Contoh Kelangkaan Ekonomi dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Macam Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan merupakan salah satu masalah ekonomi modern dan klasik yang merupakan salah satu dari beragamnya polemik ekonomi yang dihadapi oleh seluruh masyarakat. Masalah kelangkaan ekonomi ini erat kaitannya dengan kebutuhan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai contoh kelangkaan ekonomi dan cara mengatasinya.

Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan ekonomi adalah sebuah prinsip dalam ilmu ekonomi yang di mana persediaan barang yang terbatas, ditambah dengan permintaan yang tinggi untuk barang tersebut, menghasilkan ketidaksesuaian antara penawaran dan permintaan keseimbangan yang diinginkan.

Dalam teori harga, prinsip kelangkaan menunjukkan bahwa harga untuk barang langka harus naik sampai keseimbangan tercapai antara penawaran dan permintaan.

Faktor Pendorong Kelangkaan Ekonomi

Adapun faktor-faktor pendorong yang menyebabkan terjadinya kelangkaan ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Pertumbuhan Penduduk yang Meningkat

Pertumbuhan penduduk saat ini lebih cepat bila dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan produksi barang dan jasa oleh produsen. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya suatu kesenjangan antara kebutuhan masyarakat dengan produksi barang dan jasa.

  1. Kemampuan Produksi Sumber Daya

Kemampuan produksi dalam memproses sumber daya memiliki beberapa keterbatasan. Seperti contoh penggunaan pohon sebagai bahan utama dalam pembuatan kertas.

Apabila tingkat permintaan masyarakat terhadap penggunaan kertas tidak selaras dengan tingkat produksi pohon yang bersumber dari alam, maka hal yang terjadi adalah hutan yang tersedia akan semakin hulang keberadaannya.

  1. Perkembangan Teknologi yang Tidak Merata

Disetiap negara perkembangan teknologi tidaklah mengalami perkembangan yang sama. Di negara maju, perkembangan teknologi tentu berkembang sangat cepat karena berbagai macam inovasi yang dikembangkan oleh masyarakat negara maju.

Namun, dalam karakteristik negara berkembang kemajuan perkembangan teknologi terkait pemenuhan kebutuhan barang dan jasa berlangsung lebih cepat daripada berkembangnya teknologi dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.

  1. Perbedaan Letak Geografis

Faktor perbedaan letak geografis menjadi salah satu penyebab terjadinya kelangkaan sumber daya alam. Agar dapat memperoleh sumber daya guna memenuhi kebutuhan diperlukan usaha yang lebih besar untuk mendapatkan sumber daya yang tidak dimiliki oleh suatu daerah.

Langkah dalam Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Berikut merupakan langkah-langkah dalam mengatasi kelangkaan dalam arti lembaga ekonomi di masyarakat:

  1. Melestarikan dan memelihara sumber daya alam yang memiliki potensi yang berkelanjutan.
  2. Menghemat penggunaan sumber daya alam dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.
  3. Menciptakan alat pemenuh kebutuhan alternatif atau barang subtitusi.
  4. Dan meningkatkan pengelolaan sumber daya alam dengan bijak agar terhindar dari terjadinya kelangkaaan.

Contoh Kelangkaan Ekonomi

Adapun untuk mendalami terkait dengan beragam masalah kelanggakan ekonomi dan cara mengatasi problemnya berikut inilah serangkain pejelasan yang bisa dipergunakan. Antara lain;

  1. Kelangkaan minyak bumi yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah penggunaan bahan bakar dalam kebutuhan sehari-hari. Adapun cara untuk mengatasi kelangkaan tersebut adalah dengan cara menjadirkan sumber daya alam lainnya seperti minyak yang berasal dari tumbuhan Jarak untuk bahan bakar mesin.
  2. Langkanya lapangan pekerjaan akibat sumber daya manusia yang tidak dapat mengikuti arus modernisasi dan banyaknya kompetisi di lingkungan kerja. Cara mengatasi hal tersebut adalah mengikuti pelatihan-pelatihan yang telah di fasilitasi oleh Balai Pelatihan Ketenagakerjaan agar kita memiliki bekal untuk turut dalam kompetisi di lapangan pekerjaan.
  3. Naiknya harga cabai di pasaran akibat gagal panen yang mengakibatkan kelangkaan. Solusi untuk mengatasi kelangkaan tersebut adalah menggunakan merica sebagai pengganti rasa pedas dari cabai tersebut.
  4. Terjadinya kelangkaan air bersih di dataran tinggi akibat musim kemarau dan ketidakmerataan aliran sumber air bersih. Cara mengatasi adanya kelangkaan tersebut adalah dengan cara membangun sebuah penampungan air yang dapat menunjang kebutuhan masyarakat selama musim kemarau dan menghemat penggunaan air sesuai dengan kebutuhan.
  5. Penggunaan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik yang saat ini kian langka. Untuk mengantisipasi terjadinya keberadaan batu bara semakin langka dan pencemaran lingkungan, penggunaan bahan bakar untuk pembangkit listrik dapat digantikan dengan tenaga angin maupun tenaga air yang lebih ramah lingkungan dan keberadaannya dapat diperbarui.
  6. Pencemaran air di lautan yang menyebabkan ikan-ikan beserta bibitnya mati akibat zat-zat yang berbahaya yang terkandung dalam pencemaran tersebut yang kemudian mengakibatkan persediaan ikan di pasaran menjadi langka. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara menindak tegas oknum-oknum yang membuang limbah ke lautan dan menyediakan pengawasan wilayah laut agar tidak terjadi hal demikian.
  7. Akibat musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan gagal panen pada sektor pertanian yang mengakibatkan kelangkaan stok beras. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengganti bahan pangan pokok beras ke konsumsi umbi-umbian sebagai pengganti beras.
  8. Kelangkaan bahan bakar seperti bensin mengakibatkan antrian panjang di setiap SPBU, dan masyarakat berbondong-bondong untuk menimbun bahan bakar tersebut untuk menghindari lonjakan harga pada bahan bakar bensin. Cara mengantisipasi agar hal ersebut tidak dapat terjadi adalah dengan menganti bahan bakar bensin ke penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan seperti sepeda dan kendaraan motor yang menggunakan tenaga listrik.
  9. Memburu hewan secara berlebihan menyebabkan kelangkaan. Untuk mengatasinya, perlu dibentuk suatu peraturan yang mengatur pembatasan untuk melakukan pemburuan hewan.
  10. Menipisnya area hutan yang disebabkan oleh adanya penebangan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengatasinya, dibutuhkan tindakan tegas dari pemerintah untuk menindak para pelaku penebangan liar tersebut dan melakukan gerakan menanam pohon agar kelestarian hutan dapat terjaga.
  11. Penangkapan ikan berlebihan menyebabkan kelangkaan sumber daya laut, agar hal tersebut tidak dapat terjadi, pemerintah dapat mengambil tindakan seperti membentuk aturan untuk para pengusaha perikanan agar membatasi jumlah penangkapan ikan di setiap harinya.
  12. Kurangnya minat masyarakat terhadap sektor peternakan yang mengakibatkan langkanya persediaan pasokan daging di pasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan gerakan untuk mengurangi penggunaan daging dan beralih untuk mengonsumsi sayur-sayuran.
  13. Akibat lonjakan permintaan pasar terhadap persediaan telur mengakibatkan produksi ayam petelur terhambat. Akibatnya, persediaan telur di pasaran menjadi langka dan harga yang melonjak naik. Solusi untuk menanggulangi hal tersebut adalah mengurangi jumlah penggunaan telur untuk bahan makanan.
  14. Adanya pencemaran air di sebuah wilayah yang menyebabkan krisis air bersih di daerah tersebut. Solusi untuk menganggulangi hal terebut adalah adanya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup bersama.
  15. Keberadaan minyak tanah yang digunakan sebagai bahan bakar kompor minyak dalam sektor rumah tangga. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan penglihan penggunaan nahan bakar lain untuk menggantikan penggunaan minyak tanah di sektor rumah tangga seperti menggunakan gas elpiji, kayu bakar, dan lain sebagainya.
  16. Kelangkaan bahan pokok makanan di daerah terpencil. Solusi dari permasalahan tersebut adalah membangun infrastruktur yang mendukung jalannya distribusi bahan pokok makanan ke daerah-daerah terpencil.
  17. Semakin langka keberadaan sea food seperti kepiting, lobster, dan lain-lain akibat adanya eksploitasi. Untuk mengatasi hal terebut dibutuhkan gerakan pembudidayaan bibit-bibit agar keberadaannya tidak semakin punah.
  18. Meningkatnya populasi penduduk yang menyebabkan kelangkaan dalam sektor lapangan kerja dan pendidikan yang kemudian berpengaruh pada kualitas sumber daya SDM. Solusi dari hal tersebut adalha menggalakkan kembali program KB untuk menekan adanya ledakan penduduk di suatu wilayah.
  19. Kurangnya tingkat kesadaran terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Cara mengatasi hal tersebut adalah menyiratkan pendidikan teknologi di berbagai pembelajaran di sekolah formal agar sumber daya manusia yang dihasilkan tidak gagap teknologi.
  20. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Untuk mengatasi hal demikian, perlu diadakan program beasiswa tepat guna bagi masyarakat yang tidak mampu untuk tetap menomor satukan pendidikan.

Itulah tadi penjelasan yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan contoh kelangkaan ekonomi dan cara mengatasinya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Tramakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *