5 Contoh Nilai Kesehatan di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Nilai Kesehatan

Definisi nilai dalam arti sempit adalah apa yang memiliki ukuran baik dan buruk, diinginkan, atau berharga. Oleh karena itulah nilai kerapkali menjadi motif di balik bentuk tindakan sosial yang bertujuan mendapatkan status sosial dan peran sosial di masyarakat. Salah satu jenis nilai yang kerapkapkali ditemukan dalam terkait dengan kesehatan.

Nilai kesehatan menjadi gambaran atas keadaan yang menunjukkan kondisi kesejahteraan emosional dan fisik yang lengkap. Terdapat banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga nilai kesehatan dalam tubuh kita, termasuk berolahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Oleh karena itulah tujuan adanya nilai kesehatan ini menjadi pedoman dalam bertindak yang terwujud dalam berbagai bentuk kegiatan di masyarakat dalam keseharian.

Nilai Kesehatan

Nilai kesehatan adalah ukuran baik dan buruk yang mengacu pada kondisi kesejahteraan secara fisik, mental, dan sosial yang utuh dan bukan hanya terbebas dari penyakit atau segala bentuk kelemahan lainnya. Prihal ini ukuran nilai kesehatan ialah penikmatan standar kesehatan tertinggi yang dapat dicapai adalah salah satu hak dasar setiap manusia tanpa membedakan ras, agama, keyakinan politik, kondisi ekonomi atau sosial.

Contoh Nilai Kesehatan

Adapun untuk contoh tindakan yang mengandung nilai-nilai kesehatan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Berolahraga

Berolahraga adalah salah satu tindakan penting yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Olahraga dapat dilakukan mulai dari cara yang murah dan sederhana misalnya saja dengan jogging atau berlari-lari kecil dan bersepeda hingga olahraga yang membutuhkan perlatan mahal seperti golf.

  1. Makan makanan yang bervariasi

Untuk dapat memiliki kesehatan yang baik, kita membutuhkan lebih dari 40 nutrisi yang berbeda, dan tidak ada satu makanan pun yang dapat menyediakan semuanya. Hal ini bukan tentang satu kali makan, tapi tentang pilihan makanan seimbang dari waktu ke waktu yang akan membuat tubuh kita tetap sehat.

  1. Mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh

Lemak penting untuk kesehatan tubuh. Namun, terlalu banyak lemak dapat berdampak negatif pada bertambahnya berat badan dan kesehatan kardiovaskular kita. Berbagai jenis lemak memiliki efek kesehatan yang berbeda.

Oleh sebab itu, terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga keseimbangan konsumsi makanan berlemak dengan benar, salah satunya yaitu melakukan pembatasan terhadap konsumsi lemak total dan lemak jenuh (yang biasanya berasal dari makanan hewani), dan sepenuhnya menghindari lemak trans.

  1. Mangurangi asupan garam dan gula

Asupan garam yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Ada berbagai cara untuk mengurangi garam dalam makanan, salah satunya yaitu ketika memasak garam dapat diganti dengan bumbu untuk menambah variasi rasa dan selera.

Gula memberikan rasa manis dan rasa yang menarik. Makanan dan minuman manis kaya akan energi dan paling baik dinikmati dalam jumlah sedang, karena jika kadar gula terlalu tinggi dapat menyebabkan diabetes. Kita bisa menggunakan buah-buahan sebagai gantinya, bahkan untuk mempermanis makanan dan minuman kita.

  1. Minum banyak cairan

Orang dewasa perlu minum setidaknya 1,5 liter cairan sehari atau lebih jika cuaca sangat panas atau mereka aktif secara fisik. Air adalah sumber terbaik, tapi kita juga bisa mengonsunsi jus buah, teh, minuman ringan, susu, dan minuman lainnya dalam porsi yang tidak berlebihan dan sesuai dengan kondisi tubuh.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang diberikan dapatlah dikatakan bahwa nilai kesehatan adalah keyakinan dasar dan fundamental yang memandu atau memotivasi sikap atau tindakan dalam melakukan pergaulan sehat. Sehingga keberadaan nilai ini membantu kita menentukan apa yang penting bagi kita.

Disisi lainnya, nilai kesehatan menggambarkan kualitas pribadi yang kita pilih untuk diwujudkan yang dapat memandu tindakan kita, cara kita memperlakukan diri sendiri dan orang lain, dan interaksi kita dengan dunia di sekitar kita. Atau dengan kata lain nilai memberikan pedoman umum bagi cara kita bertindak dan berperilaku.

Misalnya yaitu nilai pribadi yang mengacu pada keyakinan pribadi tentang benar dan salah dalam kesehatan. Nilai-nilai budaya adalah nilai-nilai yang diterima oleh agama atau masyarakat dan mencerminkan apa yang penting dalam setiap konteks kesehatan yang ada.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh nilai kesehatan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus pengetahuan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *