Jenis Komik dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Komik

Komik merupakan bacaan yang sangat populer yang digemari oleh semua kalangan, baik dalam arti remaja, dewasa, anak-anak, ataupun orang tua. Hal ini disebabkan karena terdapat cerita yang asik, sehingga komik senantiasa menyajikan gambar-gambar yang menarik untuk dapat digunakan sebagai penunjang dalam memikat pembaca khususnya anak-anak.

Komik

Komik adalah cerita bergambar. Selain dari buku, komik atau cerita bergambar juga dapat ditemui di surat kabar dan majalah-majalah. Komik merupakan cerita yang menonjolkan pada gambar yang ditampilkan sesuai urutan peristiwa.

Seluruh teks yang ada dalam komik merupakan susunan dari gambar yang melambangkan kata-kata yang disampaikan oleh tokoh yang diceritakan dalam komik. Gambar-gambar yang disajikan dalam komik merupakan gambar statis yang menunjukan urutan peristiwa yang saling berkaitan sehingga dapat membentuk sebuah cerita.

Dalam penelitian partisipatoris juga diungkapkan bahwa sebenarnya menyajikan gambar-gambar yang berurutan merupakan sarana komunikasi yang baik dan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan melalui sebuah cerita. Terdapat sedikit kata-kata dalam komik, kata-kata tersebut berfungsi sebagai penjelas dan pelengkap dalam penyampaian informasi melalui gambar. Kata-kata dalam komik biasanya ditampilkan dalam gelembumg-gelembung berbentuk bulat atau awan.

Jenis Komik

Seperti jenis karya sastra yang lainnya komik juga terbagi menjadi beberapa kategori yang berdasarkan pada beberapa bagian. Antara lain;

Berdasarkan penampilan

Bentuk komik jikalau ditinjau berdasarkan pada penampilan, terbagi atas beberapa macam. Diantaranya;

  1. Komik Strip

Komik strip merupakan komik yang hanya terdapat sedikit gambar saja. Selian gambar yang disajikan sedikit gagasan yang ada dalam komik juga hanya sedikit. Meskipun hanya menggunakan sedikit gambar dan juga tulisan namun sudah menggambarkan suatu gagasan yang utuh.

Komik strip ini banyak dijumpai di surat kabar dan majalah. Karena keterbatasan tempat untuk memuat komik jika dalam surat kabar atau majalah sehingga cerita dan gambar diringkas sedemikian rupa dan hanya menyajikan pokok-pokoknya saja.

  1. Komik Buku

Komik jenis ini merupakan jenis komik yang paling banyak ditemui. Komik buku merupakan komik yang menampilkan cerita secara utuh dalam satu buku. Selian itu biasanya juga terdapat seri-seri dari setipa judul yang menampilkan cerita secara berkelanjutan.

Namun ada juga jenis komik buku yang tidak berkelanjutan atau berseri tergantung penulis apakah akan membuat cerita habis hanya dalam satu buku atau lebih.

  1. Komik dengan genre humor/petualangan

Komik humor merupakan jenis komik yang emnampilkan cerita lucu yang membuat pembaca untuk tertawa. Unsur kelucuan dalam komik humor terdapat dalam teks yang disisipkan atau juga dapat berasal dari gambar-gambar yang dibuat secara lucu.

Berbeda dengan genre komik humor terdapat pula genre petualangan dalam komik. Komik ini bercerita mengenai perjalanan tokoh-tokohnya untuk mencari atau memperjuangkan sesuatu. Terdapat pula aksi-aksi yang menampilkan gambar pertarungan antara kelompok baik dengan kelompok jahat.

  1. Komik biografi dan komik ilmiah

Komik biografi biasanya menampilkan kisah hidup seorang tokoh yang berpengaruh yang ditampilkan dalam bentuk-bentuk gambar yang berututan atau dalam bentuk komik. Meskipun terdapat pula jenis buku biografi yang hanya menampilkan tulisan dari kisah-kisah tokoh inspiratif berbeda dengan itu dalam komik biografi terdapat gambar-gambar pendukung.

Komik ilmiah merupakan komik yang berisi perpaduan antara narasi dan juga gambar. Dalam komik ilmiha lebih ditekankan cerita yang berisi proses penemuan terhadap produk terbaru. Seperti cerita-cerita penemuan bolam lampu, penemuan pesawat telepon dan lain sebagainnya.

Berdasarkan genre cerita

Adapun jenis komik jika dilihat berdasarkan genre cerita terbagai atas beberapa bentuk. Antara lain;

  1. Komik Edukasi

Seperti jenisnya yaitu komik edukasi, dalam komik jenis ini lebih ditekankan pada tujuan edukasi atau pendidikan dengan tidak mengesampingkan fungsi hiburannya. Karena komik banyak digemari oleh anak-anak dan juga remaja sehingga penulis tidak hanya menampilkan nilai komersialnya saja tetapi juga turut memperhatikan nilai edukasinya.

  1. Komik Promosi

Komik promosi dibuat untuk keperluan promosi atau meperkenalkan suatu produk. Dengan sasarn pembaca merupakan anak-anak komik promosi ini diharapkan dapat memperkenalkan suatu produk dengan membangkitkan imajinasi pembaca melalui narasi yang dibuat menjadi gambar-gambar yang menarik.

  1. Komik Wayang

Komik wayang merupakan komik yang mengangkat cerita pewayangan misalnya kisah Mahabarata atau Ramayana. Selain digunakan sebagai hiburan bagi pembacanya komik wayang ini juga dapat turut andil dalam melestarikan unsur budaya asli nusantara.

  1. Komik silat

Komik silat merupakan komik yang cukup populer karena menggambarkan adegan laga dari tokoh cerita. Komik ini bercerita mengenai pertarungan antar tokohnya seperti komik yang bercerita mengenai samurai, Kungfu dan yang paling populer adalah komik Naruto.

Berdasarkan sudut pandang lain

Jenis-jenis komik yang dilihat dari fungsi dalam bentuknya yang populer di Indonesia, antara lain;

  1. Komik Kartun/Karikatur

Merupakan salah satu jenis komik yang menggabungkan teks dengan gambar-gambar lucu yang bersifat menyindir. Tujuan dari komik karitarur ini adalah sebagai media untuk mengkritik namun disleingi dnegan humor yang tidak memberikan arti yang jelas sehingga pembaca harus berusaha memahami maksud sebenarnya.

  1. Komik Potongan

Komik potongan ini berisi penggalan-penggalan gambar yang digabungkan menjadi satu bagian yang menyusun sebuah cerita. Komik jenin ini biasanya ditampilkan dalam seri harian bahkan mingguan secara bertahap. Sehingga pembaca harus menanti setiap episodenya.

  1. Komik Online (Komik Web)

Selain media cetak dalam era sekarang juga populer komik dalam media elektronik atau media online. Kelebihan komik jenis ini adalah jangkauan pembacanya yang lebih luas daripada komik jenis cetak. Selain itu biasanya gambarnya juga lebih menarik dengan ciri gambar penuh dengan warna.

Ciri Komik

Komik juga memiliki ciri-ciri dan juga karakteristik yang membedakan dengan jenis teks bahasa Indonesia yang lainnya.

  1. Hadir untuk menyapaikan cerita

Berbeda dengan bacaan nonfikdi lainnya, cerita yang disampaikan dalam komik memiliki hubungan yang runtut. Selian itu cerita juga disampaikan secara visual atau hadir lewat gambar dan bahasa. Sehingga komik juga menggabungkan unsur verbal dan non verbal.

  1. Bersifat proposional

Komik mampu menarik pembaca untuk terlibat dalam cerita yang dibawakan. Sehingga secara emosional pembaca ikut merasakan dan berperan dalam cerita komik. Pembaca juga dapat terlibat menjadi peran utama apabila dapat mendalami cerita dalam komik.

  1. Menggunakan Bahasa Percakapan

Teks yang ada dalam komik pada umumnya menyapikan dialog-dialog anatar tokoh dalam cerita. Bahasa yang digunakan dalam penulisan percakapan tersebut menggunakan percakapan sehari-hari yang cenderung tidak formal.

Sehingga komik menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca tidak menggunakna bahasa yang berbelit-belit dan formal.

  1. Bersifat Kepahlawanan

Pada umunya komik mengangkat cerita yang mengandung unsur kepahlawanan. Hal ini sangat baik karena sebagain besar pembaca komik merupakan anak-anak dan remaja yang membutuhkan cerita kepahlawanan yang dijadikan sebagai contoh dalam bertindak sehari-hari. Sehingga cerita yang disajikan dalam komik dapat membuat pembaca dapat mempunyai sikap kepahlawanan.

  1. Penggambaran watak yang sederhana

Watak tokoh yang ada pada cerita dalam komik digambarkan secara sederhana. Karena minimnya teks yang terdapat dalam komik membuat penggambaran watak dilakukan secara sederhana melalui dialog-dialog antar tokoh dan secara visual dengan menggambarkan tindakan-tindakan tokoh melalui gambar. Sehingga pembaca mudah mengerti karakteristik dari tokoh-tokoh yang disajikan dalam komik.

  1. Terdapat unsur humor

Terkadang cerita dalam komik juga disisipi humor yang biasa beredar dalam masyarakat. Karena menggunakan humor santai sehingga lelucon dalam komik mudah dipahami. Selain itu karena komik merukapan buku fiksi sehingga sah-sah saja menyelipkan humor pada cerita yang biasa beredar dalam masyarakat.

Karena menggunakan humor santai sehingga lelucon dalam komik mudah dipahami. Selain itu karena komik merukapan buku fiksi sehingga sah-sah saja menyelipkan humor pada ceritannya.

Nah, itulah saja artikel lengkap yang bisa kami sajikan pada khalayak umum tentang macam-macam komik dan ciri khasnya. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi kalian yang pada saat ini sedang membutuhkan bahan bacaan terkait ini.

Rating: 5.0/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *