Macam Fasilitas dan Contohnya

Diposting pada

Fasilitas Adalah

Fasilitas merupakan sesuatu yang dirancang, dibangun, dipasang, dan diadakan untuk melayani fungsi tertentu sehingga memberikan kenyamanan pada lingkungan sosial. Jadi, fasilitas memungkinkan kinerja seseorang atau masyarakat memiliki kinerja yang lebih mudah untuk melakukan pekerjaan atau tindakannya.

Fasilitas bisa berbentuk tempat, bangunan, sarana, prasarana, alat, jasa, sistem layanan, dan bentuk lainnya. Bagaimana fasilitas-fasilitas tersebut dibedakan? Siapa yang mengadakan fasilitas tersebut? Untuk apa dan untuk siapa fasilitas tersebut dibuat? Kita akan membahas pertanyaan tersebut pada artikel ini mengenai macam-macam fasilitas beserta contohnya.

Fasilitas

Fasilitas adalah segala sesuatu yang dapat memudahkan dan memperlancar pelaksanaan usaha, tindakan sosial, sampai pada kegiatan yang dilakukan. Fasilitas sendiri diadakan karena dibutuhkan bagi kehidupan masyarakat pada wilayah dan kondisi tertentu.

Sehingga dalam kondisi inilah keberadaan suatu fasilitas mengikuti fenomena sosial dalam definisi permintaan dan penawaran. Adapun untuk pengadaan fasilitas harus disesuaikan dengan kondisi kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya.

Keberadaan fasilitas memerlukan ruang. Fasilitas yang tersedia harus seimbang dengan kondisi keruangan tempat fasilitas tersebut berada. Selain itu, fasilitas juga mempunyai berbagai macam bentuk risiko. Apakah fasilitas tersebut gagal atau berfungsi dengan semestinya seperti robohnya bangunan, jalanan putus dan sebagainya.

Fasilitas dibangun, dioperasikan dan dipelihara menggunakan dana yang jumlahnya cukup penting baik fasilitas publik, fasilitas swasta atau milik pribadi. Sehingga fasilitas harus ditinjau dari beberapa aspek seperti fungsi, struktur, kapasitas beban, permintaan penyediaan, lingkungan sekitar, keuangan, siklus hidup, risiko, keuangan, dan organisasi pegelolanya.

Macam Fasilitas

Secara umum, fungsi fasilitas terbagi menjadi dua yakni fungsi memproduksi sesuatu (fisik) dan fungsi melayani sesuatu (non fisik).  Dengan kata lain fasilitas bisa dimaksudkan sebagai benda fisik yang diperlukan bagi berfungsinya infrastruktur dan tertempel pada infrastruktur.

Adapun macam-macam fasilitas beserta dengan contoh fisik dan non fisiknya yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut, antara lain:

  1. Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan adalah fasilitas berupa infrastruktur dan layanannya yang berfungsi untuk meningkatkan taraf kesehatan masayarakat mulai dari pencegahan, penanganan dan tindak lanjut, bahkan rehabilitasi. Fasilitas kesehatan baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta memiliki tujuan untuk memenuhi contoh hak masyarakat atas kesehatan yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Contoh Fasilitas Kesehatan
  1. Contoh Fisik: rumah sakit, rumah sakit jiwa, puskesmas, apotek, klinik bersalin, ambulan, laboratorium medis, instalasi medis, posyandu, klinik gigi, pusat rehabilitasi, klinik ortopedi, pusat radiologi, fasilitas bedah, peralatan pelindung diri (masker), ruang jaga pasien, pusat reflexi,
  2. Contoh Non fisik: BPJS, pelayanan informasi kesehatan, asuransi kesehatan, pelayanan konsultasi kesehatan, layanan psikiatris, telehealth (perawatan dan pendidikan kesehatan jarak jauh), sistem keamanan pasien, sistem keamanan dan kesehatan pangan (BPOM)
  1. Fasilitas Pendidikan

Fasilitas dalam lembaga pendidikan adalah fasilitas yang disediakan untuk setiap orang sehingga mereka menggunakan setiap kesempatan untuk mengembangkan potensinya. Fasilitas pendidikan bukan hanya sekolah, namun juga property dan layanan di luar sekolah.

Tujuan pengadaan fasilitas kesehatan adalah untuk mempengaruhi pendidikan, prestasi akademik dan minat bakat masyarakat.

Contoh Fasilitas Pendidikan
  1. Contoh Fisik: sekolah umum (TK, SD, SMP, SMA/SMK), sekolah inklusi, home schooling, yayasan, universitas, perpustakaan, taman baca, museum, politeknik, laboratorium komputer, laboratorium sains, pusat pengembangan anak, pusat pelatihan minat dan bakat, pusat penelitian, fasilitas telekonferensi.
  2. Contoh Non fisik: Beasiswa, program wisata belajar, kunjungan siswa, layanan konsultasi pendidikan, sistem administrasi sekolah, sistem keamanan dan kenyamanan belajar, fasilitas pendidikan jarak jauh, layanan informasi pendidikan
  1. Fasilitas Perekonomian dan Perbelanjaan

Fasilitas ini mengacu pada layanan yang mendukung sistem operasi dan kegiatan dalam contoh lembaga ekonomi, keuangan, dan pengembangan sektor ekonomi lainnya. Fasilitas ini seperti roda pembangunan yang tanpa fasilitas-fasilitas ini, sistem ekonomi tidak bisa berjalan dengan baik.

Contoh Fasilitas Perekonomian dan Perbelanjaan
  1. Contoh Fisik: Pabrik, pasar, supermarket, minimarket, toko kelontong, bank, mesin atm, koperasi, restoran, perhotelan, ruko, pegadaian, grosir, retail, tempat penukaran uang asing, pos dan pengiriman, kedai, counter pulsa
  2. Contoh Non fisik: kredit usaha rakyat, program bantuan keuangan, toko online, dompet online, fasilitas PPh, fasilitas pembuatan merk dagang dan hak cipta, jasa distribusi barang, jasa asuransi, sistem manajemen keuangan, jasa akuntan
  1. Fasilitas Umum

Fasilitas umum adalah fasilitas atau bagian dari fasilitas yang dibangun atas nama atau untuk penggunaan entitas publik yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

Setiap kota dan kabupaten mempunyai perencanaan fasilitas umum yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi wilayahnya. Sehingga fasilitas umum dibuat tidak untuk mendapat keuntungan, namun untuk mempermudah kepentingan masyarakat.

Contoh Fasilitas Umum

Contoh Fisik: jalan, jalan layang, jalan tol, selokan, saluran irigasi, jembatan, tempat pembuangan sampah, trotoar, halte, pembangkit tenaga listrik, jalur bus, kanal banjir, stadion, ruang terbuka hijau, drainase, rambu lalu lintas

Contoh Non Fisik: free wifi, bebas parkir, distribusi air bersih, jaringan telekomunikasi, jaringan listrik, subsidi listrik, sistem transit publik, sistem pengontrol lalu lintas

  1. Fasilitas Transportasi

Fasilitas transportasi adalah semua moda yang dimiliki publik dan sarana untuk mengangkut orang dan barang, termasuk fasilitas fisik dan jasa. Tujuan diadakannya fasilitas transportasi adalah untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan sistem transportasi bagi masyarakat. Fasilitas ini bisa diadakan oleh pemerintah maupun swasta.

Contoh Fasilitas Transportasi
  1. Contoh Fisik: transportasi udara (pesawat terbang, helicopter), transportasi darat (becak, sepeda, sepeda motor, mobil, bus, kereta api, delman, bajai, truk), transportasi air (kapal barang, kapan penumpang, perahu, sampan), bandara, terminal, stasiun, pemberhentian bus, kantor pos, tempat cucian motor, bengkel
  2. Contoh Non Fisik: jasa antar barang, distribusi bahan bakar, akses ojek online, informasi perjalanan, informasi kondisi lalu lintas, layanan ticketing
  1. Fasilitas Hiburan dan Olahraga

Fasilitas ini adalah bangunan atau sistem layanan yang digunakan untuk tujuan olahraga, hiburan dan pameran. Fasilitas ini bisa diadakan oleh individu, swasta atau pemerintah. Jadi, fasilitas ini juga bisa dijadikan untuk mengambil keuntungan.

Contoh Fasilitas Olahraga
  1. Contoh Fisik: taman hiburan, kebun binatang, tempat wisata dan rekreasi, taman kota, bioskop, tempat penginapan, arena bermain, pusat foto, tempat olahraga (lapangan sepakbola, lapangan golf, lapangan basket, lapangan tenis, pusat bowling, meja bilyard, pusat gym, arena senam, ring tinju), pemandian air panas.
  2. Contoh Non Fisik: pemandu wisata, informasi wisata, pelatihan olahraga, bebas biaya masuk
  1. Fasilitas Sosial

Fasilitas sosial adalah fasilitas yang diadakan untuk tujuan sosial kemasyarakatan. Fasilitas sosial tidak berfungsi untuk memperkaya pihak yang mengadakan fasilitas, namun untuk kesejahteraan sasaran pengadaannya untuk kepentingan organisasi sosial. Adapun biaya yang dikenakan dalam pemanfaatan fasilitas ini adalah untuk perawatan dan peningkatan kualitas fasilitas.

Contoh Fasilitas Sosial
  1. Contoh Fisik: panti asuhan, panti jompo, rumah susun, asrama, tempat pemakaman umum, pusat komunikasi, gedung serbaguna, pusat pendampingan anak, lembaga bantuan hukum
  2. Contoh Non Fisik: subsidi sembako, subsidi perumahan, jaminan sosial, jaminan kecelakaan, pelatihan minat bakat
  1. Fasilitas Keagamaan

Fasilitas keagamaan adalah fasilitas yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas ibadah masing-masing individu. Fasilitas ini bisa diadakan oleh masyarakat umum, swasta atau pemerintah. Bukan hanya tempat atau sarana ibadah saja yang termasuk dala fasilitas ini.

Semua unsur non fisik yang mendukung dan mempermudah proses peribadatan termasuk dalam jenis fasilitas ini.

Contoh Fasilitas Agama
  1. Contoh Fisik: masjid, pure, wihara, gereja, klentheng, tempat ibadah lainnya, kantor keagamaan
  2. Contoh Non Fisik:  siaran pers penentuan hari raya, informasi hari besar keagamaan, pendidikan agama, pelatihan ibadah
  1. Fasilitas Pelengkap Bangunan

Fasilitas ini biasa digunakan sebagai pelengkap sebuah bangunan atau gedung, Tanpa fasilitas ini, bangunan tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Rumah tidak akan lengkap tanpa fasilitas ini. Hotel, apartemen, dan gedung lainnya juga akan memiliki nilai komersiil tinggi apabila pengadaan fasilitas ini lebih dimaksimalkan.

Contoh Fasilitas Bangunan
  1. Contoh Fisik: kamar mandi, kamar tidur, dapur, ruang makan, kolam renang, garasi, toilet, ruang tamu, tempat parkir, taman, ruang tunggu, titik kumpul, ruang bebas rokok, lift, eskalator, tangga, akses khusus disabilitas, wastafel, resapan air, fufniture,
  2. Contoh Non Fisik: sistem keamanan bangunan, layanan penginapan, layanan cleaning service, layanan laundry, layanan cathering
  1. Fasilitas Pemerintahan

Fasilitas pemerintahan merupakan fasilitas yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah terhadap masyarakatnya.

Sesuai dengan namanya, fasilitas ini disediakan dan diadakan oleh pemerintah demi kelancaran kepentingan masyarakat, mulai dari kepentingan kependudukan, keamanan, kenyamanan, ketertiban umum, kepentingan administrasi masyarakat dan sebagainya.

Contoh Fasilitas Pemerintahan
  1. Contoh Fisik: Kantor kelurahan, kantor kabupaten, kantor kecamatan, kantor perpajakan, kantor agraria, kantor pengadilan, pos polisi, kantor polisi, dinas kependudukan, TPS
  2. Contoh Non Fisik: layanan aduan masyarakat, layanan informasi pemerintahan, sistem penyiaran pemerintah, bantuan hukum, penyediaan pengacara, layanan kependudukan

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami selesaikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan macam-macam fasilitas dan contohnya yang ada di masyarakat. Semoga bisa memberi edukasi, referensi, serta literasi bagi kalian yang saat ini membutuhkannya.

Sumber Tulisan
  • http://iptek.its.ac.id/index.php/jmaif/article/download/4225/3035
  • http://www.rand.org/topics/educational-facilities.html
  • https://www.toppr.com/guides/civics/public-facilities/know-your-public-facilities/
  • https://www.lawinsider.com/dictionary/transportation-facilities
No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *