Jenis Kejadian Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Kejadian Sosial Adalah

Kejadian sosial pada hakekatnya bisa dipengaruhi oleh berbagai bentuk perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sebagai akibat dari tindakan masyarakat itu sendiri. Kejadian sosial ini bisa terjadi dalam berbagai bidang, diantaranya yaitu ekonomi, unsur budaya, psikologi, dan lain-lain.

Adapun untuk secara umum faktor penyabab kejadian sosial bisa berupa faktor kultural atau arti budaya, maupun faktor struktural. Hal ini dapat dilihat di sekitar kita yang terjadi banyak contoh terjadinya kejadian sosial, misalnya pengangguran, pergaulan bebas di kalangan remaja, dan lain-lain.

Kejadian Sosial

Kejadian sosial adalah aspek yang sangat penting dalam objek kajian sosiologi, bahkan menjadi bagian dari arti aksiologi yaitu ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang hakikat nilai sosial ditinjau dari sudut kefilsafatan. Atau bisa juga dikatakan bahwa aksiologi adalah nilai kegunaan ilmu, penyelidikan tentang prinsip-prinsip nilai.

Atas dasar inilah kejadian sosial merupakan suatu bentuk gejala sosial atau peristiwa sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarkat. Sehingga kategori kejadian sosial sangat luas dan rumit, namun prinsip dasar dari kajdian sosial adalah bahwa fenomena tersebut diciptakan oleh masyarakat, bukan merupakan sesuatu yang terjadi secara alami di dunia, seperti gempa bumi, virus, atau cuaca dan lain sebagaunya.

Jenis Kejadian Sosial

Adapun untuk macam-macam kejadian sosial dalam berbagai bidang, antara lain:

  1. Ekonomi

Kejadian sosial dalam bidang ekonomi salah satu contoh fenomena sosial yang berkaitan dengan permasalahan dalam pekonomian. Dalam hal ini misalnya saja seperti kemiskinan, pengangguran, kesenjangan penghasilan, dan lain sebagainya.

  1. Budaya

Kejadian sosial dalam unsur budaya bisa dikatakan sebagai bagian arti fenomena sosial yang terjadi karena adanya perbedaan antar sifat kebudayaan, baik antar- kebudayaan lokal maupun perbedaan dengan kebudayaan internasioanal.

Dalam hal ini misalnya kebudayaan yang berasal dari Korea Selatan atau yang lebih sering dikenal dengan K-Pop menjadikan banyak masyarakat Indonesia yang mengenal kebudayaan Korea tersebut.

Contoh Kejadian Sosial

Adapun untuk berbagaia contoh kejadian sosial yang terjadi di masyarakat, antara lain;

  1. Konflik antara Palestina dan Israel

Dalam hal ini, tindakan dan retorika masing-masing pihak secara konstan mempengaruhi individu dalam kelompok tersebut, dan selanjutnya mengubah cara mereka berperilaku dan cara mereka memandang pihak lain.

Pada dasarnya, dalam konteks kejadian sosial, kejahatan dan tindak kekerasan lainnya sangat berpengaruh dalam membentuk perilaku atau opini kita terhadap subjek tertentu. Misalnya,  perilaku kriminal seseorang yang dilakukan terhadap kita, telah memengaruhi rasa aman bagi diri kita, baik secara fisik maupun emosional, dan mengubah cara kita berperilaku dan berpikir.

  1. Mudik lebaran

Mudik merupakan kejadian sosial. Mudik bahkan telah menjadi sebuah budaya yang biasanya dilakukan menjelang lebaran, mengingat sebagian besar penduduk Indonseia adalah seorang muslim. Tujuan dari kegiatan mudik adalah untuk menghabiskan waktu di kampung halaman bersama dengan keluarga dan menyambung tali silaturahmi.

  1. Kelebihan jumlah penduduk

Kepadatan penduduk adalah jumlah individu per satuan luas geografis, misalnya jumlah per meter persegi, per hektar, atau per kilometer persegi. Indonesia merupakan salah stau negara yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi.

Kepadatan penduduk yang tertalu tinggi akan menyebabkan kelebihan jumlah penduduk atau dikenal dengan over population akan berdampak negatif diantaranya yaitu munculnya permukiman kumuh atau slum, kemiskinan, kriminalitas dan lain sebagainya.

  1. Kriminilaitas

Kriminalitas adalah kejadian sosial berupa pelanggaran terhadap hukum.  Kriminalitas menyebabkan sutau kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarkat.

Kriminolog umumnya mengelompokkan kejahatan ke dalam beberapa kategori utama yaitu kejahatan dengan kekerasan, kejahatan properti, kejahatan kerah putih, kejahatan terorganisir, dan kejahatan konsensual atau tanpa korban.

Kriminalitas dapat terjadi disebabkan oleh banyak hal, tapi akar penyebab kriminalitas adalah  kemiskinan, pengangguran, rasisme, lemahnya atau rendahnya tingkat pendidikan, penyakit mental, alkoholisme, broken home, pergaulan bebas, dan masyarakat yang mementingkan diri sendiri atau  keserakahan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa kejadian yang berasal dari Bahasa Yunani “phainomenom, yang artinya “apa yang terlihat”. Sehingga untuk istilah kejadian sosial ini mengacu pada suatu gejala atau peristiwa yang telah terjadi dan dapat diamati dalam suatu kehidupan sosial. Gejala sosial tersebut dapat dipengaruhi oleh adanya perubahan sosial.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan macam-macam kejadian sosial di masyarakat dan contohnya yang terlihat dalam kehidupan pada saat ini.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *