Macam Kontak Sosial di Masyarakat dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Kontak Sosial

Faktor terjadinya hubungan sosial dengan orang disekitar merupakan suatu hal yang wajib agar tidak terlihat aneh karena tidak seperti yang lain. Salah satu bentuk interaksi sosial dengan lingkungan adalah kontak sosial. Kontak sosial termasuk dalam interaksi secara langsung yang dilakukan oleh seseorang.

Hal ini tentusaja sangat wajar mengingat semua kepentingan manusia tidak dapat terlepas dari sebuah jenis kontak sosial. Baik kontak sosial kepada induvidu ataupun secara kelompok.

Kontak Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial, sehingga tidak mungkin dapat mengejakan semua hal sendirian. Bantuan orang lain dalam berbagai bidang yang tidak dikuasai merupakan hal yang wajib, sehingga manusia melakukan berbagai jenis kontak sosial sehingga membentuk sebuah hubungan.

Hubungan dalam lingkungan masyarakat sangat beragam. Melalui syarat interaksi sosial sehingga terjadi kontak sosial. Kontak sosial memiliki berbagai jenis cara yang membuat seseorang dapat berkomunikasi. Akan tetapi yang pasti, kontak sosial adalah bentuk hubungan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar.

Macam Kontak Sosial

Berikut merupakan beberapa macam kontak sosial yang ada di masyarakat. Antara lain;

  1. Primer

Pengelompokkan kontak sosial berdasrakan proses berlangsungnya salah satunya ialah kontak sosial primer. Kontak sosial ini terjadi dengan bertatap muka langsung dalam lokasi yang sama. Ketika seseorang berdiskusi dan berbincang-bincang secara langsung. Kontak sosial primer ini banyak dilakukan oleh orang yang bertemu di suatu tempat.

Contohnya saja seperti menggunakan bahasa isyarat, berjabat tangan, berbicara, tersenyum, dan lain-lain.

  1. Sekunder

Kontak sosial berdasarkan proses berlangsungnya yang kedua adalah kontak sosial sekunder. Kontak sosial sekunder dilakukan dengan bantuan alat komunikasi yang menghubungan antara pihak satu dengan yang lain. Hubungan antara dua pihak tersebut menggunakan perantara sebagai fasilitas  dalam melakukan kontak sosial.

Contohnya saja seperti berbicara melalui telepon, komunikasi melalui pesan elektronik, dan lain-lain.

  1. Kontak antar kelompok

Kontak sosial dilihat dari jumlah individunya yang pertama adalah adanya kontak sosial antara kelompok dengan kelompok. Hubungan ini biasanya berkaitan dengan kepentingan bersama. Kerjasama antar kelompok sangat perlu dilakukan untuk mempererat hubungan antara kelompok satu dengan yang lain dimana memiliki tujuan yang sama.

Contohnya saja seperti kelompok karang taruna antar desa ingin melakukan kegiatan bersama.

  1. Kontak antar individu

Komunikasi ini jelas terjadi di lingkungan ini, baik kepentingan bersama atau hanya sekedar bertemu dan berbincang-bincang. Kontak sosial ini paling sering terjadi bahkan tidak mungkin dalam sehari seseorang tidak melakukan kontak dengan orang lain.

Contohnya saja seperti memesan makanan, berbicara dengan teman, dan lain-lain.

  1. Kontak individu dengan kelompok

Kontak sosial dilihat dari jumlah individunya yang selanjutnya adalah kontak sosial individu dan kelompok. Komunikasi ini terjadi pada suatu kesempatan tertentu. Kadang kelompok masyarakat yang mengundang seseorang untuk menghadiri rapat atau pertemuan yang dilaksanakan oleh kelompok tersebut. Kontak sosial dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung.

  1. Kontak sosial langsung

Kontak sosial dalam prakteknya dapat dilakukan secara langsung. Berarti tidak menggunakan perantara apapun. Semua dilakukan dengan cara bertatap muka. Orang yang melakukan komunikasi ditempat yang sama dan dalam waktu yang sama.

Tanpa menggunakan alat bantuan apapun. Hal ini membuat seseorng betul-betul merasakan kontak sosial dengan laan bicaranya.

  1. Kontak sosial tidak langsung

Kontak sosial yang dilakukan menggunakan peratara atau alat tertentu. Alat ini digunakan untuk perantara dalam komunikasi. Alat yang digunakan sangat beragam tergantung pada keinginan kedua belah pihak yang melakukan komunikasi.

  1. Kontak sosial positif

Hubungan dalam kontak sosial memiliki tujuan yang berbeda-beda. Dilihat dari bentuk hubungan yang dilakukan ada positif dan negatif. Kontak sosial positif berarti melakukan kontak sosial dengan tujuan yang baik. Tujuan ini berkaitan dengan kegiatan yang akan memberikan dampak positif setelah melakukan hubungan ini.

  1. Kontak sosial negatif

Hubungan dalam kontak sosial memiliki tujuan yang berbeda-beda. Dilihat dari bentuk hubungan yang dilakukan ada positif dan negatif. Kontak sosial negatif berarti melakukan kontak sosial dengan tujuan suatu tindakan kejahatan atau merencanakan sesuatu yang merugikan orang lain.

Tujuan ini berkaitan dengan kegiatan yang akan memberikan dampak negatif setelah melakukan hubungan ini. Bahkan dampak negatif yang akan dilaksanakan ditujukan kepada orang lain.

  1. Kontak sosial kelompok dengan individu

Ada kalanya kelompok masyarakat berkunjung ke tokoh ada atau orang yang dituakan di suatu daerah dengan tujuan silaturahmi. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kontak sosial kelompok dengan individu. Kontak ini juga dapat terjadi secara langsung atau tidak langsung.

Contoh Kontak Sosial

Sedangkan untuk contoh kontak sosial yang ada di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Tersenyum ketika bertemu dengan orang lain, salah satu bentuk kontak dengan isyarat dengan orang disekitar kita. Senyuman melambangkan hal yang positif dalam pelaksanaan konta sosial.
  2. Menghadiri konferensi tingkat nasional, kehadiran kita dalam suatu tempat untuk melaksanakan tugas dari suatu tempat tertentu. Ketika mengikuti event pasti dapat menambah kontak sosial dengan sesama peserta konferensi.
  3. Belajar kelompok, interaksi dengan teman sesama kelompok merupakan bentuk interaksi yang intens. Bahkan kontak sosial dilakukan secara langsung dan berlangsung dalam beberapa waktu.
  4. Bersalaman dengan orang yang ditemui, kontak sosial yang dapat kita lihat secara langsung ialah ketika kita bertemu dengan orang lain. Hal ini sering dilakukan di Indonesia bahkan menjadi budaya.
  5. Mengirim barang via jasa ekspedisi, penggunaan jasa ekspedisi pengiriman barang merupkan suatu hal yang saat ini tidak dapat dihindari. Semua orang yang memiliki bisnis online pasti membutuhkan jasa eskpedisi dengan jumlah jasa ekspedisi yang sangat beragam.
  6. Memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada untuk komunikasi dengan orang lain, aplikasi yang digunakan dalam berbagai jenis kegiatan dan mendukung pelaksanaan kegiatan sehari-hari. Aplikasi ini juga memudahkan segala akses yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari..
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa kontak sosial dapat terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan individu, serta individu dengan individu. Hubungan ini berkaitan dengan orang banyak bukan hanya kepentingan diri sendiri.

Ketika kita melihat kondisi saat ini banyak orang yang memilih kontak sosial menggunakan media. Memang awal perubahan banyak yang tidak dapat menyesuaikan secara langsung. Ketika kita lihat saat ini sudah banyak orang yang mampu menyesuaikan diri dan melakukan kontak sosial dengan menggunakan media yang ada. Selama keberjalanan akhir-akhir ini semua orang bergantung dengan media yang ada.

Disisi lain, apabila kita berbicara dengan lawan bicara kita dapat dikatakan sebagai kontak sosial langsung. Berbeda lagi apabila kita menggunakan perantara misal handphone atau alat komunikasi lainnya. Hal ini akan menjadi jenis kontak sosial yang berbeda.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan jenis kontak sosial yang ada di Masyarakat dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *