Pengertian Pembangunan Sosal Budaya, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Pembangunan Sosal Budaya Adalah

Pembangunan yang ada disuatu negara merupakan wujud implementasi atas hadirnya program yang dilakukan setiap pemerintah untuk mencapai segala kebaikan hidup masyarakat. Adapun bentuk pembangunan di masing-masing negara juga berbeda-beda sesuai dengan arti kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai.

Salah satu jenis pembangunan yang dilakukan oleh berbagai negara selain pembangunan ekonomi ialah pembangunan sosial budaya yang mencakup berbagai bidang didalamnya. Beberapa bidang dalam pembangunan sosial budaya ini tak terlepas dari bidang keagamaan, bidang sosial, bidang budaya, bidang politik, bidang kesehatan dan lain sebagainya.

Pembangunan Sosial Budaya

Susunan kata pembangunanan sosial budaya terbagi menjadi 3 kata yaitu pembangunan, sosial, dan budaya. Masing-masing kata tersebut memiliki maknanya sendiri. Dimana pembangunan adalah sebuah proses yang menyebabkan perubahan secara keseluruhan dalam berbagai bidang mulai dari bidang politik, ekonomi, infrastruktur, pendidikan, dan lain sebagainya. Pembangunan ini juga dipahami sebagai bentuk rangkaian atau rencana usaha dalam mencapai pertumbuhan dan perubahan hidup suatu bangsa agar menjadi lebih baik di kehidupan lingkungan masyarakat, pemerintah, maupun negara.

Sedangkan, kata sosial, maka kata tersebut berasal dari kata “socius”. Kata socius artinya ialah berkembang, lahir, dan tumbuh secara bersama-sama dalam suatu kehidupan didunia ini.  Selanjutnya arti kata budaya dianggap sebuah akal budi, adat-istiadat, dan pemikiran.

Selain itu budaya juga diartikan sebagai peraturan atau cara kehidupan yang berkembang dan dimiliki oleh kelompok-kelompok sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Pada umumnya budaya bersifat turun temurun, karena dari para leluhur akan mewariskannya dari satu generasi ke generasi berikutnya yang berkaitan dengan pemikiran, ide, pola pikir, maupun gagasan manusia.

Pengertian Pembangunan Sosial Budaya

Pembangunan sosial budaya adalah proses terjadinya perubahan dalam bidang sosial dan budaya dengan perencanaan yang telah matang demi tercapainya sebuah tuuan kesejahteraan masyarakat dan kualitas hidup masyarakat, serta ketahanan unsur budaya bagi seluruh masyarakat secara luas.

Jenis Prioritas Pembangunan Sosal Budaya

Pada dasarnya setiap pembangunan sosial dan budaya adalah bagian penting dari suatu prioritas pembangunan nasional yang ada diberbagai negara. Dimana dalam prioritas pembangunan nasional tersebut dibagi menjadi 3 macam yaitu;

  1. Meningkatkan kualitas hidup beragama
  2. Membangun kesejahteraan rakyat
  3. Ketahanan budaya

Akan tetapi dari berbagai bentuk prioritas tersebut maka pembangunan dilaksanakan melalui beberapa bidang mulai dari bidang sosial budaya, bidang pendidikan, dan bidang agama. Sehingga pembangunan sosial budaya juga diharapkan dapat memberi dukungan untuk masyarakat dalam mengembangkan berbagai hal khususnya mengenai program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Tujuan Pembangunan Sosial Budaya

Pembangunan sosial budaya yang memiliki banyak tujuan, diantaranya;

  1. Meningkatkan usia harapan hidup

Pembangunan sosial budaya yang merencanakan berbagai hal untuk mewujudkan kebaikan dalam kehidupan masyarakat ini salah satu titik fokusnya yaitu meningkatkan usia harapan hidup.

Perlu anda tahu bahwa semakin baik kualitas hidup manusia maka mereka akan memiliki jiwa produktivitas yang semakin baik. Artinya hal ini bisa membawa dampak yang positif pula untuk perkembangan hidup manusia karena dapat berkontribusi dalam dunia kerja, maupun hal-hal lainnya yang lebih produktif.

  1. Menurunkan laju pertumbuhan penduduk

Pembangunan sosial budaya yang erat kaitannya dengan berbagai penanganan masalah penduduk juga bertujuan untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk itu sendiri. Laju pertumbuhan penduduk merupakan suatu pergerakan yang terus naik sampai pada puncak tertinggi dalam suatu negara.

Apabila pertumbuhan ini tidak diimbangi dengan hal-hal pendukung lainnya seperti terbukanya lapangan kerja, tingkat pendidikan, dan tingkat kesehatan yang baik maka justru akan menimbulkan berbagai dampak yang lebih buruk lagi mengenai permasalahan kuantitas penduduk.

Oleh karena itu pembangunan sosial budaya hadir sebagai proses yang dilakukan untuk menyeimbangkan laju pertumbuhan penduduk tersebut.

  1. Menurunkan angka kelahiran total

Angka kelahiran yang semakin tinggi dalam suatu negara terkadang juga menjadi hambatan bagi negara itu sendiri untuk lebih berkembang.

Karena dengan semakin banyaknya angka kelahiran, namun tidak diimbangi dengan kesempatan kerja dan berbagai pendukung lainnya seperti tercukupinya kebutuhan, terjaminnya tingkat kesehatan yang semakin baik, justru akan menimbulkan permasalahan yang lain.

  1. Menurunkan angka kematian kasar

Pembangunan sosial budaya bertujuan pula untuk mengurangi jumlah angka kematian kasar. Caranya yaitu dengan berbagai program yang dilakukan dalam pembangunan tersebut.

Beberapa dampak baik atau positif apabila angka kematian semakin berkurang yaitu akan terbuka lebih lebar bagi orang-orang yang khususnya memiliki usia produktif untuk mengembangkan skill dan keahlian yang dimilikinya dalam meningkatkan kesejahteraan secara umum.

  1. Meningkatkan ketahanan sosial dan budaya

Pembangunan sosial budaya juga bertujuan untuk meningkatkan ketahanan sosial dan budaya dari berbagai bentuk yang dapat berpengaruh pada hal-hal buruk. Semakin baik ketahanan sosial dan budaya yang dimiliki masyarakat maka dapat menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat itu sendiri.

  1. Meningkatkan kedudukan dan peranan perempuan

Pembangunan sosial budaya jugab mengajarkan setiap manusia untuk menghormati dan menghargai berbagai bentuk perbedaan. Bahkan dalam pembangunan ini akan ditingkatkan kedudukan dan peranan perempuan dalam berbagai bidang. Agar perempuan tidak diperlakukan dengan rendah dan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki lainnya.

  1. Meningkatkan partisipasi aktif pemuda

Pembangunan sosial budaya yang perlu dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat di suatu negara ini tentunya dapat menarik partisipasi dari masyarakat secara umum. Selain itu, pembangunan ini juga bisa menarik perhatian para pemuda agar bisa ikut serta dan berjuang secara bersama untuk kemakmuran negara.

  1. Meningkatkan kebudayaan dan prestasi olahraga

Pembangunan sosial budaya yang bergerak dalam berbagai bidang ini juga bertujuan untuk meningkatkan kebudayaan sekaligus prestasi dalam bidang olahraga. Semakin meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap budaya maka hal ini akan berdampak pada rasa memiliki dan menjaga budaya dalam suatu negara.

Fungsi Pembangunan Sosial Budaya

Pembangunan sosial budaya juga memiliki fungsi utama yang dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Mewujudkan kesejahteraan rakyat

Pembangunan sosial budaya yang fokus pada berbagai bidang ini berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat karena pembangunan juga merencanakan hal-hal yang ada kaitannya dengan perekonomian suatu negara. Sehingga kesejahteraan rakyat menjadi fokus utama yang hendak dicapai dalam pembangunan ini.

Semakin baik tingkat kesejahteraan rakyat maka hal ini juga mempengaruhi semakin meningkatnya pula kualitas hidup masyarakat.

  1. Meningkatnya kualitas kehidupan yang layak dan bermartabat

Kualitas hidup yang layak dan bermartabat merupakan kualitas hidup yang penuh dengan pemenuhan segala kebutuhan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari beserta dengan semakin baiknya tingkat kepribadian yang dimiliki setiap orang.

  1. Memberi perhatian utama pada tercukupinya kebutuhan dasar

Fungsi terakhir pembangunan sosial budaya yaitu memperhatikan dengan baik segala kebutuhan dasar setiap orang. Kebutuhan adalah suatu hal yang menjadi hal pokok untuk kelangsungan hidup manusia baik dari contoh kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, maupun kebutuhan tersier.

Segala kebutuhan ini dapat mempertahankan kehidupan manusia untuk lebih baik lagi. Selain itu pembangunan sosial budaya memberikan perhatian khusus dengan tercukupinya segala kebutuhan dasar karena ingin mencapai sebuah tujuan kemakmuran yang bisa dirasakan oleh semua orang. Sehingga tidak akan ada suatu bentuk kesenjangan antar kehidupan manusia satu dengan yang lainnya.

Contoh Pembangunan Sosial Budaya

Pembangunan sosial budaya memiliki beberapa contoh diantaranya;

  1. Penyelenggaraan temu budaya dan dialog budaya
  2. Penyebarluasan informasi budaya
  3. Penulisan sejarah indonesia
  4. Penyelenggaraan festival seni pertunjukan
  5. Pengiriman misi kesenian ke luar negeri
  6. Pemugaran dan pemeliharaan benda cagar budaya
  7. Pembangunan lanjutan museum nasional
  8. Bantuan kepada organisasi/lembaga seni dan budaya
  9. Pembinaan perfilman nasional
  10. Preservasi dan alih media pustaka langka
  11. Pengembangan minat baca masyarakat
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa pembangunan sosial budaya pada hakekatnya terlepas dari sebuah proses pembangunan ekonomi. Alasannya karena pembangunan ekonomi sosial budaya saling berkaitan dan mendukung satu sama lain.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *