Pengertian Sosialisasi Primer, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Sosialisasi Primer

Bentuk sosialisasi yang dialami oleh setiap individu dan kelompok bisanya dilakukan melalui organisasi sosial yang paling dekat hingga berkembang ke lingkungan sosial. Dalam proses sosialisasi ini secara garis besar dikelompokkan menjadi 2 jenis. Yaitu, sosialisasi primer yang dikenal dengan primary socialization dan sosialisasi skunder.

Adapun yang pasti sosialisasi primer ini adalah proses sosial dan interaksi sosial yang didapakan oleh seseorang pertamakali lahir sebelum mengenal masyarakat.

Sosialisasi Primer

Sosialisasi primer hakekatnya adalah sosialisasi awal yang dijalani oleh setiap orang dari usia belitia, kanak-kanak, sampai menjadi anggota masyarakat. Oleh karena alasan itulah setiap individu yang berkembang dalam masyarakat selalu melewati proses sosialisasi ini.

Bahkan sampai ia meninggal dunia warisan terhadap sosialisasi primer akan tetap ada, seperti dalam karakteristik kepribadian, komitmen, penananamn arti nilai kejujuran, dan selain sebagainya.

Pengertian Sosialisasi Primer

Sosialisasi primer adalah jenis sosialisasi yang dilakukan seseorang dari semasa kecil sampai seseorang mulai menjadi anggota dalam kelompok-kelompok sosial bermasyarakat, oleh karena itulah arti sosialisasi ini lebih dekat pada penanaman karakteristik terhadap emosial dan kepribadian.

Pengertian Sosialisasi Primer Menurut Para Ahli

Adapun definisi sosialisasi primer menurut para ahli, antara lain;

  1. Peter L. Berger dan Luckman, sosialisasi primer adalah prses pengenalan seseorang paling pertama dijalani dan bisanya terjadi pada saat ia kecil dari rentang usia 1 sampai 5 tahun, oleh karena itulah sosialisasi ini bisanya dilakukan dalam lingkungan keluarga.

Tahapan Sosialisasi Primer

Tahapan yang ada di dalam proses sosialisasi primer, antara lain;

  1. Di mulai dari peran sosial orang-orang yang terdekat terhadap perkembangan seseorang
  2. Kemudian orang terdekat dalam hal ini keluarga menjadi sangat penting bagi seseorang, alasannya seorang anak melakukan pola interaksi secara terbatas dengan pelan-pelan orang terdekat menjalankan fungsi kelurga.

Fungsi Sosialisasi Primer

Antara lain;

  1. Memberikan penananamn atas karakter seseorang
  2. Meletakan Dasar Keperibadian

Contoh Sosialisasi Primer

Contoh Sosialisasi Primer
Contoh Sosialisasi Primer

Beragam contoh sosialisasi primer, diantarnya adalah sebagai berikut;

  1. Keluarga

Kelurga sebagai penanaman fungsi pertama dalam sosialisasi primer, seorang anak akan menjalankan rutinitas kesehariannya berdasarkan pada adat dan kebiasan keluarga. Sosialisasi ini misalnya kebiasaan tidur di malam hari, setiap keluarga yang memiliki kebiasaan tidur pada jam 10 maka anak-anaknya juga demikian.

  1. Pendidikan

Penanaman proses belajar kepada setiap anak bisa dilakukan dengan perkembangan pada sosialisasi primer. Anak yang cederung diberikan dorongan untuk memiliki rutinitas belajar giat dalam keluarganya akan berpengaruh kecerdasan ketila ia memasuki pada lembaga pendidikan.

  1. Kemandirian

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita melihat seorang anak yang cukup mandiri dan sebaliknya ada anak pula yang hidup dengan terus bergantung pada oarngtuanya.

Kemandirian sebeneranya bisa diciptakan dalam proses sosialisasi primer, misalnya saja dengan tidak memberikan uang jajan ketika anak tidak menyelesaikan pekerjaan rumah, seperti membantu menyapu ataupun membantu kesibukan orang tuanya.

  1. Emsional

Bentuk contoh yang lainnya, berkaitan erat dengan sosialisasi primer ini bisa dilihat dari karaketristik setiap individu yang berkembang dalam masyarakat. Terutama berhubungan erat dengan tingkat emosionlanya, tingkat emosional dalam sosialisasi primer bisa dilakukan dengan memberikan contoh orang tua untuk bersabar dalam mendidik anak.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Contoh mengenai sosialisasi primer dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat pada rutinitas seseorang. Biasanya dalam hal makan, minum, ataupun dalam berbicara pada orang tua akan terlihat pada cara biacara orang tua kepada anak.

Misalnya saja begini, ketika anak diberikan dorongan untuk selalu makan dengan membaca doa atau anjuran untuk berdoa sebelum minum maka kebiasaan tersebut akan dilakukannya ketika ia berada di dalam proses sosialisasi selanjutnya, yaitu sosialisasi skunder.
Kesimpulan

Dari penjelasan dapat disimpulkan bahwa proses sosialisasi ini dilakukan setiap orang pada awal perkembangan kehidupannya, yang lebih dominan dilakukan ketika bergabung dengan anggota keluarga.

Demikianlah penjelasan pengertian sosialisasi primer menurut para ahli, tahapan, fungsi, dan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Rating: 4.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *