Pengertian Keterampilan, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Keterampilan Adalah

Dalam kehidupan sehari- hari, istilah keterampilan nampaknya begitu familiar. Keterampilan merupakan komponen penting yang banyak dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan.  Keterampilan dapat dimaknai dengan pemaknaan yang luas dan mendalam dengan beragam perspektif yang berlainan.

Salah satu definisi keterampilan menjelaskan pengertian keterampilan sebagai suatu kemampuan yang diserap menggunakan akal, ide, pemikiran, serta didukung daya dalam arti kreatif guna menciptakan, mengubah atau menjadikan sesuatu menjadi lebih bermakna dan bernilai guna sehingga dapat menghasilkan sebuah hasil pengerjaan yang bernilai. Secara mendasar, keterampilan bersifat kodrati, karena pada hakikatnya keterampilan yang melekat pada diri manusia merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Keterampilan

Keterampilan merupakan kemampuan dasar yang melekat dalam diri manusia, yang kemudian dilatih, diasah, serta dikembangkan secara terus menerus dan berkelanjutan guna menjadikan kemampuan seseorang menjadi potensial, sehingga kemudian seseorang tersebut menjadi ahli serta  profesional di bidang tertentu.

Keterampilan bisa mengalami perkembangan, atau peningkatan dengan proses belajar atau didasari dengan beragam ilmu. Jika awalnya merasa tidak ada keterampilan, tetapi terus dilatih, diasah, serta dikembangkan kemudian seiring berjalannya waktu akan memunculkan keterampilan yang berkembang melalui proses belajar.

Begitu juga sebaliknya, apabila di dalam diri manusia memiliki keterampilan yang potensial, tetapi tidak dikembangkan atau dibiarkan begitu saja, sehingga akan terjadi kemungkinan bahwa  keterampilan dalam diri seseorang tersebut akan berkurang.

Pengertian Keterampilan

Keterampilan adalah kemampuan dasar pada diri manusia yang harus dilatih, diasah, serta dikembangkan secara terus menerus sehingga menjadi potensial dalam melakukan sesuatu. Selain itu untuk mengembangkan keterampilan diperlukan proses pengasahan akal atau pemikiran. Sehingga mendorong timbulnya keterampilan khusus.

Secara mendasar, keterampilan merupakan kemampuan yang ada pada diri seseorang semenjak lahir. Dengan kata lain, keterampilan merupakan bakat yang melekat sebagai suatu hakikat. Meskipun ada bakat atau potensi dalam diri sudah semestinya untuk terus diasah dan dilatih, agar kemampuan menjadi terus berkembang dengan optimal.

Untuk menjadi terampil, diperlukan serangkaian proses. Keahlian khusus yang secara mendasar dimiliki seseorang pada aspek atau bidang tertentu, kemudian dilatih melalui latihan yang dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus, selain itu juga didukung dengan proses belajar secara tekun.

Sehingga dari proses latihan dan belajar yang dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus, munculah pemahaman yang luas dan mendalam yang kemudian diimplementasikan dengan wujud penguasaan bidang secara optimal dan potensial.

Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa definisi yang dikemukakan para ahli mengenai ketrampilan:

Gordon (1994)

Gordon (1994) mendefinisikan keterampilan sebagai sekumpulan kemampuan dalam diri seseorang, yang diimpelementasikan pada sistem pelaksanaan pekerjaan itu secara lebih mudah serta efektif. Definisi ini cenderung mengarah ke aspek aktivitas maupun kegiatan, dengan menekankan pada kemampuan bertindak yang didapatkan  setelah seseorang memiliki suatu pengalaman belajar.

Dunette (1976)

Dunette (1976) mengemukakan pandangan dan pemikiran bahwa keterampilan merupakan pengetahuan yang didapatkan serta dikembangkan melalui proses latihan atau training, serta dibekali sejumlah pengalaman dengan melakukan bermacam- macam tugas yang diberikan.

Hari Amirullah

Menurut Hari Amirullah, keterampilan merujuk pada makna dasar dari kata terampil serta dapat dimaknai sebagai suatu perbuatan atau juga tugas terkait proses pengembangan diri yang diupayakan dengan belajar secara terus menerus .

Nadler (1986)

Menurut Nadler (1986), keterampilan dimaknai sebagai sekumpulan proses penggalian dan pengembangan potensi dalam diri dengan sejumlah aktivitas, serta diwujudkan dalam praktek secara langsung, yang dilakukan secara berkelanjutan.

Macam keterampilan

Robbins mengemukakan pemikirannya bahwa keterampilan secara mendasar dibedakan menjadi 4 macam, yaitu sebagai berikut:

  1. Basic Literacy Skill

Merupakan suatu keahlian atau kemampuan dasar yang melekat pada diri masing- masing individu, keterampilan jenis ini meliputi berbagai kemampuan seperti mendengarkan, membaca, menulis  dan  juga kemampuan dalam aspek menghitung.

  1. Technical Skill

Technical Skill merupakan jenis keterampilan yang diperoleh dengan proses pembelajaran secara khusus dalam bidang teknik. Technical skill memiliki contoh antara lain keterampilan mengoperasikan perangkat komputer, memperbaiki beragam perangkat elektronik seperti handphone, televise, dan lain sebagainya.

  1. Interpersonal Skill

Interpersonal Skill merupakan suatu jenis kemampuan atau keterampilan yang secara mendasar dimiliki tiap-tiap individu dalam melakukan komunikasi antara individu yang satu dengan individu lainnya, maupun antar kelompok. Interpersonal Skill memiliki contoh antara lain keterampilan mengemukakan sejumlah ide- ide maupun pendapat, serta bekerja bersama- sama dalam suatu tim kerja yang ditentukan.

  1. Problem Solving

Problem Solving merupakan suatu keterampilan mendasar dalam diri seseorang, yang secara potensial dapat diimpelentasikan untuk memecahkan sebuah masalah dengan didukung kemampuan logika seseorang untuk berpikir.

Contoh Keterampilan

Ketrampilan dapat dicontohkan sebagai berikut:

Kemampuan bekerja dengan tekanan

Seiring dengan perkembangan zaman, khususnya di dunia pekerjaan yang seringkali menerapkan keharusan kemampuan pekerja untuk dapat bekerja dengan tekanan. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kemampuan bekerja dengan tekanan yaitu mengenai sikap yang tetap menunjukkan ketenangan dalam menghadapi krisis atau permasalahan dalam pekerjaan.

Contoh nyata bekerja dengan tekanan yang sering dijumpai adalah ketika dalam perusahaan telah menentukan suatu target yang ditentukan setiap hari atau setiap minggunya, karyawan diharuskan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan target- target yang telah ditentukan tersebut dengan tetap tenang serta mampu mencapai target yang dituju, sekalipun dalam keadaan yang tidak kondusif.

Kepemimpinan atau leadership

Dalam segala bidang kehidupan yang berlainan, terlebih lingkungan pekerjaan maupun dalam lingkungan organisasi sosial kemasyarakatan, keterampilan mengenai epemimpinan atau leadership sangat penting diterapkan.

Secara khusus, dalam hal pekerjaan misalnya, kepemimpinan atau leadership menjadi keterampilan yang potensial dalam memegang posisi atau jabatan tertinggi sebagai pemimpin atau leader dengan menunjukkan kemampuan dalam mengatur, mengkoordinasi maupun memotivasi anggota tim secara optimal.

Kemampuan berkomunikasi yang baik

Contoh keterampilan lainnya yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari- hari adalah  Kemampuan berkomunikasi yang baik. Dalam hal ini, kemampuan berkomunikasi yang dimaksud adalah komunikasi secara lisan serta melalui tulisan. Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan contoh keterampilan yang berperan penting dalam segala aspek kehidupan.

Komunikasi terkait erat dengan proses interaksi yang terjalin dalam kehidupan sehari- sehari. Dalam struktur sosial yang di dalamnya meliputi berbagai bidang, membutuhkan komunikasi dalam penyampaian aspirasi, ide, pemikiran, maupun sebagai kebutuhan berbincang- binang antar sesama masyarakat dalam kehidupan sosial. Sehingga kemampuan berkomunikasi yang baik sangat dibutuhkan oleh masyarakat, serta perlu dikembangkan secara optimal.

Kemampuan bernegosiasi dan persuasi yang baik

Dalam bidang pekerjaan, utamanya yang menyangkut ranah perusahaan, pada pengembangannya, dibutuhkan kemampuan bernegosiasi dan persuasi. Kemampuan bernegoisasi merupakan kemampuan dalam merumuskan dan merundingkan  kebijakan- kebijakan, baik dengan pihak internal perusahaan maupun dengan clien atau pihak eksternal perusahaan.

Sedangkan kemampuan persuasi menunjukkan keterampilan dalam hal menuntun atau mengarahkan pada visi misi yang hendak dituju, selain itu juga mengajak pihak- pihak perusahaan yang terkait untuk turut serta aktif  dalam memajukan atau mengembangkan perusahaan dengan sejumlah perencanaan maupun ide- ide pemikiran yang telah dirumuskan.

Sehingga dalam menjalankan suatu perusahaan, kemampuan bernegosiasi dan persuasi yang baik merupakan komponen penting yang berperan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan, serta tujuan bersama yang saling menguntungkan.

Kesimpulan

Penjelasan diatas, menunjukan bahwa keterampilan dalam penerapannya, dapat disadari maupun tidak disadari oleh masing- masing individu. Pada kenyataan yang dijumpai, sebagian besar individu memiliki kesedaran sepenuhnya akan keterampilan yang dimilikinya, akan tetapi sebagian lagi tidak menyadari keterampilan yang menjadi potensi yang ada dalam diri.

Contoh beragam keterampilan yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari- hari antara lain seperti keterampilan memasak, keterampilan menjahit, keterampilan menulis, keterampilan menyanyi, dan lain sebagainya.

Semoga artikel yang dikaji secara lengkap dan terperinci mengenai pengertian keterampilan menurut para ahli, macam, dan contohnya yang ada di masyarakat ini bisa memberikan pemahaman bagi khalayak umum yang membutuhkan. Trimakasih,

Rating: 1.5/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *