Pengertian Matriarki, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Matriarki Adalah

Istilah matriarki menjadi sangat lazim dikenal dalam objek kajian sosiologi. Khususnya ketika mempelajari arti keluarga. Matriarki ini sejatinya  adalah sistem sosial di mana peran sosial ibu atau perempuan yang lebih tua memiliki otoritas mutlak atas kelompok keluarga.

Untuk di Indonesia sendiri, penerapan sistem matriarki ini bisa terlihat pada masyarakat Minangkabau, yang realitas sosialnya masyarakat Minangkabau (Sumatera Barat) meletakan perempuan dalam andil yang cukup besar.

Matriarki

Matriarki dalam perwujutan organisasi sosial senantiasa di mana ibu atau perempuan tertua adalah kepala keluarga, dan keturunan serta hubungan diperhitungkan melalui garis perempuan. Lembaga pemerintahan serta aturan sepenuhnya dalam tata kelola kehidupan diatur oleh seorang perempuan atau wanita.

Sehingga atas penjelasan singkat tersebutlah kebanyakan akademisi mengecualikan sistem nonpatriarkal egaliter dari matriarki yang didefinisikan dengan lebih ketat.

Pengertian Matriarki

Matriarki adalah sistem sosial yang berarti perempuan yang lebih tua memiliki otoritas mutlak atas individu dan kelompok keluarga dengan perluasan satu atau lebih seorang perempuan (seperti dalam sebuah dewan) menggunakan tingkat otoritas yang sama atas komunitas secara keseluruhan.

Pengertian Matriarki Menurut Para Ahli

Adapun definisi matriarki menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Merriam Webster, Matriarki adalah keluarga, kelompok, atau negara bagian yang diperintah oleh seorang ibu pemimpin, dimana suatu sistem organisasi sosial di mana keturunan dan warisan dilacak melalui garis perempuan.
  2. Your Dictionary, Matriarki adalah suatu bentuk organisasi sosial di mana ibu diakui sebagai kepala keluarga atau suku, keturunan dan kekerabatan yang dilacak melalui ibu. Pemerintahan, aturan, atau dominasi perempuan. Sehingga dalam hal ini kumpulan perempuan dalam posisi kekuasaan, terutama dalam sistem sosial atau komunitas semacam itu.
  3. Heide Gottner Abendroth, keengganan untuk menerima keberadaan matriarki mungkin didasarkan pada gagasan bias budaya tertentu tentang bagaimana mendefinisikan matriarki: karena dalam patriarki laki-laki menguasai perempuan, matriarki sering dikonseptualisasikan sebagai perempuan menguasai laki-laki, sementara dia percaya bahwa matriarki adalah egaliter.

Jenis Matriarki

Adapun jenis susunan hiraki dalam matriarki, antara lain sebagai berikut;

  1. Maternal centrality (sentralitas keibuan), yang memegang prinsip bahwa perempuan di atas laki-laki. Jenis masyarakat ini tidak mengarah pada subordinasi laki-laki, tetapi mengagungkan unsur perempuan, yang dianggap memegang kekuatan seluruh kehidupan.
  2. Gender complementarity (gender saling melengkapi), di mana kesetaraan gender dikembangkan melalui saling ketergantungan antara jenis kelamin. Meskipun pria dan wanita dapat memegang peran khusus jenis kelamin, peran tersebut dihargai sama, dan kedua jenis kelamin berfungsi bersama sebagai pelengkap satu sama lain.
  3. Gender triviality (kesepelean gender), di mana perbedaan gender diabaikan begitu saja. Dalam masyarakat seperti itu, baik laki-laki maupun perempuan dapat memegang peran yang sama dan terlibat dalam fungsi yang serupa.
  4. Gender unity (kesatuan gender), yang menganggap kedua jenis kelamin sama. Du menunjuk orang-orang Lapu di Dataran Tinggi Tibet di Cina barat daya sebagai contoh untuk jenis keempat ini.

Contoh Matriarki

Adapun untuk contoh penerapan dalam sistem matriarki ini, selain di Indonesia juga terdapat di berbagai belahan dunia. Misalnya saja

  1. Suku Khasi, India

India sebagai salah satu karakteristik negara berkembang pada 2011 terwujud masyarakat matriarkal, dimana masyarakat ini terdiri dari sekitar 1 juta. Ibu dan ibu mertua adalah satu-satunya orang yang diizinkan menjaga anak dan, menurut The Guardian, pria bahkan tidak berhak menghadiri pertemuan keluarga.

Terlebih lagi, ketika wanita menikah di suku Khasi, nama belakang mereka diturunkan, bukan nama suaminya. Wilayah yang menerapkan sistem tersebut berada di daerah bagian timur laut India. Khususnya berada di Negara Bagian Meghalaya.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca. Berkenaan dengan pengertian matriarki menurut para ahli, jenis, dan contohnya di masyarakat. Semoga mampu memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kalian yang sedang membutuhkan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *