Macam Realitas Sosial dalam Masyarakat dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Realitas Sosial

Banyak hal yang terjadi di lingkungan sosial kita, baik yang direncanakan atau tidak direncanakan. Kejadian tersebut dapat kita sebut sebagai sebuah realitas dalam kehidupan sehari-hari. Ketika sudah terjadi peristiwa tertentu dapat kita katakan bahwa hal tersebut merupakan sebuah realita yang terjadi dalam kehidupan.

Keadaan tersebut bahkan manakala terjadi di lingkungan sosial maka dapat disebut realitas sosial. Oleh karena itulah sebagai pembahasan definisi istilah ini maka akan menambah pemahaman kita tentang jenis realitas sosial yang ada di masyarakat.

Realitas Sosial

Manusia dalam melakukan sesuatu pasti melakukan sebuah perencanaan terlebih dahulu, rencana yang telah disusun akan dilaksanakan. Ketika pelaksanaan mungkin terdapat hal-hal yang kurang sesuai, namun hal tersebut bukan masalah.

Keadaan yang terjadi yang dianggap tidak biasa dalam sebuah lingkungan. Kejadian yang menjadi sorotan dan nyatanya hal tersebut terjadi. Realitas sosial merupakan suatu contoh gejala sosial yang lahir dari perilaku manusia dalam kehidupan sosial.

Realitas sosial ini memiliki kaitan dengan kepercayaan seseorang. Kepercayaan yang dimaksud ialah agama. Agama merupakan salah satu hal yang menjadi pedoman dalam melakukan berbagai hal.

Orang yang melakukan sesuatu sesuai dengan ajaran agama pasti sudah mengetahui bagaimana menjadi manusia yang hakekatnya merupakan makhluk sosial. Pemahaman agama yang baik juga akan lebih mudah menerima keberagaman.

Apa Itu Realitas Sosial?

Realitas sosial adalah suatu fakta yang terjadi dan muncul di lingkungan masyarakat. Realitas ini bisa berupa keadaan yang normal atau sesuatu yang jarang terjadi di sekitar kita. Seseorang dapat mengatakan sebagai kejadian yang normal atau tidak normal.

Macam Realitas Sosial

Terdapat beberapa jenis realitas yang sering kita temui di lingkungan sosial. Berikut beberapa penjelasan yang bisa diberikan, antara lain;

  1. Konflik

Suatu realitas sosial yang pasti ada disetiap daerah pasti ada pro dan kontra. Ketika terjadi kontra maka akan terjadi konflik. Arti konflik ini bisa berkaitan dengan banyak hal, contoh konflik sosial, konflik antar kelompok, konflik individu, dan lain-lain.

Berdasarkan keadaan yang ada di lingkungan sekitar banyak pemicu yang membuat konflik tersebut terjadi. Jenis konflik sosial biasanya terjadi pada lingkungan dengan berbagai jenis bentuk dan penyebab. Konflik antar kelompok sebuah permasalahan yang disebabkan oleh permasalahan antar kelompok masyarakat.

Konflik individu mungkin tidak diketahui oleh masyarakat luas melainkan berkaitan dengan masalah pribadi yang mungkin hanya kedua belah pihak yang memahami permasalahan itu.

  1. Kesenjangan sosial

Salah satu yang harus diterima oleh masyarakat adalah adanya arti kesenjangan sosial. Secara umum memang tidak ada yang mengingkan kesenjangan dalam lingkungan masyarakat. Kesenjangan ini sangat mungkin terjadi dengan berbagai sebab yang membuat beberapa orang merasa lebih lemah dari pada individu lain.

Kesenjangan sosial dapat disebabkan oleh kemampuan individu atau kekuatan kelompok tertentu. Kesenjangan yang disebabkan oleh individu adalah perbedaan kerja keras antara orang satu dengan yang lain atau perbedaan kesempatan untuk melakukan suatu hal sehingga membuat salah satu pihak merasa tertinggal.

Kesenjangan yang disebabkan oleh kekuatan kelompok ialah kesenjangan yang disebabkan oleh suatu kebijakan yang membatasi ruang gerak kelompok tertentu. Misal adanya strata sosial, pemberlakuan tidak adil, dan lain-lain.

  1. Pelecehan seksual

Tindakan yang merugikan orang lain, namun kejadian ini benar adanya. Banyak kejadian pelecehan seksual yang ada di lingkungan kita sehingga menimbulkan berbagai jenis pandangan. Pandangan yang muncul biasanya akan menyudutkan pihak terkait dan menimbulkan masalah lain.

Permasalahan ini biasanya terjadi secara sengaja baik dengan orang terdekat atau orang tidak dikenal. Kenyataan ini memang terasa sulit untuk diterima.

Ketika kita melihat keadaan yang ada maka harus mampu menerima dan berusaha meredam segala permasalahan ini sehingga tidak terus berlanjut. Kenyataan buruk ini kadang membuat banyak orang merasa bingung dan menimbulkan banyak ketakutan.

  1. Masalah lingkungan

Manusia hidup di lingkungan memiliki berbagai jenis karakter dan tujuan hidup masing-masing. Manusia akan selalu melakukan apapun untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Ketika hal tersebut terjadi secara tidak sadar membuat orang akan mengejar keinginannya yang kadang menimbulkan permasalahan yang tidak disadari.

Salah satu masalah yang menjadi pekerjaan rumah dan terjadi berulang kali ialah masalah lingkungan. Permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan sekitar atau bahkan merusak lingkungan. Permasalah yang ada biasanya ditandai dengan adanya banjir, tanah longsor, pencemaran tanah, dan lain-lain.

Hal ini benar-benar terjadi di lingkungan kita yang kadang kurang diperhatikan oleh seseorang. Ketika permasalahan besar telah terjadi maka kita harus menerima segala hal yang akan ditanggung bersama sebagai wujud realitas sosial.

  1. Perilaku menyimpang

Setiap individu memiliki kewajiban untuk belajar di lingkungan. Pembelajaran tersebut didapat dari berbagai sumber. Lingkungan tersebut dapat dari lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Seseorang yang melakukan penyimpangan dapat diartikan sebagai orang yang kurang berhasil menyesuaikan dengan lingkungan atau kesalahan dalam melakukan penyesuaian lingkungan. Kesalahan dapat berasal dari diri seseorang atau kesalahan proses yang dilalui.

Bentuk perilaku menyimpang ini sangat mungkin terjadi di lingkungan masyarakat. Hal ini harus diterima ketika terjadi perilaku yang menyimpang. Walaupun kadang sulit diterima oleh masyarakat, tapi tetap ada di lingkungan kita.

  1. Gangguan mental

Manusia hidup dengan karakter dan ciri yang berbeda-beda. Terdapat orang yang terlahir dengan sempurna tanpa ada kekurangan sedikit pun, namun ada juga yang terlahir kurang sempurna.

Seseorang yang terlahir dalam keadaan sempurna kadang juga melewati masa yang cukup sulit yang membuat hal-hal yang tidak diinginkan kepada dirinya, karena tidak mampu menguasai diri. Salah satu masalah yang muncul ialah gangguan mental bawaan atau karena ada sebab.

Gangguan mental merupakan suatu kewajaran yang terjadi di lingkungan masyarakat. Sebagai sesama warga masyarakat perlu memberikan dukungan kepada keluarga serta menerima kenyataan tersebut. Gangguan mental merupakan bentuk dari realitas yang terjadi.

  1. Kenakalan remaja

Usia remaja merupakan usia dalam melakukan eksplorasi dan penjajakan pada sesuatu yang baru. Remaja cenderung memiliki rasa penasaran yang tinggi. Rasa penasaran tersebut timbul karena merasa mengenal dunia yang baru.

Ketika masa ini mereka cenderung melakukan banyak hal untuk mengekspresikan apa yang dirasakan dan ingin diketahui. Apabila hal tersebut berlebih maka akan menimbulkan sebuah permasalahan yang disebut kenakalan remaja.

Penyebab kenakalan remaja memang sebuah kenyataan yang sulit diterima, khususnya orang tua. Orang tua kadang kurang mampu memahami anaknya dan melakukan tindakan yang kurang tepat. Kenakalan remaja seharusnya mampu diatasi apabila komunikasi anak dan orang tua terjalin dengan baik.

  1. Masalah keluarga

Setiap individu pasti memiliki peran tersendiri dalam keluarga. Peran yang dijalankan harus melakukan komunikasi dengan semua anggota keluarga. Ketika melakukan hal tersebut kadang terdapat perbedaan pendapat, sehingga menimbulkan berbagai jenis masalah.

Permasalahan tersebut timbul namun harus mampu diselesaikan agar permasalahan tidak semakin membesar. Ketika terjadi masalah keluarga memang sesuatu yang sangar mungkin terjadi sehingga harus dipahami dengan baik dan menerima realitas tersebut.

  1. Usia lanjut

Manusia memiliki proses perkembangan mulai dari usia anak-anak sampai tua. Ketika memasuki usia lanjut maka segala hal yang dilakukan serba terbatas dengan kemampuan dan kekuatan.

Manusia harus mampu menerima kenyataan tersebut bahwa manusia pada akhirnya akan tiba pada usia lanjut. Ketika tiba masa ini harus dipahami dengan baik segala hal yang akan terjadi. Hal ini sangat wajar terjadi selama siklus hidup manusia.

  1. Kesehatan masyarakat

Hal ini menyangkut berbagai jenis bagian dari kehidupan manusia adalah kesehatan. Hal ini merupakan sebuah pokok yang membuat seseorang dapat bertahan hidup, dalam kondisi yang dialami. Kesehatan masyarakat bukan hanya kesehatan fisik tetapi juga mental.

Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan di lingkungan masyarakat agar tidak menjadi masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungannya.

Tujuan Realitas Sosial

Tujuan dari realitas sosial antara lain;

  1. Memahami dan menyadari kenyataan sosial yang terjadi dan masalah sosial yang ada di masyarakat
  2. Peka terhadap permasalahan sosial serta mampun menyelesaikannya
  3. Menyadari bahwa permasalahan yang terjadi di masyarakat merupakan sesuatu yang kompleks
  4. Dapat berkomunikasi dengan para ahli untuk mencegah terjadinya masalah sosial

Apabial seseorang telah memahami hakekat realitas sosial, maka tujuan tersebut dapat terlaksana tanpa baik diterima atau tidak oleh masyarakat. Kejadian yang tidak dapat ditolak atau diminta namun bisa direncanakan.

Demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis realitas sosial yang ada di masyarakat dan contoh penjelasannya. Semoga bisa memberi edukasi dan pemahaman bagi kalian yang membutuhkannya.

Daftar Sumber Tulisan
  1. https://blog.ruangguru.com/mengenal-realitas-sosial-dalam-kehidupan-bermasyarakat
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_sosial
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *