Pengertian Perusahaan Akuisisi, Ciri, Bentuk, dan Contohnya

Diposting pada

Perusahaan Akuisisi

Setiap perusahaan memiliki visi dan pandangan yang luas tentang usahanya. Disinilah sebuah usaha yang menyelenggarakan kegiatan industri primer, sekunder, dan tersier pasti akan melakukan berbagai cara untuk menguasai bidang yang dijalankan. Alasannya tak lain lantaran ingin mendapatkan keuntungan. Bahkan banyak perusahaan mengakuisisi jenis usaha lainnya guna mengembangkan berbagai bidang usaha yang akan dijalankan baik dari cakupannya yang bersifat bilateral atau multilateral.

Namun yang pasti, pengembangan perusahaan yang dapat dilakukan akuisisi berhubungan dengan kepemilikan modal berdasarkan aset yang dimilikinya. Sehingga prihal inilah contohnya yang baru-baru ini seperti PT Bank Agroniaga yang diambil alih oleh BRI (Bank Rakyat Indonesia).

Perusahaan Akuisisi

Akuisisi dalam kegiatan perekonomian biasa dikenal dengan mengambil alih perusahaan lain yang kadangkala dalam fenomena sosialnya peristiwa ini tidak dapat kita lihat secara langsung karena nama produk brand yang dahulu tetap digunakan dan tidak mengubah bentuk pelayanan kepada para pelanggan.

Bahkan pada akhirnya perusahaan yang telah melakukan akuisisi akan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan akan tetap setia menggunakan produk yang dimiliki.

Pengertian Perusahaan Akuisisi

Perusahaan akuisisi adalah sebuah usaha yang melakukan jenis kerjasama ekonomi dengan cara membeli perusahaan lain yang sedang mengalami kesulitan modal, kemudian akhirnya mengembangkan perusahaan tersebut dengan nama pemilik perusahaan yang membeli.

Pengertian Perusahaan Akuisisi Menurut Para Ahli

Adapun definisi perusahaan akuisisi menurut para ahli. Yakni;

  1. Investopedia, Definisi akuisisi adalah peristiwa dimana perusahaan lain membeli saham dari perusahaan besar. Prihal inilah kepemilikan saham ini akan menentukan pemilik perusahaan berdasarkan besarnya saham yang dimiliki. Sehingga akuisisi ini lebih pada bentuk saham atau obligasi.
  2. KBBI, Pengertian akuisisi adalah perolahan atau memperoleh, dimana perolehan ini diterapkan dalam dunia perusahaan berkaitan dengan perusahaan yang berusaha menguasai perusahaan. perusahaan yang telah memperoleh perusahaan yang diinginkan dapat dikatakan akuisisi berhasil.
  3. PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), Arti aakuisisi adalah penggabungan usaha dimana pengakuisisi memperoleh hak untuk mengendalikan perusahaan atas segala jenis usaha yang dilakukan oleh perusahaan yang diakuisisi. Definsi ini biasanya dipergunakan dalam istilah akuntan publik dalam berbagai kasus.

Ciri Perusahaan Akuisisi

Karakteristik untuk perusahaan akuisisi, antara lain;

  1. Dua perusahaan menjadi satu

Akuisisi perusahaan ini sejatinya menggabungkan dua perusahaan menjadi satu. Pengabunggan ini dilakukan dengan menghilangkan salah satu nama perusahaan yang dianggap lemah. Perusahaan yang memiliki modal lebih besar bisa leluasa mengembangkan usaha yang telah diakuisisi.

  1. Dengan sistem membeli perusahaan lain

Akuisisi dapat dilakukan dengan membeli perusahaan lain. Pembelian perusahaan ini tentu dengan harga yang fantastis. Perusahaan yang mampu melakukan akuisisi pasti memiliki keunggulan tertentu. Akuisisi ini juga dilakukan dengan menyelamatkan perusahaan yang ada.

Kita sering mendengar dengan istilah menjual perusahaan. Hal ini akan berbeda dengan perusahaan yang telah termasuk perusahaan global yang telah masuk pada saham internasional, perusahaan dapat berpindah kepemilikan kapanpun sesuai dengan pemilik saham terbesar.

  1. Menggunakan salah satu nama perusahaan yang membeli

Nama yang digunakan perusahaan setelah akuisisi merupakan perusahaan yang memiliki modal paling besar. Perusahaan yang telah dibeli dapat dikendalikan sesuai dengan kemauan perusahaan yang mengelola. Perusahaan yang membeli juga tidak memiliki kewajiban apapun kepada perusahaan yang telah dibeli.

  1. Perusahaan yang kuat akan mendominasi

Perusahaan akuisisi berbeda dengan perusahaan marger yang memiliki kekuatan masing-masing. Perusahaan akuisisi memiliki kekuatan tersendiri dimana kekuasaan terbesar ada pada perusahaan yang mendominasi. Dominasi ini akan selalu ada dan terus mengalami perkembangan sesuai dengan keinginan perusahaan atau misi serta target perusahaan.

  1. Menggabungkan keunggulan perusahaan

Perusahaan yang telah membeli perusahaan tersebut maka akan melihat sisi baik dan buruk perusahaan. Sisi baik dari beberapa perusahaan akan digabungkan dan dijadikan sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Perusahaan dapat lebih luas dalam menguasai berbagai jenis sektor yang diinginkan.

Bentuk Perusahaan Akuisisi

Adapun bentuk kegiatan dalam perusahaan akuisisi. Antara lain;

  1. Saham

Akuisisi ini dilakukan dengan cara membeli saham pada perusahaan tertentu. Pemilik perusahaan ditentukan dengan pemilik saham paling banyak. Pemilik perusahaan yang paling banyak memiliki kendali untuk mengendalikan perusahaan.

Kadang manajemen puncak dapat berasal dari perusahaan yang memiliki saham terbanyak atau orang lain yang bertugas menjalankan usaha dan hanya sebagai pekerja.

  1. Asset

Perusahaan memiliki banyak cara untuk menguasai perusahaan lain. Perusahaan yang memiliki jumlah modal besar akan membeli aset perusahaan lain yang sedang kekurangan modal.

Perusahaan terseubut tidak menguasai secara kepemilikan perusahaan namun hanya membeli aset yang ada dengan cara membeli. Ketika membeli aset secara terus menerus maka perusahaan tersebut secara tidak langsung telah dikuasai.

  1. Horizontal

Perusahaan dapat mengambil alih perusahaan lain dengan berbagai motif. Perusahaan yang memiliki keunggulan berbeda pasti ingin mengambil alih perusahaan dengan keunggulan tertentu untuk mengembangkan perusahaan yang dimiliki.

Akuisisi ini dilakukan dengan memilih perusahaan yang bergerak dibidang yang sama. Perusahaan dengan bidang yang sama akan mempermudah dalam memperluas pangsa pasar dengan produk unggulan dan mengurangi persaingan.

  1. Vertikal

Perusahaan memiliki pilihan untuk memperluas usahanya dengan berbagai usaha. Salah satu perusahaan dengan memperbanyak variasi produk yang berhubungan dengan perusahhaan yang telah dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Akuisisi ini dilakukan oleh perusahaan dengan memilih beberapa perusahaan yang memiliki variasi produk yang berbeda-beda namun masih saling berhubungan antara perusahaan satu dengan yang lain.

  1. Konglomerat

Perusahaan yang mengakuisisi perusahaan dengan cara membeli perusahaan secara langsung dengan harga tertentu yang telah disetujui dua belah pihak. Akusisi dengan cara ini biasa dilakukan oleh perusahaan yang memiliki modal usaha sangat besar.

Perusahaan yang akan diakuisisi akan dihargai dengan harga tertentu. Cara ini juga dilakukan dengan membeli secara kontan dan akan mengganti seluruh pegawai perusahaan.

Tujuan Akuisisi Perusahaan

Anekaragam tujuan dalam akuisisi perusahaan. Yaitu;

  1. Pengembangan Usaha

Biasanya pengakuisisian dilakukan perusahaan agar selalu ingin mengembangkan usahanya yang biasa kita sebut dengan ekspansi bisnis. Pengembangan bisnis ini dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan keinginan perusahaan. Pengembangan dapat dilakukan dengan mendirikan anak perusahaan, kerja sama dengan perusahaan lain, atau mengambil alih perusahaan lain.

  1. Mengusai Perusahaan Lainnya

Banyak perusahaan besar yang memanfaatkan kekuasaannya untuk menguasai perusahaan lain. Perusahaan telah merencanakan secara mendetail tentang pengembangan perusahaan yang akan dilakukan. Bahkan pengembangan dengan akuisisi dapat dengan cepat berkembang.

  1. Mengembangkan Trobosan Baru

Tujuan lainnya dalam proses akuisisi perusahaan ialah mengembangkan trobosan baru dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan baik dari yang diakuisisi atau yang mengakuisisi. Ketika telah terjadi akuisisi biasanya pertahanan di pasar untuk menembus target yang telah ditetapkan akan terasa lebih mudah.

Contoh Perusahaan Akuisisi

Untuk contoh adanya kasus perusahaan akuisisi. Antara lain;

  1. DELL, DELL mengakuisisi EMC Corporation. Anak perusahaan yang dimiliki EMC Corporation antara lain RSA Security, VMware, dan Pivotal.
  2. IBM, IBM mengakuisisi Red hat. Red hat memiliki software yang masih kita kenal hingga saat ini yaitu linux.
  3. Softbank, Softbank telah mengakuisis ARM. ARM merupakan prosesor pada PC berbasis 32 bit.
  4. Facebook, facebook saat ini telah mengakuisis Whatsapp dan instagram. Sosial media yaang saat ini masih digunakan oleh banyak orang dimana interaksi yang berbasis chatting.
  5. HP, HP telah mengakuisisi Compaq. Akuisisi ini membuat produk HP semakin berkembang dan memiliki kualitas produk yang bagus. Desainya yang slim membuat banyak orang tertarik untuk membeli.
  6. XL Axiata, XL Axiata akuisisi operator Axis. XL Axiata juga melakukan kerjasama dengan perusahaan yang ada di luar negeri untuk mengembangan jaringan yang disediakan oleh perusahaan. Salah satu jaringan yang akan dikembangkan adalah 5G.
  7. PT Danone, PT Danone telah mengakuisis PT Aqua Golden Mississipi. Perusahaan ini masih berkembang hingga saat ini bahkan menjadi salah satu produk minuman mineral yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.
  8. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, BRI telah mengakuisisi salah satu lembaga keuangan yang bergerak pada bidang agro yaitu PT Bank Agroniaga. BRI setelah melakukan akuisisi menjadikan perusahaan tersebut sebagai anak perusahaan dan menambah produk yang ada di perusahaan ini. Produk Agroniaga memiliki tujuan untuk mempermudah para petani untuk menjalankan usahanya.
  9. Microsoft, Microsoft mengakusisi Linkedin. Salah satu sosial media yang bertujuan menyediakan informasi terkait karier. Perusahaan Linkedin sudah menjadi sosial media profesional yang memiliki banyak pengguna. Linkedin juga sudah memiliki banyak pengguna diseluruh dunia.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa proses terjadinya akuisisi dapat dilakukan dengan berbagai langkah, semuanya tergantung pada jenis perusahaannya.

Namun yang pasti, prihal ini bentuk perusahaan yang paling mudah berpindah tangan adalah perusahaan terbuka atau perusahaan yang telah masuk di pasar modal. Kecuali perusahaan terbuka milik pemerintah, pasti kepemilikan saham terbesar tetap milik pemerintah.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian perusahaan akuisisi menurut para ahli, karakteristik, bentuk, dan contoh kasusnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *