Pengertian Subsidiary Institutions, Ciri, dan 5 Contohnya

Diposting pada

Subsidiary Institutions Adalah

Lembaga sosial bisa dikatakan sebagai seperangkat aturan yang berkaitan dengan kegiatan atau arti kebutuhan sosial di masyarakat. Sehingga atas dasar inilah, terdapat bermacam-macam jenis lembaga sosial yang berkembang di masyarakat, yang kesemuanya dapat dibedakan berdasarkan kriteria tertentu. Salah satu tipe lembaga sosial yang diklasifikasikan berdasarkan sudut nilai yang diterima oleh masyarakat adalah subsidiary institutions.

Meskipun, haruslah jadi pengakuan bahwa ciri subsidiary institutions kerapkali dianggap masyarakat kurang penting namun keberadanannya menjadi bagian daripada proses sosial dan interaksi sosial terkait dengan pengaturan kehidupan.

Pengertian Subsidiary Institutions

Subsidiary institutions adalah tipe lembaga sosial yang bagi masyarakat dianggap sebagai hal yang kurang penting, tidak wajib, dan hanya bersifat pelengkap dalam masyarakat. Sehingga dalam arti inilah, subsidiary institutions menjadi fungsi lembaga sosial yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan sekunder (bukan permasalahan utama) dalam kehidupan masyarakat.

Ciri Subsidiary Institutions

Karakteristik yang ada dalam subsidiary institutions antara lain adalah;

  1. Memiliki peran sosial sebagai upaya mengawasi jalannya adat istiadat di masyarakat
  2. Dibentuk dengan sengaja untuk mencapai tujuan atas kebersamaan
  3. Memunyai sifat yang khusus dan tertutup
  4. Kerapkali dianggap masyarakat kurang penting

Contoh Subsidiary Institutions

Adapun untuk contoh-contoh subsidiary institutions yang berkembang di masyarakat, diantaranya yaitu;

  1. Pariwisata

Pariwisata adalah serangkaian kegiatan dan aktivitas perjalanan yang dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok, dari satu tempat ke tempat lain untuk sementara waktu. Pariwisata dianggap sebagai subsidiary institutions karena kegiatan berwisata bukanlah hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang.

Orang-orang yang berwisata biasanya memiliki tujuan untuk rekreasi. Atau dengan kata lain, mereka pergi berwisata untuk mendapatkan keseimbangan, kedamaian, ketenangan, keserasian, dan kebahagiaan jiwa. Ada banyak jenis objek yang dapat dijadikan tujuan wisata, misalnya pantai, pegunungan, danau, goa, museum, candi, desa wisata, dan lain sebagainya.

  1. Kesenian

Seperti halnya dengan pariwisata, kesenian juga termasuk contoh subsidiary institutions karena tidak semua orang menganggapnya penting dalam menunjang kehidupan masyarakat. Meskipun demikian, kesenian diciptakan untuk beberapa tujuan diantaranya yaitu untuk kepuasan pribadi, untuk mencari uang, serta untuk meningkatkan kualitas kehidupan zamannya sehingga memiliki arti penting bagi generasi berikutnya.

Kesenian itu sendiri merupakan salah satu unsur kebudayaan yang bisa berupa gerak suara ataupun wujud, dengan penekanan pada unsur estetika yang dipentingkan dalam setiap produk kebudayaan. Karya seni memilki jenis yang beragam, meliputi seni rupa (misalnya lukisan), seni musik (misalnya pop), seni tari (misalnya Tari Gambyong), seni drama/teater (Ludruk), dan seni sastra (misalnya puisi).

  1. Klub olahraga

Klub olagraga dapat diartikan sebagai perkumpulan yang menyelenggarakan kegiatan dalam bidang olahraga bagi para anggotanya. Klub olahraga seringkali disebut juga perkumpulan olahraga atau asosiasi olahraga, yang biasanya dibentuk khusus untuk suatu cabang olahraga tunggal atau juga beberapa cabang olahraga.

Meskipun klub olahraga termasuk subsidiary institutions yang dianggap kurang penting oleh masyarakat, tapi bergabung dalam suatu klub olahraga dapat memberikan beberapa manfaat termasuk keterlibatan dalam aktivitas fisik tertentu yang menyehatkan badan, menjalin pertemanan, mengembangkan ketrampilan, mempelajari kerja sama tim, dan lain sebagainya.

  1. Komunitas pecinta hewan

Komunitas pecinta hewan adalah sekelompok orang yang memiliki kesenangan, kegemaran atau hobi yang sama dalam memelihara jenis hewan atau binatang tertentu.

Di Indoensia sendiri, terdapat banyak contoh komunitas pecinta hewan, misalnya Komunitas Aspera Indonesia yang diperuntukkan bagi para pecinta reptil; KPKI (Komunitas Pecinta Kalajengking Indonesia) yang diperuntukkan bagi para pecinta kalajengking; ICA (Indonesia Cat Association) yang diperuntukkan bagi para pecinta kucing.

  1. Komunitas pecinta tanaman

Komunitas pecinta tanaman adalah sekelompok orang yang memiliki kesenangan, kegemaran atau hobi yang sama dalam memelihara jenis tanaman tertentu. Salah satu contoh komunitas pecinta tanaman yang ada di Indonesia misalnya Jogja Jateng Online Plant Seller (JOPS), yang dibentuk pada bulan September 2018 lalu.

Komunitas yang satu ini bukan hanya sekedar wadah bagi para anggotanya untuk bertukar ilmu dan wawasan tentang bisnis tanaman secara online, tapi seluruh anggotanya wajib untuk bersih dari riwayat penipuan terhadap pembeli.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian subsidiary institutions, karakterstik, dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.