Contoh Fungsi Proteksi dalam Keluarga

Diposting pada
Rate this post

Proteksi dalam Keluarga

Kata proteksi barangkali sudah tidak asing lagi didengar bagi kebanyakan orang. Alasannya karena istilah ini lebih mengarah pada sebuah perlindungan agar terhindar dari hambatan, ancaman, maupun serangkaian bentuk bahaya yang dialami oleh seseorang.

Disisi lain, dalam arti keluarga pembahasan tentang proteksi ini memiliki tempat sendiri lantaran dalam berbagai fungsinya mampu memberikan keamanan bagi semua anggota dalam keluarganya. Contohnya saja ketika mengalami masalah tertentu, setiap keluarga akan gotong royong untuk menyelesaikannya.

Proteksi Keluarga

Proteksi keluarga adalah suatu perlindungan yang diberikan pada anggota keluarga secara keseluruhan agar terhindar dari berbagai mara bahaya dan memberikan rasa aman agar tercipta hubungan sosial untuk anggota keluarga yang harmonis.

Penjelasan tersebut mengindikasikan bahwa keluarga adalah sekelompok orang yang memiliki hubungan khusus melalui perkawinan, keturunan, atau hubungan hasil adopsi yang tinggal dalam satu rumah serta melakukan interaksi sosial, peran sosial secara bersama-sama dengan kebiasaan atau sifat kebudayaan yang bermula dari masyarakat.

Contoh Proteksi dalam Keluarga

Adapun untuk contoh proteksi dalam keluarga, antara lain sebagai berikut;

  1. Memberikan batasan keluar jam malam untuk anak

Memberian batasan kepada anak yang dilakukan oleh orang tua bisa dikatakan sebagai wujud proteksi dalam keluarga. Hal ini demi memberikan lingkungan sosial yang baik, apalagi untuk para remaja yang dalam pergaulannya belum memikirkan masa depan.

  1. Mengawasi setiap tumbuh kembang anak

Proses pengawasan yang diberikan oleh ayah ataupun ibu dalam setiap tumbuh kembang anak bisa dikatakan sebagau fungsi proteksi dalam keluarga. Tumbuh kembang ini juga nantinya berdampak pada masa depan untuk dirinya sendiri sehingga bisa memperoleh pendidikan yang baik.

  1. Mengetahui lingkungan pergaulan anak

Mengontrol lingkungan pergaulan untuk seorang anak menjadi bagian daripada proteksi yang dilakukan oleh keluaga. Hal ini tentusaja disebabkan karena peragulan sehat berpengaruh pada motivasinya untuk tumbuh menjadi lebih baik lagi.

Proteksi Keluarga dalam Kehidupan Sehari-hari
  1. Memberikan sumber gizi yang terbaik untuk anggota keluarga agar memiliki kesehatan fisik yang baik
  2. Mengajak setiap anggota keluarga untuk selalu bisa sharing mengenai masalah apapun, agar terhindar dari rasa kesepian dan depresi
  3. Menegur anak ketika dirasa telah melanggar batasan yang ada dengan cara yang lemah lembut, agar tetap mejaga perasaan anak dan tidak membuatnya takut untuk mengakui kesalahannya
  4. Memberikan pengasuh terbaik dengan tetap memberikan perhatian penuh pada anak
  5. Memberikan nafkah ekonomi untuk semua anggota keluarga dengan baik
  6. Memberikan pengawasan yang baik dari setiap anggota keluarga agar mampu menjaga nama baik keluarga dengan benar
  7. Memberikan perlindungan fisik maupun mental untuk semua anggota keluarga

Dari berbagai penjelasan yang disebutkan, dapatlah dikatakan bahwa keluarga akan senantisa memberikan perlindungan untuk setiap anggota keluarga yang lainnya dari berbagai perbuatan yang dapat mengancam keselamatan bagi anggota keluarganya tersebut.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh-contoh fungsi dari proteksi dalam lingkungan keluarga. Semoga memberikan wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *