Cara Membuat Pohon Masalah dan Pohon Tujuan Serta Contohnya

Diposting pada
3/4 - (1 vote)

Cara Membuat Pohon Masalah dan Pohon Tujuan

Pohon masalah bisa dikatakan sebagai salah satu unsur penting dalam objek kajian sosiologi berkaitan arti identifikasi rumusan permasalahan tertentu yang ada dalam kehidupan bermasyarakat.

Penyusunan serta pembuatan dalam proses pohon masalah ini haruspula disertakan dengan tujuannya yang berfungsi sebagai pengambaran di dalam prioritas kerja yang akan dilakukan. Oleh karena itulah dalam kasusnya pohon masalah juga harus memunculkan sebab akibat serta pengulasan terkait dengan cara mengatasinya.

Pohon Masalah dan Pohon Tujuan

Pohon masalah dan pohon tujuan memiliki definisi yang berbeda. Yakni;

  1. Pohon Masalah

Pohon masalah adalah sistemasiasi dalam perencanaan sosial yang dilakukan sebagai bentuk upaya penyelesaian dengan langkah dan cara yang berurutan, sehingga penyusunan dalam pohon masalah ini berkaitan erat dengan tahapan prioritas yang dilakukan.  Baik untuk analisa kekerasan, isolasi sosial, atau bahkan masalah kesehatan.

  1. Pohon Tujuan

Pembuatan dalam proses perencanaan pohon masalah selalu takan lepas dari pohon tujuan. Hal ini sendiri mengandung intisari bahwa segala permasalahan yang tersaji harus diselesaikan secara berurutan, hubunga keduanya bagiakan kesatuan yang tidak dipisahkan.

Cara Membuat Pohon Masalah dan  Pohon Tujuan

Ada beragam teori dan langkah pembuatan pohon masalah/tujuan. Hal ini dilakukan guna menyusunan kerangka konsep yang jelas antara satu masalah dengan masalah lainnya. Pembuatan;

  1. Menyusun Prioritas

Langkah yang pertama adalah dengan menyusun prioritas di dalam pembuatan pohon masalah dan tujuan. Pemanfaatkan prioritas yang disampaikan bisa melihat pada konsep dasar yang melndasi masalah itu muncul di dalam masyarakat.

  1. Membuat Draf

Selanjutnya, sistemasiasi pembuatan pohon masalah ialah dengan membuat draf yang terkaiat dengan tujuan sasaran. Misalnya saja draf ini tentang putus sekolah, maka yang mendasi adanya tingginya putus sekolah antara lain ialah munculnya tingkat kemiskinan.

  1. Membuat Sub Sasaran

Sistemasiasi pembuatan pohon masalah selanjutnya ialah membuat sub sasaran dalam tujuan permasalahan yang diungkapkan. Langkah ini bisa dengan mudah dilakukan jika tema yang diambil sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

  1. Membuat Team Yang Tepat

Pembuatan team atau bentuk kelompok sosial yang tepat bisa mendorong terselesaikannya pohon masalah dan tujuan yang dilakukan. Langkah ini senderhana akan tetapi jarang oran yang memikirkan bagaimana apalikasi yang dinginkan.

Contoh Pohon Masalah dan Pohon Tujuan

Contoh Pohon Masalah dan Pohon Tujuan
Contoh Pohon Masalah dan Pohon Tujuan

Contoh mengenai pembuatan pohon masalah dan pohon tujuan misalnya saja;

  1. Identifikasi Putus Sekolah

Dimana kondisi putus sekolah menjadi salah satu masalah sosial di Indonesia yang pada saat ini sedang banyak terjadi. Dengan kalimat deskripsi mengenai materi ini pengulasan yang baik setidaknya penyusunannya dibuat bagan seperti di bawah ini;

Dari sejumlah contoh mengenai pohon masalah dan tujuan di atas, dapat disimpukjan bahwa salah satu unsur utama di dalam penulisannya harus ada solusi yang ditawarkan serta tujuan dan goal yang ada di dapatkan. Langkah ini bisa mempermudah seseorang dalam menganalisa berbagai problema kehidupan yang terjadi.

  1. Korupsi

Contoh penyusunan identifikasi analisis dalam korupsi juga bisa dijabarkan dalam bentuk pohon masalah dan pohon tujuan. Prihal ini terkait dengan banyaknya Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten tertentu. Dimana ketika Jam kerja di Dinas Pendidikan Kabupaten sudah dimulai pada pukul 08.00 WIB. Namun, pegawai yang sudah datang seringkali sarapan di kantin terlebih dahulu dan baru siap bekerja pada pukul 08.15 WIB. Bahkan, ada beberapa pegawai yang baru datang pukul 08.30 WIB.

Permasalahan atas keterlambatan tersebut bisa dikatakan sebagai korupsi yang berarti menyalahgunakan kekuasaan yang dipercayakan melalui perilaku tidak jujur dan tidak etis demi keuntungan pribadi. Korupsi bukan cuma berwujud uang, melainkan juga berwujud waktu. Disadari atau pun tidak, ketika pegawai terlambat bekerja, pegawai tersebut telah menggunakan waktu bekerja untuk kepentingan pribadinya.

Untuk upaya dalam penyusunan dan pembuatan pohon masalah yang ada tentusaja solusi yang perlu ditawarkan ialah dengan membuat absensi online bagi pemerintah setempat khususnya BKN dalam mengontrol pagawai agar sepenuhnya melayani masyarakat.

Demikianlah tulisan megenai pengertian, cara membuat pohon masalah dan pohon tujuan beserta dengan contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan salah satu refrensi bagai para pembaca yang sedang mencari materinya.

Rating: 3.0/5. From 4 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *