Tujuan dan Manfaat Pluralisme di Masyarakat

Diposting pada

Tujuan Pluralisme dan Manfaatnya

Kondisi suatu negara sangat bereda-beda. Beberapa negara terbentuk menjadi negara dengan masyarakat multikultural. Alasannya karena terdiri dari berbagai sifat kebudayaan yang memberikan warna tersendiri. Perbedaan ini dapat membuat perpecahan namun dapat menjadi alasan bersatu dengan tujuan kesatuan bilamana memahami pluralisme.

Bangsa yang telah menetapkan tujuannya tidak akan sulit mencapai sesuatu yang bersifat kebersamaan. Hal ini akan membentuk pluralisme dalam upaya memperkuat integrasi nasional yang terjadi.

Pluralisme

Pluralism adalah sebuah paham yang telah terbentuk di lingkungan masyarakat dengan memahami dan menghargai adanya sebuah perbedaan dalam suatu negara. Kesadaran ini membuat seseorang memiliki kebebasan memilih akan berbagai jenis pilihan hidup.

Disisi lain, pluralisme di Indonesia memang tidak begitu disuarakan, namun berdasarkan kebiasaan masyarakat sudah mencerminkan hal tersebut. Salah satu bidang yang menggunakan unsur pluralisme adalah bidang politik. Sistem politik pluralisme ini akan meminimalisir adanya sebuah konflik sosial.

Tujuan Pluralisme

Adapun untuk tujuan adanya penanam sikap pluralisme di masyarakat. Antara lain;

  1. Membumikan toleransi

Toleransi adalah prilaku saling menghargai diatas beragam perbedaan yang ada. Wujud pemaknaan toleransi ini begitu penting, alasannya karena akan membuat semua individu dan kelompok dapat memilih mana yang terbaik untuk dirinya diatas perbedaaan yang ada.

Penanam tolaransi ini juga tidak ada unsur paksaan dalam melakukan sebuah bentuk tindakan sosial asal tidak menyalahi norma sosial dan arti nilai yang berlaku.

  1. Mencagah Adanya Radikalisme

Prilaku radikalisme adalah sebuah pertentangan secara nyata yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok sosial berbeda. Banyak prilaku radikalimse mencerminkan masyarakat kurang menghargai perbedaan, atas dasar inipula setidaknya tujuan pemanan pluralisme diaharkan mampu mencegah adanya radikalime.

Manfaat Pluralisme

Sedangkan untuk manfaat pengamalan pluralisme dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Munculnya sikap saling menghargai

Sikap yang akan muncul ialah saling menghargai. Hal ini merupakan manfaat yang utama ketika suatu negara telah mencapai pada titik pluralisme. Perbedaan bukan lagi sebagai masalah namun dipandang sebagai sesuatu yang indah.

  1. Dapat dengan bebas mempertahankan budaya yang dimiliki

Perbedaan yang tidak diperdebatkan, maka setiap individu memiliki hal untuk mempertahankan budaya yang melekat ada pada dirinya. Mereka juga memiliki kebebasan untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan budaya. Walaupun bersatu dengan yang lain namun tidak melupakan jati diri sendiri.

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Sumber saya manusia merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh suatu negara. sumber saya manusia yang baik maka dapat membawa perubahan bagi negara menjadi yang lebih baik. Kebebasan yang dimiliki oleh setiap individu diaharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan individu. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang laur biasa bagi individu.

  1. Memberi kebebasan dalam memeluk agama

Agama merupakan hal yang paling pokok bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan Ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

Sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini menunjukkan setiap individu wajib memeluk salah satu agama yang telah diakui oleh negara Indonesia. Setiap individu boleh memilih salah satu agama sebagai kepercayaannya.

  1. Menciptakan kerukunan sesama manusia

Tindakan saling menghargai satu sama lain membuat manusia tidak saling membenci satu sama lain. Hal ini jelas akan membentuk kerukunan bersama. Segala hal yang baik maka akan membuat bangsa aman dan nyaman di negara yang ditempatinya.

  1. Memberikan penanam sikap perbedaan bukanlah sebuah masalah

Sudut pandang yang telah terbentuk, bahwa berbeda bukan sebuah kesalahan. Hal ini tidak akan ada kasus saling merendahkan satu sama lain. Semua orang dianggap sama dan memiliki hak yang sama. Sudut pandang ini akan membuat perbedaan menjadi Indah dan sangat unik.

  1. Memberikan kebebasan pada individu

Seorang individu lahir membawa hak yang telah ditetapkan. Tidak ada seorang pun yang memiliki hak untuk mengatur secara menyeluruh atas individu. Kebebasan ini merupakan salah satu hak tersebut. Setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih apa yang disuka dan tidak, mana yang cocok dan tidak, mana yang baik dan tidak.

Contoh Pluralisme

Terakhir, untuk contoh sikap yang mencerminkan pluralisme dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Mengakui 6 Agama di Indonesia dan Memberikan Kesempatan Menunaikan Kewajibannya

Adanya 6 Agama yang diakui Indonesia secara nyata mencerminkan pluralisme di Indonesia yang mengkui keberadaan agama-agama. Agama disini sebagai keyakinan individu.

Sehingga pluralisme agama merupakan bentuk saling menghargai antar pemeluk agama. Setiap pemeluk agama memiliki kebebasan untuk menjalankan ibadan sesuai dengan kemampuan dan kepercayaannya, dalam hal ini tidak ada paksanaan untuk memeluk agama manapun.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa manfaat pluralisme tentu paling dirasakan oleh masyarakat.

Alasannya karena masyarakat adalah pelaku utama dari segala hal yang terjadi di suatu negara. Masyarakat akan merasakan segala dampak yang akan ditimbulkan, salah satunya pluralisme yang akan memberikan dampak positif untuk kehidupan bangsa dan negara.

Demikinalah saja artikel yang bisa kami ulasakan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan penanaman sikap pluralisme dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *