Pengertian Approved Institutions dan 5 Contohnya

Diposting pada

Approved Institutions Adalah

Ada beragam tipe lembaga sosial di masyarakat yang dibedakan berdasarkan pada penerimaan masyarakat. Salah satunya yaitu approved institutions. Dimana untuk arti lembaga sosial yang satu ini merupakan ciri lembaga sosial yang keberadaannya dapat diterima oleh masyarakat sehingga dapat dengan mudah diterima keberadaannya.

Contohnya saja adalah lembaga kesehatan, seperti rumah sakit. Dimana setiap orang yang sedang kurang enak badan, kecelakaan, atau terkena penyakit tertentu tujuan utamanya ialah rumah sakit.

Pengertian Institutions Approved

Approved institutions yang juga bisa disebut juga sanctioned institutions adalah lembaga sosial yang kehadirannya di tengah-tengah masyarakat dapat diterima dengan baik. Bahkan, adanya tipe lembaga sosial yang satu ini sangat dibutuhan oleh masyarakat dalam menunjuang kehidupan, alasannya lantaran memiliki fungsi atau manfaat dan tujuan yang jelas.

Contoh Institutions Approved

Untuk contoh-contoh approved institutions yang berkembang di masyarakat, diantaranya:

  1. Lembaga agama

Lembaga agama termasuk contoh approved institutions yang keberadaannya sangat penting bagi masyarakat karena berkaitan dengan keyakinan atau kepercayaan pada setiap diri individu. Adanya contoh lembaga agama tersebut menciptakan identitas dan representasi, serta menentukan sikap, emosi, dan perilaku individu.

Lembaga agama dibutuhkan untuk mengurus masalah-masalah yang terkait dengan keagamaan yang berkembang di masyarakat, baik itu dari agama Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, dan berbagai agama atau kepercayaan lainnya. Tujuan utama dibentuknya lembaga sosial agama tersebut yaitu untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

  1. Lembaga keluarga

Dalam objek kajian sosiologi, keluarga dianggap sebagai institusi sosial. Melalui orang tua dan anggota keluarga lainnya, individu belajar untuk menentukan tujuan dan harapan. Definisi keluarga mempengaruhi kebiasaan, keyakinan, dan nilai individu, dan membantu menentukan apa yang normal dan apa yang tidak.

Keluarga merupakan kesatuan (masyarakat) terkecil, yang secara spesifi termasuk salah satu contoh lembaga keluarga dalam approved institutions, karena keluarga memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya yaitu fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi, fungsi afeksi, fungsi ekonomi, fungsi pengawasan sosial, fungsi proteksi, dan fungsi pemberian status.

  1. Lembaga pendidikan (sekolah)

Lembaga pendidikan termasuk contoh approved institutions yang keberadaannya juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena di lembaga itulah orang-orang dari berbagai kelompok umur mendapatkan pendidikan. Lembaga pendidikan formal dan pendidikan nonformal tersebut meliputi penitipan anak, prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah atas, dan universitas.

Tujuan utama lembaga pendidikan adalah untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan untuk memastikan bahwa generasi masa depan memiliki pengetahuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, lembaga pendidikan memiliki kurikulum yang diikuti oleh semua lembaga pendidikan negara.

  1. Lembaga kesehatan

Lembaga kesehatan juga tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat karena berfungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat di wilayah kerjanya. Kesehatan dapat diartikan sebagai suatu keadaan badan, jiwa, dan sosial yang sejahtera, yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif, baik secara sosial maupun ekonomis. Contoh-contoh lembaga kesehatan misalnya rumah sakit, puskesmas, posyandu, klinik, balai kesehatan.

Lembaga-lembaga kesehatan tersebut berperan penting memantau kesehatan masyarakat dan menyediakan fasilitas kesehatan untuk membantu individu menjaga kesehatan, mengobati dan mencegah penyakit, serta menangani kecelakaan dan cedera. Pemberian layanan kesehatan di masyarakat dapat bervariasi satu sama lain. Hal itu dipengaruhi oleh akses, status sosial ekonomi, dan usia.

  1. Lembaga ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk mengatur produksi, pertukaran, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Lembaga ekonomi memiliki manfaat yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat, diantaranya yaitu meningkatkan pendapatan dan daya tahan ekonomi, wadah untuk belajar, berdiskusi dalam meningkatkan kegiatan usaha ekonomi; sebagai rumah bersama melakukan kegiatan sosial.

Contoh lembaga ekonomi misalnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan perusahaan.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian approved institutions dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa berhuna bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.