Pengertian Kepribadian Plegmatis, Ciri, Kelebihan, Kelemahan, dan Contohnya

Diposting pada

Kepribadian Plegmatis Adalah

Kepribadian bisa dikatakan sebagai istilah dalam contoh psikologi sosial yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Atau dengan kata lain arti kepribadian ini mewakili karakteristik orang yang menjelaskan pola perasaan, pemikiran, dan perilaku yang konsisten. Disisi lainnya, ada empat tipe kepribadian yang perlu kita ketahui, dua diantaranya yaitu kepribadian plegmatis dan koleris, sedangkan dua tipe kepribadian lainnya yaitu sanguinis dan melankolis.

Namun yang pastinya, khususnya kepribadian plegmatis adalah tipe kepribadian yang cenderung menghindari konflik sosial dan selalu berusaha menengahi antar sesama untuk memulihkan perdamaian dan juga keharmonisan dalam keteraturan sosial di masyarakat.

Kepribadian Plegmatis

Kepribadian plegmatis adalah bagian daripada adanya kepribadian seseorang yang sederhana, menyenangkan, dan intuitif. Dimana untuk seseorang dalam tipikal kepribadian ini memiliki keterampilan yang luar biasa untuk mengumpulkan fakta, mengklasifikasikannya ke dalam kategori yang berbeda, dan kemudian melihat hubungan antara elemen yang tampaknya bertentangan.

Sehingga pada dasarnya, hal tersebut merupakan kemampuan untuk membaca suatu hal yang tersirat. Pria dan wanita plegmatis tidak pandai menghafal fakta-fakta terpisah yang tidak berhubungan, sehingga membuat mereka menjadi bosan dan kesal. Agar senang dengan prosesnya, mereka harus bisa menggeneralisasi. Adapun karir yang ideal untuk tipe kepribadian plegmatis misalnya perawat, guru, psikolog atau konselor, pelayanan sosial, dan lain-lain.

Pengertian Kepribadian Plegmatis Menurut Para Ahli

Adapun definisi kepribadian plegmatis menurut para ahli, antara lain;

  1. Patty (1982), Plegmatis adalah bagian daripada tipikal kepribadian yang laman dan tidak mudah tergerakan oleh masa lantaran adanya pengaruh lendir dalam paradigma kehidupannya. Namun memiiki sikap emati dan simpati yang tinggi.

Ciri Kepribadian Plegmatis

Seseorang yang memiliki kepribadian plegmatis dapat ditunjukkan oleh beberapa karakteristik berikut ini:

  1. Orang yang bisa tampil pemalu

Ketika pertama kali bertemu dengan seseorang yang memiliki kepribadian plegmatis, kita mungkin akan berpikir bahwa mereka cukup pemalu dan sederhana. Hal itu disebabkan karena mereka cenderung tenang dan santai hampir sepanjang waktu. Atau dengan kata lain, mereka tidak suka mengguncang perahu atau menantang otoritas.

  1. Orang yang merasa lebih senang ketika dapat membantu

Jika kita ingin melakukan sesuatu dengan senyuman, tanyakan pada tipe kepribadian plegmatis. Mereka kooperatif dan suka membantu serta ingin berkontribusi pada kebahagiaan orang lain. Ini adalah tipe orang yang menganggap kebutuhan banyak orang lebih penting daripada keinginan segelintir orang.

  1. Orang yang memiliki rasa kewajiban

Tipe kepribadian plegmatis merasakan kewajiban yang besar untuk melakukan hal yang benar. Hal itu bermanifestasi dalam beberapa cara. Misalnya, dari menjadi sukarelawan kegiatan amal hingga menyumbangkan uang kepada para tunawisma.

Mereka percaya pada dunia yang lebih adil untuk semua orang dan tidak dapat memahami mengapa ketidakadilan terjadi.

  1. Orang yang memiliki sikap empati

Orang yang memiliki tipe kepribadian plegmatis tidak hanya merasakan empati, tapi mereka juga ingin mengetahui semua pikiran terdalam dan tergelap kita. Hal tersebut agar mereka dapat lebih merasakan apa yang kita alami. Mereka akan berusaha untuk memahami pengalaman kita sehingga mereka dapat berada dalam posisi yang lebih baik untuk membantu kita.

  1. Orang yang memiliki kecenderungan untuk menyalahkan diri sendiri ketika terjadi kesalahan

Karena orang yang plegmatis begitu berempati, mereka akibat daripada tidakan ini biasanya merasakan penderitaan orang lain lebih akut dan dengan demikian, memiliki rasa bersalah karena mereka tidak dapat membantu meringankan rasa sakit tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Plegmatis

Adapun untuk kelebihan dan kelemahan seseorang yang memiliki kepribadian plegmatis yaitu:

  1. Kelebihan

Diantaranya;

  1. Orang yang plegmatis bekerja dengan lambat tapi gigih, jika pekerjaannya tidak membutuhkan banyak pemikiran
  2. Plegmatis dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan, jam kerja yang panjang, dengan kinerja yang stabil
  3. Plegmatis tidak mudah putus asa oleh kegagalan atau penderitaan. Dia tetap tenang, bijaksana, serta memiliki penilaian yang sadar dan praktis
  4. Plegmatis menikmati lelucon yang bagus dan tahu cara menceritakannya
  1. Kelemahan

Antara lain;

  1. Plegmatis cenderung sangat santai, seringkali malas dan melalaikan tugasnya
  2. Plegmatis tidak punya ambisi. Cita-cita dan tujuan yang tinggi hanya memiliki sedikit daya tarik bagi individu berkepribadian plegmatis
  3. Plegmatis tidak menunjukkan minat pada peristiwa atau kejadian di sekitarnya. Hal itu dapat mencakup orang lain juga, yang dapat menyebabkan egoisme
  4. Phlegmatis tahan terhadap perubahan. Kecenderungannya untuk apatis membuat perubahan menjadi sangat sulit

Contoh Tokoh yang Memiliki Kepribadian Plegmatis

Adapun untuk contoh tokoh yang digambarkan memiliki kepribadian plegmatis. Antara lain;

  1. Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah salah satu contoh yang menggambarkan bahwa ia memiliki bagian kepribadian plegmatis. Alasannya karena mantan Presiden Afrika Selatan ini telah mampu untuk menyatukan hubungan sosial masyarakat antara kulit putih dan kulit hitam. Prihal ini sosok Nelson Mandela dikenal dengan gerakan antiaparthei.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kepribadian plegmatis menurut para ahli, ciri, kelebihan, kelemahan, dan contoh tokoh yang memiliki kepribadian ini. Semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.