5 Contoh Bentuk Kontribusi Untuk Organisasi

Diposting pada

Kontribusi Organisasi

Diakui ataupun tidak, pada dasarnya kontribusi bukan hanya berbentuk uang, namun juga bisa juga berupa program, ide atau gagasan, atau tenaga yang diberikan kepada pihak lain untuk mencapai sesuatu yang lebih baik dan efisien. Sehingga sangatlah pantas jikalau secara umum dapat dikatakan bahwa kontribusi adalah sesuatu yang kita lakukan untuk membantu mencapai sesuatu atau membuatnya sukses.

Dalam urusan ini, yang bisa kita bantu meliputi organisasi sosial tempat kita menjadi salah satu anggotanya, perusahaan tempat kita bekerja, atau masyarakat di sekitar kita. Sebagai contoh, kita bisa berkontribusi terhadap perusahaan dengan cara memberikan ide yang inovatif.

Kontribusi Organisasi

Kontribusi di organisasi adalah bagian daripada sumbangan yang kita berikan untuk organisasi, baik dalam bentuk pemikiran, materi, kewenangan, dan lain-lain.

Kontribusi ini sendiri bisa kita berikan kepada organisasi merupakan hal yang penting karena dalam suatu organisasi keberadaan kita bukan hanya sekedar pendengar atau penonton, tapi juga harus mampu memberikan kebermanfaatan bagi organisasi itu sendiri.

Contoh Kontribusi di Organisasi

Contoh adanya perwujutan daripada kontribusi yang dapat kita berikan dalam suatu organisasi, diantaranya;

  1. Kontribusi pemikiran

Sebagai anggota organisasi, kita dapat memberikan kontribusi dalam bentuk pemikiran, gagasan, atau ide. Ketika menjadi anggota dari suatu organisasi kita harus bersedia untuk selalu mengasah kemampuan dan keterampilan yang kita miliki, serta manfaatkan posisi yang tempati untuk kemajuan diri organisasi.

  1. Kontribusi materi

Bagi sebuah organisasi, dana merupakan hal yang sangat penting, karena hampir semua pelaksanaan kegiatan memerlukan dana.

Oleh sebab itu, segala bentuk pekerjaan yang kita lakukan untuk organisasi, selain dapat memberikan kepada masyarakat, juga harus bersifat produktif untuk mengisi kas organisasi yang nantinya dapat dipergunakan untuk pelaksaan kegiatan-kegiatan lainnya yang tentunya juga memberikan manfaat untuk organisasi maupun masyarakat.

  1. Kontribusi kewenangan

Setiap organisasi memiliki struktur sosial berorganisasi. Masing-masing anggota dalam tingkatan struktur tersebut mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda-beda. Perbedaan itu dimaksudkan agar tidak terjadi kerancuan dalam komunikasi dan koordinasi. Setiap anggota organisasi dapat memberikan kontribusi sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

  1. Kontribusi sikap positif

Kontribusi sikap yang dimaksud dalam hal ini tentunya adalah sikap yang positif terhadap organisasi. Meskipun memiliki sikap yang positif nampaknya sepele dan bukan kontribusi yang secara langsung dapat memberikan manfaat bagi organisasi, tapi dengan bersikap positif dapat membantu dalam meningkatkan semangat sebagai anggota organisasi.

  1. Kontribusi integritas dan kejujuran

Sebagai anggota suatu organisasi, kita juga harus memiliki integritas dan kejujuran yang tinggi sebagai salah satu bnetik sikap yang positif juga.

Terlebih lagi pada masa sekarang, kejujuran menjadi hal yang mahal harganya, sehingga menjadi orang yang jujur dan berintegritas merupakan kontribusi yang besar pula untuk suatu organisasi, maupun ketika kita bekerja dimanapun tempatnya.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya beragam contoh bentuk kontribusi di organisasi. Semoga saja mampu untuk memberikan literasi, wawasan, sekaligus pengetahuan bagi semua kalangan.

Rating: 1.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.