atau permainan yang mengandung unsur kekerasan, karena ketika seorang anak meniru tindak kekerasan seperti dalam game yang dimainkan dapat menyebabkan terjadinya bentuk degradasi moral.

Demikianlah penjelasan dan uraian atas adanya beragam macam saluran globalisasi beserta contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja berguna bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Rating: 5.0/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.