Fungsi Pranata Sosial dalam Masyarakat dan Contohnya

Diposting pada

Fungsi Pranata Sosial di Masyarakat

Pranata sosial menjadi salah satu element penting dalam proses sosial dan interaksi sosial pada pengendalian sosial di masyarakat. Alasannya tanpa adanya aturan yang berlaku mustahil masyarakat akan terbiasa dengan pola kehidupan yang penuh ketertiban.

Apalagi di era sekarang ini, dimana berbagai aspek globalisasi dalam kehidupan terus menerus mengalami kemajuan sehingga membuat aturan dan norma sosial juga mengalami perubahan. Contohnya saja pranata terbaru di Indonesia ialah adanya tindakan untuk mengontrol kritikan di media sosial. Oleh karena itulah fungsi dan peran pranata sosial sangat penting keberadannya.

Pranata Sosial

Pranata sosial adalah prosesi timbal balik yang dilakukan antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dan segi kelurga, antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama, antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi serta yang lainnya.

Oleh karena itulah pranata sosial kerap kali dihubungan dengan kebutuhan sosial yang di dalamnya terdapat seperangkat aturan yang mengelola dan mengetur tentang tata kelakuan dan hubungan sosial di dalam kehidupan bermasyarakat.

Fungsi Pranata Sosial

Manfaat Pranata Sosial
Fungsi Pranata Sosial dan Contohnya

Terdapat manfaat dari adanya berbagai macam pranata sosial dalam kehidupan, antara lain;

  1. Integrasi Sosial

Fungsi pertama dalam proses pranata sosial  ialah menjaga keutuhan masyarakat yang dikenal istilah dengan arti integrasi sosial. Fungsi ini tentusaja berhubungan dengan upaya penyelesaian konflik dalam masyarakat yang terus terjadi. Apalagi berebagi konflik dalam masyarakat sangat sulit untuk dihindari.

Contoh fungsi pranata sosial dalam menjaga integrasi sosial

Misalnya saja menjaga keutuhan masyarakat yang ada di daerah-daerah transmigrasi yang notabene sebagai pendatang kerapkali mengalami diskriminasi, lantaran adanya perbedaan karakter, gaya bahasa, dan lainnya. Disinilah pranata sosial memberikan ketentuan-ketentuan terkait larangan untuk melakukan tindakan kejahatan.

  1. Kontrol Sosial

Peranan pranata sosial yang lainnya ialah sebagai sosial control atau dikenal dalam objek kajian sosiologi sebagai kontrol sosial atas berbagai bentuk tindakan sosial yang dilakukan individu dan kelompok dalam keseharinnya. Tindakan ini terdorong dari adanya abisi perasaan dan nilai-nilai sosial yang terkandung di dalam kehidupan.

Contoh fungsi pranata sosial dalam kontrol sosial

Misalnya saja, kaitannya dengan tindakan setiap manusia untuk melakukan kegiatan di internet diperlukan kontrol sosial untuk mampu membendung cacian dan celaan kepada tokoh politik, agama, dan lainnya. Yang hal ini bisanya terjadi karena adanya perbedaan pandangan.

  1. Pengendalian Sosial

Percaya atupun tidak karakteristik pranata sosial yang tidak disadari dan bukan menjadi tujuan utama banyak orang adalah pengendalian sosial. Tanpa adanya sifat pengandalian sosial yang baik masyarakat akan terjadi disintegrasi atau perpecahayan dalam masyarakat.

Contoh fungsi pranata sosial dalam pengendalian sosial

Karena pranata sosial bagian daripada norma daripada perwujudukan tindakan manusia dalam melakukan tahapan sosialisasi. Maka, berkisar pada hubungan keseharian dalam masyarakat untuk pengendalian sosial ialah adanya ketakutan yang dilakukan seseorang dalam korupsi dana bantuan benacana alam, alasannya karena akan mendapatkan hukuman mati.

  1. Menjadi Pedoman

Pernana pranata sosial  yang lainnya ialah memberikan pedoman pada anggota setiap anggota yang ada di dalam masyarakat. Kodisini ini sejalah dengan pengertian masyarakat yang tidak akan bisa meciptakan kenetraman tanpa adanya pedoman yang dilakukan.

Contoh fungsi pranata sosial dalam pedoman

Prihal ini misalnya dalam organisasi sosial adanya ketentuan untuk ketua umum ataupun calon ketua umum tidak boleh terlibat dalam organisasi politik. Alasannya karena di khawatirkan akan tidak fokus terlebih nantinya terjadi nepotisme semata. Maka, prihal ini pranata sosial berfungsi sebagai pedoman.

  1. Batasan Globalisasi

Arti globalisasi pada saat kehidupan sekarang tidak bisa dihindari oleh siapapun dan dimanapun. Dengan adanya arus globalisasi yang tinggi masarakat akan mengalami perubahan yang deratis, baik dalam budaya, ataupun tata kelakuan. Untuk meminimalisirnya maka fungsi pranata sosial sangat penting dalam memilah dan memilih yang baik dan buruk.

Contoh fungsi pranata sosial dalam batasan globalisasi

Prihal ini, misalnya saja adanya anggapan bahwa menggunakan bahasa daerah ialah kuno, maka secara tidak langsung pemikiran tersebut salah besar. Lantaran bahasa menjadi bagian daripada unsur budaya yang harus di lestarikan oleh masyarakat.

Sehingga prihal ini ada pranata sosial untuk menggunakan bahasa daerah dalam kegiatan terkait kebudayaan di masing-masing wilayah.

  1. Perwujutan Keteraturan Sosial

Fungsi yang lainnya dalam proses terbentuknya pranata sosial adalah untuk memberikan keteraturan sosial dalam masyarakat. Keteraturan ini didapatkan dari serangkaian nilai dan norma sosial dilakukan oleh setiap orang yang berbeda satu sama lainnya.

Contoh fungsi pranata sosial dalam keteraturan sosial

Prihal ini misalnya saja proses pembentukan aturan dan komitmen masyarakat dalam mencapai kesepatakan bersama yang diimbangi dengan lembaga sosial yang diciptakan, kondisi ini bisa di latar belakangi dengan perubahan sosial yang terus terjadi. Misalnya saja adanya kebijakan Indonesia dalam mewajibkan masyarakatnya membayar pajak.

Pajak yang di bayar masyarakat masyarakat diserakan dalam lembaga-lembaga ekonomi terkait, tujuannya agar tercipta keteraturan sosial serta meminimalistir ketimpangan pembangunan.

  1. Sosialisasi Kelurga

Fungsi pranata sosial, khususnya dalam keluarga ialah mampu memberikan sosialisasi yang baik. Atas dasar itulah di buat aturan-aturan yang sifatanya mengingikat dalam kehidupan bermasyarakat. Kondisi ini menjadi alasan mengapa “pranata sosial” begitu penting untuk dilakukan dalam setiap element keluarga.

Contoh fungsi pranata sosial dalam sosialisasi sosial

Manfaat pranata sosial dalam kehidupan keluarga bisa dilihat ketika adanya kebijakan ayah sebagai kepala rumah tangga untuk mengatur anggotanya agar makan dalam satu meja. Kebijakan ini dilakukan untuk membentuk keterikatan yang kuat dan saling menyayangi satu sama lainnya.

Contoh Pranata Sosial

Adapun untuk contoh penerapan pranata sosial secara umum yang bisa dilihat dalam keseharian. Misalnya saja;

  1. Pencegahan Korupsi

Masalah sosial di Indonesia saat ini yang sedang merak terjadi adalah prilaku korupsi, prilaku ini seringkali mengakibatkan dampak kemiskinan, dan juga tingginya angga pengangguran. Alasannya karena fasilitas yang serusnya dipergunakan untuk umum dibuat untuk kepentingan pribadi.

Dalam kajiannya pranata sosial sangat penting dalam mengatasi fenomena ini, misalnya saja di Lembaga Pendidikan memberikan kurikulum tentang anti korupsi, dalam lembaga politik yang berperan untuk menghukum dan memprosesnya adalah KPK, Polisi, dengan bekerjasama pada lembaga penegak hukum yang lain. Seperti Kejaksaan.

Sehingga dalam hal inilah setidaknya mencerminkan bahwa pranata sosial merupakan institusi sosial yang dipergunkan oleh masyarakat dalam menampung aspirasi serta komitmen bersama. Upaya ini dilakukan dalam perwujutan  pengendalian masalah-masalah sosial yang terjadi.

Demikianlah penjelasan dan tulisan mengenai fungsi pranata sosial dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *