Pengertian Tetangga, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Tetangga Adalah

Pada hakekatnya setiap manusia hidup tidak bisa terlepas dari lingkungan sosialnya yang dalam hal ini bisa saja tetangga, dimana tetangga merupakan sekelompok orang yang tinggal paling dekat dengan kita. Tetangga ini dapat bagian dari kerapat atau orang lain.

Namun prihal ini yang perlu dipahami bahwa arti kerabat dan tetangga merupakan orang yang memiliki kedekatan dengan kita, oleh karena itulah hubungan sosialnya berkaitan dengan proses sosial dan interaksi sosial yang ada di lingkungan sekitar.

Tetangga

Penjelasan tentang kerabat tentu saja berbeda dengan tetangga. Dimana untuk tetangga merupakan orang yang memiliki tempat tinggal dekat dengan kita. Tetangga dapat menjadi kerabat kita terdekat apabila kita membutuhkan. Bahkan tetangga menjadi orang pertama yang akan kita mintai bantuan apabila dalam keadaan sulit.

Tetangga juga menjadi orang pertama yang akan kita mintai tolong ketika kita mengalami kesulitan di rumah. Ketika kita tinggal jauh dari kerabat maka orang yang paling bisa dimintai tolong adalah tetangga. Adapun jikalau kerabat lebih identik dengan hubungan darah, misalnya saja seperti orang tua, kakak, adik, paman, bibi, oma, opa, tante, om, adik sepupu, kakak sepupu, dan lain-lain yang masih memiliki hubungan darah dengan kita. Namun yang pasti, konteks hubungan kerabat biasanya lebih erat dibanding dengan hubungan teman atau tetangga, namun ada juga yang tidak akrab dengan keluarga besarnya. Hal ini tergantung pada kedekatan dalam lingkugan dalam arti keluarganya.

Pengertian Tetangga

Tentangga adalah sekelompok masyarakat yang tinggal didekat kita atau orang yang senantisa tinggal disekeliling kita, oleh karena itulah apabila dilihat dari segi fisiknya rumah yang ada disekitar kita. Jarak dengan tempat tinggal kita tidak terlalu jauh.

Tetangga biasanya menjadi orang pertama yang menolong kita apabila jauh dari keluarga. Ketika rasa gotong royong masih sangat kuat bergaul dengan tetangga akan banyak memberikan dampak pada lingkungan kita. Ikatan yang kuat membuat masyarakat tetap mempertahankan rasa gotong royong.

Pengertian Tetangga Menurut Para Ahli

Adapun definisi tentangga menurut para ahli, antara lain;

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tetangga adalah orang yang rumahnya berdekatan dengan tempat tinggal kita atau bersebelahan. Orang yang tempat tinggalnya berdekatan.Tetangga pasti tinggal di lingkungan yang sama dengan kita. Tetangga tentu saja tinggal di kanan kiri rumah kita.
  2. Ibnu Hajar, Pengertian tetangga adalah empat puluh rumah sebelah kanan, empat puluh rumah sebelah kiri, empat puluh rumah ke depan, dan empat puluh rumah ke belakang. Pendapat ini masih relevan diterapkan di lingkungan pedesaan yang memiliki penduduk yang cukup padat.

Ciri Tetangga

Karakteristik yang menggambarkan tetangga. Antara lain;

  1. Tinggal disekitar kita

Tatangga pasti memiliki tempat tinggal dilingkungan yang sama dengan kita. Berdasarkan beberapa pendapat tetangga itu empat puluh rumah disebalah kanan, kiri, depan, dan belakang. Hidup bertetangga biasanya saling mengenal satu sama lain.

  1. Mengenal masyarakat di lingkungan

Tetangga akan mengenal satu sama lain. Saling mengenal merupakan tanda seseorang melakukan sosialisasi atau tidak. Tetangga biasanya saling membantu dalam kegiatan di lingkungan dan orang lain yang sedang susah. Lingkungan tetangga yang baik masih banyak jenis gotong royong dalam berbagai hal.

  1. Terdaftar sebagai warga setempat

Orang yang dianggap sebagai tetangga khususnya di pedesaan pasti orang yang tempat tinggal ditempat yang sama dan menjadi warga setempat. Misal satu lingkungan RT atau RW. Hal ini akan berbeda jika di lingkungan urban, kadang tetangga di lingkungan kita bukan warga setempet hanya merantau untuk bekerja.

  1. Banyak bertemu ketika ada kegiatan lingkungan

Tempat tinggal yang berdekatan berarti tinggal di lingkungan yang sama. Setiap daerah pasti memiliki kegiatan yang harus dihadiri oleh seluruh masyarakat di daerah tersebut.

Hal ini akan membuat semua masyarakat dapat berkomunikasi satu sama lain, bahkan melalui kegiatan ini dapat mengenal orang yang baru di lingkungan kita. Kegiatan ini merupakan interaksi sosial yang paling sering terjadi di lingkungan masyarakat.

  1. Interaksi tidak Intens

Lingkungan sosial memang menjadi hal yang penting bagi masyarakat di desa yang sering bertemu satu sama lain, interaksi mereka akan sering. Hal ini akan berbeda dengan orang yang tinggal di kota. Orang yang tinggal di kota dengan lingkungan yang individualis akan sulit menjalin interaksi denga tetangga.

  1. Melakukan sosialisasi dengan lingkungan

Pada dasarnya orang yang hidup bertetangga akan selalu bersosialisasi dengan lingkungan. Hasil dari sosialisasi kita jadi saling mengenal, menolong, dan bekerjasama.

Saling kenal karena tinggal di lingkungan yang sama. Orang yang paling dekat tempat tinggalnaya dengan kita adalah tetangga, maka sesama tetangga patutnya saling tolong menolong. Sosialisasi yang terjadi di lingkungan termasuk ciri seorang tetangga.

Contoh Tetangga

Adapun untuk contoh tetangga di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Berdasakan Letak Tempat Tinggal

Tetangga walaupun belum tentu dianggap sebagai kerabat kita, namun tetangga adalah orang yang paling dekat dengan kita. Contoh tetangga paling dekat ialah tinggal di gang yang sama, di RT yang sama, di RW yang sama. Sehingga lingkup kecil ini merupakan linkungan yang sering kita temui dan sering bertemu dalam kegiatan lingkungan.

  1. Pekerjaan

Prihal tentangga dalam pekerjaan misalnya saja dalam rangka merayakan ulang tahun anak rekan kerja anda yang sangat dekat dengan anda. Rekan anda mengundang anda dan miminta anda untuk datang ke acara ulang tahun anak nya tersebut yang akan di adakan besok malam di sebuah restoran cepat saji tidak jauh dari kontrakan anda.

Anda tahu persis sudah pasti akan diadakan pesta untuk anak-anak yang sangat meriah. Sehingga meski demikian, kita datang dan memberi kado dan mengikuti acara sampai selesai untuk menghargai undangannya karena kita menggap mereka adalah tentangga yang selalu ada di saat kesusahan.

Itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian tetangga menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga saja mampu memberi wawasan beserta referensi yang mendalam.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *