Pengertian Klik dan Contohnya

Diposting pada

Klik Adalah

Bentuk kelompok sosial dalam permainan dan peranannya belum begitu tampak pengaruhnya pada masa kanak-kanak walaupun pada masa itu seorang anak sudah mempunyai sahabat-sahabat yang terasa dekat sekali dengannya. Sahabat tersebut mungkin saja anak tetangga, teman satu kelas, anak kerabat, dan seterusnya, yang mungkin diteruskan hingga usia remaja. Kelompok-kelompok tersebutlah pada dasarnya seringkali disebut dengan klik (clique).

Klik dalam objek kajian sosiologi sendiri menjadi sangatlah penting dipahami, alasannya dengan memahaminya maka secara langsung dapat memahami perkembangan arah pendidikan yang nantinya bisa memberikan dampak positif maupun mencagah adanya prilaku negatif.

Pengertian Klik (Clique)

Klik (clique) adalah Kelompok-kelompok ideal mempunyai peranan yang positif dalam membangkitkan motivasi belajar dan menunjang adanya keberhasilan mengenai studi ataupun dalam pengembangan kepribadian yang dimiliki oleh seorang anak.

Pengertian klik (Clique) Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi klik (clique) menurut para ahli, antara lain;

  1. Soerjono Soekamto

Menurutnya, peranan positif klik yang akan dialami terhadap arti remaja salah satunya adanya rasa aman dianggap penting dari keanggotaan suatu klik tertentu, dan penting inilah juga mendorong bagi perkembangan jiwa yang sehat. Oleh karena itulah dengan adanya klik seorang remaja dapat menyalurkan rasa kecewanya, rasa takut, rasa khawatir, rasa gembira, dan lain sebagainya. Sehingga nantinya mendapatkan tanggapan yang wajar dari rekan-rekannya seklik.

Dampak Klik

Dibalik adanya klik (clique), tentusanya akan memiliki berbagai peranan yang positif  dan negatif. Penjelasannya;

  1. Dampak Positif, Dampak baik dari adanya klik (clique) dalam pergaulan para remaja dan kehidupan anak-anak antara lain mampu beberikan rasa kenyamanan, karena secara naluriah keluarga mereka akan bisa memahami satu dengan yang lainnya.
  2. Dampak Negatif, dampak negatif klik (clique) dalam kehidupan remaja ialah menjadi salah satu faktor mendorong anggotanya untuk bersikap diskriminati terhadap yang bukan anggota klik (hal ini mungkin menimbulkan sikap dan perilaku yang kurang adil). Kondisi ini tentusaja akan menimbulkan banyak sekali permasalahan-permasalahan yang muncul dalam masyarakat.

Contoh Klik

Contoh Klik
Contoh Klik

Contoh mengenai klik (clique) dalam kehidupan sehari-harian. Yaitu;

  1. Kelompok Belajar LES

Adanya kelompok belajar les khususnya contoh kelompok sosial pembelajaran SBMPTN yang dilakukan beberapa siswa dari pendidikan formal yang berbeda ialah salah satu contoh nyata adanya klik yang bertujuan agar setiap siswa nantinya bisa lulus di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dengan jurusan yang diinginkan.

  1. RISMA (Remaja Masjid)

Kelompok sosial klik dalam yang ada dalam lembaga agama, misalnya saja dalam RISMA (Remaja Masjid) yang senantisa ada dalam setiap masjid yang ada di wilayah perkotaan dan pedesaaan. Perkumpulan ini bisanya menyelenggarakan kajian maupun memberikan dorongan kepada remaja lainnya untuk gemar melakukan ibadah di dalam masjid.

  1. Geng

Geng adanya salah satu bentuk kelompok remaja yang bisa tergolong sebagai klik. Alasannya karena diakui maupun tidak geng ini menjadi perkumpulan secara tidak resmi dalam kehidupan. Meskipun stigma terkait geng kadangkala menjukan sikap negatif.

Adapun cara untuk mengentasi kelompok yang negatif misalnya saja jikalau ada seorang remaja menjadi anggota geng klik tertentu, orangtua sebaiknya mempertimbangkan secara mantap terlebih dahulu sebelum memberikan suatu keputusan. Kalau klik tersebut memang cenderung kurang baik sehingga mungkin akan berkembang menjadi “gang”, remaja harus diberikan pengertian yang mendalam bahwa sebaiknya dia tidak menjadi anggota klik tersebut dan lebih baik mencari teman-teman lain.

Akan tetapi, jika pada fakta sosialnya klik yang diikuti oleh seorang anak atau anggota keluarga kita tersebut lebih banydianggap lebih banyak menghasilkan suatu hal-hal yang memiliki nilai positif bagi perkembangan dan motivasinya, terutama pada kepribadian anak, maka alangkah baikna jikalau orangtua untuk membiarkan menjadi anggota dalam klik tersebut, untuk selama-lamanya.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian klik menurut para ahli, dampak, dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan awasan dan juga pemahaman bagi segenap pembaca yang pada saat ini sedang membutuhkan refrensinya.

Rating: 3.0/5. From 4 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *