8 Jenis Peristiwa Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Macam Peristiwa Sosial

Peristiwa sosial pada hakekatnya menjadi rangakain kejadian yang dapat dinilai melalui disiplin ilmu tertentu, sehingga realitasnya bisa dikatakan bahwa peristiwa ini yang dapat diukur melalui kerangka ilmiah berupa gejala, fenoman atau fakta yang dapat diamati dalam kehidupan sosial atau dalam kehidupan bermasyarkat.

Disisi lain, berbagai jenis peristiwa sosial menjadi aspek penting dalam objek kajian sosiologi maupun dalam kerangka pembahasan aksiologi.

Peristiwa Sosial

Peristiwa sosial adalah kejadian nyata dalam kehidupan bermasyarakat yang dapat dilihat secara langsung oleh panca indra dan dapat dijelaskan dalam penelitian ilmiah, sehingga keadaan ini kemudian mampu untuk dipertanggungjawabkan.

Terjadinya peristiwa sosial dapat berdampak negatif, tapi bisa juga menimbulkan dampak positif seperti misalnya menumbuhkembangkan pengetauhan dan wawasan dalam kehidupan bermasyakarat yang secara langsung mampu meningkatkan kualitas penduduk yang ada di dalamnya.

Jenis Peristiwa Sosial

Macam Peristiwa Sosial
Macam Peristiwa Sosial

Adapun untuk macam-macam peristiwa sosial antara lain sebagai berikut;

  1. Peristiwa Sosial dalam bidang lingkungan

Peristiwa sosial yang berkaitan dengan kondisi lingkungan alam merupakan salah satu bentuk nyata atas realitas sosial sosial yang erat keitannya dengan bencana alam atau fenomena sosial yang terjadi karena mewabahnya suatu penyakit.

  1. Peristiwa Sosial dalam bidang psikologi

Peristiwa sosial dalam bidang psikologi hakekatnya merupakan keadaan sosial yang berkaiatan dengan masalah kejiawaan yang dialami oleh seseorang. Masalah ini kemudian menjadi salah satu penyebab timbulnya problemetika dalam lingkungan masyarakat.

  1. Peristiwa Sosial dalam Segi Hukum

Peruwjutan atas peristiwa sosial dalam segi hukum berkaitan dengan adanya pelanggaran dalam bentuk penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat. Biasanya prihal ini menyoroti terkait dengan tegaknya keadilan sehingga melahirkan ketidakadanya keteraturan hukum.

  1. Peristiwa Sosial dalam Segi Sejarah

Perilaku gambaran atas kasus peristiwa sosial dalam sejarah berhubungan dengan catatan masa lalu yang bisa dirasakan hingga saat ini.

Contohnya saja seperti kehidupan orang perorang ataupun golongan-golongan dalam masyarakat diakui sebagai individu dan kolektivitas warga negara, terlepas atas dasar kesukuan dan keagamaan, dan lain-lain. Implementasi ini penggarabaran bahwa NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai negara persatuan yang lahir dari adanya perbedaan-perbedaan namun dalam sejarah yang sama, yaitu dijajah oleh bangsa-bangsa Eropa.

Contoh Peristiwa Sosial

Adapun untuk contoh peristiwa sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Antara lain;

  1. Kenakalan remaja

Kenakalan remaja merupakan tindakan atau perilaku melanggar hukum yang dilakukan oleh  anak di bawah umur atau individu yang lebih muda dari usia mayoritas menurut undang-undang. Terjadinya kenakalan remaja menajdi bukti bahwa kehidupan masyarakat dipengauhi oleh hal baru yang dianggap tidak wajar, karena hal tersebut erat kaitannya dengan dampak globalisasi di dalam masyarakat.

Ketika seorang remaja melakukan kejahatan, prosedur hukum yang berlaku berbeda dari kejahatan yang dilakukan oleh pelaku dewasa. Di semua negara bagian, sistem pengadilan anak, dan fasilitas penahanan anak, secara khusus menangani pelaku di bawah umur.

  1. Kemiskinan

Definisi kemiskinan sulit dirumuskan karena kemiskinan memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Beberapa orang mungkin mendefinisikan kemiskinan sebagai kurangnya pendapatan yang mengakibatkan tidak adanya mobil atau barang mewah, sementara yang lain mungkin menggambarkannya sebagai kurang layaknya tempat tinggal, kebutuhan dasar atau kesempatan untuk pelatihan dan pekerjaan.

Secara umum kemiskinan merupakan keadaan seseorang yang tidak dapat atau kurang mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia secara layak, yang meliputi sandang, pangan, dan tempat tinggal.

Kemiskinan merupakan salah satu contoh peristiwa sosial di mana sebagian masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya yang sebenarnya. Kemiskinan dapat menimbulkan banyak dinamika sosial karena ini adalah fenomena yang kompleks. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan holistik untuk mengembangkan strategi dan program penanggulangan kemiskinan. 

  1. Prostitusi

Prostitusi disamakan dengan tindakan kriminal lainnya. Prostitusi merupakan fenomena yang ada dalam kehidupan bermasyarakat dan merupakan fenomena yang bersifat global, kompleks, kontroversial, dan problematis yang masih menjadi salah satu topik perdebatan di tingkat nasional maupun internasional. Fenomena prostitusi terjadi karena terdapat dukumgan dalam setiap elemen fungsi yang berkaitan satu sama lain.

  1. Disorganisasi keluarga

Disorganisa keluarga adalah salah satu contoh peristiwa sosial yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat karena ketidakharmonisan keluarga. Ketidakharmonisan tersebut bisa disebabkan oleh beragam fakor, diantaranya yaitu rendahnya tingkat perekonomian,  terjadinya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), broken home, dan lain sebagainya.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan macam-macam peristiwa sosial dan contohnya yang ada di masyarakat.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *