4 Contoh Reifikasi di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Reifikasi

Reifikasi pada dasarnya menjadi bagian daripada objek kajian sosiologi yang terkait dengan sifat kebudayaan. Prihal inilah setidaknya menjukan bahwa terjadinya tahapan ini biasanya dibarengi permasalahan sosial yang berkembang. Contohnya saja adanya penggunaan teknologi disisi lain membantu manusia namun disisi lainnya menciptakan pengangguran lantaran menimbulkan beragam jenis pengangguran.

Namun yang pasti, konsep reifikasi ini berkaitan dengan proses sosial dan interaksi sosial terkait reduksi dari relasi antar manusia menjadi rekasi alat produksi.

Reifikasi

Reifikasi merupakan istilah serapan yang berasal dari Bahasa Inggris reification yang bermakna proses pemembuatan segala sesuatu menjadi seolah-olah benda. Sehingga dipengaruhi oleh adanya gejala kultural untuk menunjang kepentingan manusia.

Contoh Reifikasi

Adapun untuk contoh adanya kasus reifikasi ini misalnya saja;

  1. Eksploitasi

Eksploitasi biasanya berkaitan dengan adanya pengambilan alih modal yang dihasilkan oleh beragam jenis tenaga kerja oleh pemilik untuk dijadikan akumulasi modal. Sehingga pekerja dalam hal ini dijadikan sebagai subjek dalam mengelola kekayaan yang dihasilkan.

  1. Alienasi

Bentuk lainnya daripada reifikasi ialah terjadinya alienasi maupun keterasingan yang kerapkali dijadikan sebagai tindakan individu dan kelompok dalam memperoleh segala sesuatu tanpa adanya kepentingan dan keserasian disana.

Contohnya saja seperti lulusan hukum bekerja pada bidang pendidikan sebagai guru, ia bekerja disana lantaran butuh dengan pekerjaannya. Adapaun sebenarnya objek kerjanya ialah menjadi pengacara, hakim, pengamat hukum, dan lainnya.

  1. Berkembangnya Mata Uang Digital

Bagian lainnya yang berkaitan dengan reifikasi ialah berkembangnya mata uang digital seperti akhir-akhir ini berupa cryptocurrency yang disisi lain tidak ada wujud fisiknya namun penggunannya biasanya khusus pada digital marketing saja.

  1. Ukuran Mata Uang Dolar sebagai Mata Uang Dunia

Tindakan lainnya sebagai penggambaran atas reifikasi ialah ukuran mata uang di dunia pada saat ini hampir semuanya mempergunakan dolar. Padahal jelas bahwa dolar bukan berupa barang, semua negara memiliki mata uang yang sama. Namun kenyatannya dolar selalu dianggap lebih utama.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya reifikasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.