Tujuan Pembangunan Ekonomi di Indonesia dalam Keseharian

Diposting pada

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Ekonomi bisa dikatakan sebagai faktor penting yang tidak dapat ditinggalkan dari berbagai arti kebutuhan yang ada disuatu negera. Alasannya karena semua negara ingin memiliki tatanan dalam jenis sistem ekonomi yang mapan, dimana untuk ekonomi yang mapan akan membuat suatu negara dapat dengan mudah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak di lingkup internasional. Salah satu hal penting dalam bidang ekonomi ialah menjaga kestabilan ekonomi, selain itu juga perlu melakukan pembangunan ekonomi.

Pembagunan ekonomi tentu memiliki tujuan dan manfaat yang setidaknya menunjang keberlangsungan hidup masyarakat secara luas. Prihal ini tentusaja tujuan pembangunan ekonomi bukan hanya didasarkan pada kepentingan sesaat saja namun juga harus memiliki perencanaan yang matang.

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah sebuah usaha nyata yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan ekonomi dengan mempertimbangkan jumlah penduduk serta perubahan struktur sosial yang ada disuatu negara, dimana bentuk perubahan sosial yang terjadi secara mendasar dan memberikan dampak yang besar.

Oleh karena itulah pembangunan ekonomi tidak dapat dihitung dari hasil yang dihitung secara kuantitatif, namun pembangunan ini lebih pada perubahan yang bersifat kualitatif. Alasannya karena perubahan ini ketika baru dilaksanakan mungkin hanya terlihat pada sektor tertentu namun kebermanfaatannya diharapkan dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Adapun untuk tujuan dari adanya pembangunan ekonomi yang ada di masyarakat, antara lain;

  1. Meningkatkan daya saing

Suatu negara dengan negara lain tetap ingin saling mengungguli pada bidang tertentu yang paling kuat di negara tersebut. Pembangunan ekonomi dapat mengoptimalkan potensi yang ada pada suatu negara. Peningkatan potensi dan sesuai dengan sasaran dapat meningkatkan daya saing.

Daya saing ini juga dapat diperkuat dengan kualitas segala hal yang berkaitan dengan perekonomian. Kemampuan untuk bersaing juga menunjukkan kesiapan dan keberanian suatu negara dalam lingkup internasional.

  1. Menarik investor luar negeri

Keadaan ekonomi suatu negara menjadi pertimbangan yang penting ketika suatu negara ingin melakukan investasi pada negara lain.

Pembangunan ekonomi yang memberikan dampak besar pada keadaan ekonomi nasional akan membuat negara lain tertarik dengan negara tersebut. Ketertarikan ini membuat negara lain menawarkan investasi dengan jumlah dan nilai tergantung pada keadaan. Terutama pada negara yang masih memiliki SDA dan SDM yang sangat melimpah.

  1. Meningkatkan pelayanan publik

Pembangunan ekonomi akan dipilih strategi paling tepat untuk memberikan dampak yang paling besar. Pembangunan ekonomi tentu ditujukkan kepada masyarakat luas, setalah dilakukan pembangunan ekonomi diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat luas terutama pada kebaikan bersama.

Pelayanan publik yang banyak mengalami pembangunan ada terminal, rumah sakit, jalan, dan lain-lain. Semua diharapkan dapat menjaga stabilitas ekonomi.

  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Perekonomian dapat dilihat secara kuantitatif dan kualitatif ketika pembangunan meningkatkan dan dilihat dari sisi hasil serta dampak dari sebuah tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan ekonomi.

Ketika kualitas sudah baik maka akan berdampak pada jumlah pendapatan perkapita yang akan diperoleh. Ketika pembangunan berhasil maka pertumbuhan ekonomi juga akan mengikuti walaupun sangat sulit untuk melakukan dua hal ini secara bersama-sama.

Adapun untuk contohnya saja di Indonesia. Ada pembangunan ekonomi dalam bidang martim yang akhir-akhir sangat genjar untuk disoslialisasikan, alasannya karena Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang menjadi wilayah dengan batas pantai terpanjang di Dunia, sehingga adanya beberapa pembangunan ekonomi seperti halnya pelabuhan maupun tol laut yang dilakukan pemerintah sejatinya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Target utama sebuah pembangunan adalah untuk masyarakatnya. Masyarakat dapat hidup lebih baik dengan perekonomian yang cukup mapan.

Ekonomi yang mapan akan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ketika belum mampu menangani secara menyeluruh masalah yang ada di masyarakat maka usaha yang dilakukan diharapkan tidak memperburuk keadaan ekonomi masyarakat.

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan

Salah satu hal yang akan didapatkan ketika melakukan pembangunan ekonomi adalah dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk tenaga yang memiliki kemampuan atau yang berusaha mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Lapangan pekerjaan merupakan salah satu cara agar kebutuhan yang mendasar sebagai manusia dapat dipenuhi. Lapangan pekerjaan memang bukan satu-satu tujuan namun hal ini dapat mempermudah menyelesaikan berbagai contoh permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

  1. Mengurangi kesenjangan di masyarakat

Salah satu tujuan utama yang ingin dituntaskan dengan adanya sebuah pembangunan ekonomi ialah mengurangi kesenjangan yang ada di masyarakat. Dampak kesenjangan tentu saja dilihat dari segi ekonomi, dimana untuk pembangunan ekonomi yang berhasil pasti akan mengurangi berbagai masalah yang sedang dihadapi suatu negara entah dalam jumlah sedikit atau banyak.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan dilakukannya pembangunan ekonomi di Indonesia yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan edukasi dan referensi.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *