Manfaat Wawancara Secara Umum

Diposting pada
Kegunaan Wawancara
Ketika kita ingin memperloleh informasi maka kita perlu mencari sumber informasi tersebut. Sumber informasi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain pengamatan, berdasarkan referensi buku, berita koran, wawancara, dan lain-lain.

Apabila ingin mendapat informasi secara langsung dari seorang narasumber maka kita dapat melakukan wawancara terstruktur secara langsung yang tentusaja ada beragam manfaat wawancara secara umum yang biasa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam berbagai jenis penelitian sosial ataupun dalam dunia kerja (perusahaan).

Wawancara

Wawancara ialah percakapan antar dua orang atau lebih yang berperan sebagai pewawancara dan narasumber. Narasumber akan memberikan informasi sesui dengan kebutuhan kita. Wawancara dapat dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu.

Manfaat Wawancara

Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan kegiatan wawancara antara lain sebagai berikut;

  1. Menambah wawasan

Wawancara memiliki manfaat bagi seorang yang melakukan wawancara. Ketika ingin memulai wawancara pasti memiliki bekal pengetahuan untuk membuka pembicaraan, tapi tidak jarang banyak ilmu yang akan kita setelah melakukan wawancara. Wawancara tentu akan memperkaya pengetahuan kita.

  1. Kepentingan pribadi

Wawancara dapat dilakukan untuk kepentingan pribadi, untuk mendapatkan informasi tertentu. Wawancara lamaran kerja dapat termasuk dalam jenis wawancara ini.

Ketika melakukan wawancara lamaran kerja semua kegiatan untuk kepentingan pribadi dan tidak ada kaitan dengan pihak luar kecuali pemiliki usaha atau perusahaan. Wawancara ini biasanya berkaitan dengan pekerjaan yang akan dikerjakan seseorang untuk mencari calon pegawai yang cocok.

  1. Profesi

Manfaat ini dapat dirasakan oleh seorang wartawan, reporter, atau penulis. Informasi yang ada akan digunakan untuk pekerjaannya. Cara yang paling sering digunakan dan dapat dengan cepat memperoleh informasi sesuai dengan keinginan.

Tuntutan ini harus dipenuhi karena target dari pekerjaannya. Seorang yang memiliki profesi menyediakan informasi untuk orang lain dapat melakukan wawancara setiap hari, bahkan dalam satu hari bisa berpindah-pidah tempat.

  1. Kepentingan masyarakat

Wawancara dapat dilakukan karena desakan dari masyarakat. Wawancara ini berkaitan dengan kepentingan umum dan biasanya terjadi pada waktu tertentu saja.

Misalnya dalam melakukan wawancara kepada pembuat kebijakan yang dilakukan lembaga politik terkait kejelasan suatu kebijakan yang ada. Wawancara ini juga dapat berupa upaya klarifikasi kepada arti masyarakat atas permasalahan yang terjadi.

  1. Memberikan inspirasi

Wawancara yang dilakukan dengan orang yang memiliki prestasi atau inovasi tertentu. Ketika ada informasi tentang jalan orang tersebut untuk meraih kesuksesan sangat mungkin untuk menarik orang lain melakukan hal-hal yang positif.

Informasi seperti ini biasanya memang sengaja dibuat untuk menumbuhkan rasa empati dan semangat untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat atau membanggakan.

  1. Memberikan dorongan semangat

Ketika kita mendapat informasi hasil wawancara yang menunjukkan kesuksan kita diharapkan dapat lebih semangat dalam mengerjakan apa yang bisa kita lakukan. Hal tersebut sangat mungkin terjadi kepada seseorang yang mampu menerima informasi dengan baik. Dorongan semangat dapat berasal dari kisah inspiratif atau hal lain yang dapat menyentuh hati.

  1. Memotivasi sesama manusia

Memunculkan banyak hal positif yang membuat seseorang memiliki sudut pandang yang lebih luas. Ketika membaca atau mendengar berita yang membuat kita senang akan membuat kita malakukan hal yang sama dan tidak merasa putus asa.

Misal kita mendengar informasi tentang banjir berdasarkan hasil wawan cara seseorang mungkin kita akan merasa lebih bersyukur.

  1. Menghasilkan karya dalam bentuk tulisan

Karya tulis yang dapat dijadikan sebagai sumber bacaan bagi berbagai kalangan. Sumber bacaan tentu akan menambah pengetahuan kita tentang segala yang dimuat dalam bacaan tersebut. Misal bacaan tentang isu politik, ekonomi, sosial, atau yang lain. Tulisan apapun yang mengandung banya informasi yang jelas dan akurat.

  1. Mendapatkan informasi yang lengkap

Sesuai dengan tujuan wawancara mencari data atau melengkapi data maka akan didapat manfaat berupa manfaat mendapat informasi yang lengkap. Informasi ini tidak hanya pada satu orang tapi semua orang yang mau menyimak informasi yang disajikan. Semakin mendalam dalam menyajikan informasi maka akan semakin lengkap informasi yang akan didapat.

  1. Menjalin hubungan dengan orang lain

Hubungan sosial yang terjalin ini salah satu manfaat setelah melakukan wawancara. Ketika melakukan wawancara secara individu maka kita dapat mengenal dengan baik siapa narasumber kita. Jika yang diwawancara merupakan orang yang terkenal kita memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan pihak yang bersangkuta.

Bahkan kita dapat bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki profesi yang sama dan terhimpun dalam organisasi profesi. Tentu saja semakin banyak relasi akan semakin mudah memperoleh sumber-sumber informasi untuk melakukan wawancara.

Jenis Wawancara

Adapun macam-macam wawancara antara lain sebagai berikut;

  1. Wawancara bebas ialah pewawancara memiliki kebebasan untuk menanyakan apapun sesuai dengan data yang dibutuhkan, dengan syarat tidak lepas dari topik yang dibahas
  2. Wawancara terpimpin ialah wawancara yang dilaksanakan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang sudah ditentukan
  3. Wawancara bebas terpimpin ialah pewawancara memiliki beberapa daftar pertanyaan namun hanya inti pertanyaan saja, pewawancara dapat mengembangkan pertanyaan yang ada.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat wawancara dan jenisnya secara umum. Semoga bisa memberikan edukasi, referensi, dan literasi bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

Daftar Sumber Tulisan

Hardjana. A M. 2017. Komunikasi Intrapersona dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *