Contoh Kemiskinan Kultural dan Struktural di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kemiskinan Kultural dan Struktural

Kemiskinan sangat erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat dan dapat menjadi suatu acuan untuk melihat seberapa maju negara berdasarkan standar hidup masyarakat di dalam sebuah negara tersebut. Kemiskinan sudah menjadi penyebab masalah sosial yang mengeglobal, di mana setiap negara memiliki masyarakat yang hidup berada di bawah garis kemiskinan. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai contoh-contoh kemiskinan kultural dan struktural.

Kemiskinan

Kemiskinan adalah sebuah kondisi dimana seseorang tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan, serta kesehatan dan pendidikan yang layak.

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Adapun menurut pendapat para ahli, definisi kemiskinan, antara lain;

  1. Suparlan, Menurut Suparlan, kemiskinan merupakan sebuah standar tingkat hidup yang rendah akibat kekurangan materi di sejumlah atau golongan masyarakat.
  2. Hall dan Midgley, Kemiskinan adalah kondisi deprivasi materi dan sosial yang menyebabkan seorang  individu hidup di bawah standar kehidupan yang layak.
  3. Friedman, Friedman berpendapat bahwa penyebab kemiskinan adalah keadaan ketidaksamaan kesempatan seorang individu untuk memformulasikan kekuasaan sosial yang berupa asset, sumber keuangan, organisasi sosial politik, jaringan sosial, barang atau jasa, pengetahuan dan keterampilan, serta informasi.
  4. Faturachman dan Marcelinus Molo, Menurut Faturachman dan Marcelinus Molo, kemiskinan merupakan ketidakmampuan seseorang individu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.
  5. Levitan, Kemiskinan adalah kekurangan seorang individu terhadap barang dan jasa yang dibutuhkan untuk mencapai standar hidup yang layak.

Kemiskinan Kultural dan Struktural

Sedangkan secara global definisi pada salah satu jenis kemiskinan ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Kemiskinan Kultural

Kemiskinan kultural merupakan bentuk kemiskinan yang terjadi akibat adanya sikap dan unsur budaya masyarakat yang cenderung santai dan tidak memiliki motivasi  untuk memperbaiki taraf hidupnya menjadi lebih baik.

Kemiskinan Struktural

Pengertian kemiskinan struktural merupakan kemiskinan yang terjadi sebagai akibat adanya struktur sosial yang tidak mampu menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia.

Contoh Kemiskinan Kultural dan Struktural

Untuk memperjelasanya terkait penjelasan tersebut, berikut adalah contoh kemiskinan kultural dan struktural yang ada di masyarakat, diantaranya;

  1. Kepercayaan masyarakat pada pepatah banyak anak banyak rejeki yang mendorong masyarakat memiliki banyak anak, namun dalam kesehariannya. (Kemiskinan Kultural)
  2. Adanya anggapan bahwa rejeki telah diatur oleh Tuhan. Sehingga, masyarakat lebih menerima nasib dibanding berusaha. (Kemiskinan Kultural)
  3. Budaya masyarakat yang koruptif yang menyebabkan orang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin. (Kemiskinan Kultural)
  4. Suku Baduy yang hingga saat ini mempertahankan adat istiadat dan menolak adanya kemajuan jaman teknologi. (Kemiskinan Kultural)
  5. Masyarakat yang bertahan dalam lingkar kemiskinan dan mengharapkan bantuan dari pemeritah. (Kemiskinan Kultural)
  6. Merasa bahwa diri tidak memiliki potensi dalam pekerjaan sehingga memilih untuk menganggur. (Kemiskinan Kultural)
  7. Memiliki sikap bermalas-malasan dan tidak cekatan dalam mengambil peluang dalam lapangan pekerjaan. (Kemiskinan Kultural)
  8. Mempergunakan uang untuk kesenangan semata dan mengabaikan kehidupan selanjutnya. (Kemiskinan Kultural)
  9. Memilih untuk mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidup. (Kemiskinan Kultural)
  10. Mengandalkan harta yang dimiliki oleh orang tua untuk keberlangsungan hidupnya. (Kemiskinan Kultural)
  11. Penduduk asli Papua yang hingga saat ini berada di bawah garis kemiskinan akibat tidak memiliki keterampilan dalam mengelola sumber daya alam sedangkan sumber daya alam seperti emas melimpah. (Kemiskinan Struktural)
  12. Seorang pemuda yang baru saja lulus dari perguruan tinggi enggan untuk mencari pekerjaan karena tidak percaya diri akan kemampuannya di bidang pekerjaan. (Kemiskinan Struktural)
  13. Akibat bencana alam yang menyapu seluruh harta benda masyarakat di daerah X, masyarakat kini bergantung pada bantuan dari pemerintah. (Kemiskinan Struktural)
  14. Penggusuran lahan oleh pemerintah menyebabkan masyarakat sekitar kehilangan tempat tinggal dan lahan tanahnya. (Kemiskinan Struktural)
  15. Masyarakat di daerah X yang banyak kehilangan lapangan pekerjaan akibat banyaknya investor yang mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri. (Kemiskinan Struktural)

Itulah tadi penjelasan terkait dengan beragam contoh kemiskinan kultural dan kemiskinan struktural yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *