Fungsi Peraturan Perundang-Undangan

Diposting pada

Di Indonesia sebagai salah satu karakteristik negara berkembang ada hukum yang tidak tertulis maupun tertulis. Keduanya sama-sama berfungsi dalam mengatur kehidupan warga negara. Hukum yang tidak tertulis dapat disebut sebagai norma sosial maupun hukum adat-istiadat yang aturan atau standar perilaku yang dimiliki oleh anggota suatu bentuk kelompok sosial, sedangkan hukum yang tertulis merupakan aturan tertulis yang disusun oleh lembaga hukum yang berwenang, seperti peraturan perundang-undangan.

Pembuatan peraturan perundang-undangan ini sendiri memiliki beragam fungsi bagi suatu negara maupun warga negara dalam menjalani kehidupan berbangsa. Seperti halnya mampu memberikan kepastian dengan sanksi yang jelas.

Peraturan Perundang-Undangan

Tata urutan dalam pembuatan peraturan perundang-undangan mengandung arti bahwa segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku memiliki hierarki atau tingkatan dengan struktur sosial yang dibutuhkan. Dimana untuk peraturan perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang telah dibuat oleh berbagai contoh lembaga hukum yang berwenang.

Oleh karena alasan tersebutlah aturan sebagai fungsi norma hukum sebagai pedoman warna negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Fungsi Peraturan Perundang-Undangan

Adapun untuk beberapa fungsi dari adanya peraturan perundang-undangan. Antara lain;

  1. Memberikan rasa keadilan

Peraturan perundang-undangan yang ada di seuatu bentuk negara dianggap sebagai setiap putusan tertulis yang dibuat, ditetapkan dan dikeluarkan oleh tipe lembaga sosial hukum atau pejabat negara yang menjalankan fungsi legislatif berdasarkan tata cara yang berlaku. Tujuan pembuatan tersebut tak lain ialah untuk memberikan rasa keadilan bagi seluruh warga negara.

Oleh karena itulah tak khayal dalam menjalankan tugas aturan udang-udang tidak akan melihat individu dan kelompok berdasarkan pada status sosial dan peran sosial yang dimiliki. Semuanya akan sama di mata hukum.

  1. Memberikan kepastian hukum

Peraturan perundang-undangan ialah rangkaian panduan dalam tata kehidupan bersifat tertulis, mengikat, dan dibentuk oleh oleh lembaga atau pejabat yang berwenang. Hal ini tak lain lantaran memiliki fungsi sebagai kepastian hukum yang berlaku.

Prihal ini misalnya saja untuk di Indonesia. Ada Undang-Undang Dasar 1945 dengan beragam penjalabarannya menggunakan pasal-pasal.

  1. Melindungi dan mengayomi hak-hak warga negara

fungsi lainnya dari peraturan perundang-undangan ialah untuk menjaga dan melindungi hak-hak setiap warga negara, khususnya dalam menyelesaikan permasalahan sosial maupun sengketa secara adil dalam upaya memberikan aturan atas jalannya pemerintahan negara.

Untuk contohnya saja mengenai adanya beragam larangan untuk arti kejahatan. Baik yang bersifat kecil dengan resiko yang tinggi. Misalnya copet, maling di desa tanpa ada teman, dan lain-lain. Kejahatan jenis sangat jelas diatur dalam setiap negara.

  1. Memberikan batasan antara rakyat dengan pemerintah

Peraturan perundang-undangan pada hakekatnya memiliki struktur dan sistematika lebih jelas, sehingga memungkinkan peraturan tersebut diperikasa kembali dan diuji baik segi formal maupun materi muatannya tetapi yang pasti, disini ada pemisah antara batasan rakyat dan pemerintah, khususnya dalam penyelenggaraan kenegaraan.

  1. Menciptakan ketertiban dan ketenteraman

Peraturan perundang-undangan dibuat karena berfungsi sebagai pedoman warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sehingga semua warga negara wajib menaati peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan ditetapkan oleh pemerintah dengan penuh kesadaran dalam upaya sebagai kontrol sosial dan juga menjaga keteraturan sosial di masyarakat.

Contoh Fungsi Peraturan perundang-Undangan

Terdapat contoh terkait dengan peran dan fungsi peraturan perundang-undangan dibuat. Misalnya saja;

  1. UU No. 20 Tahun 2003

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 sejatinya mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), yaitu peraturan terkait kewajiban negara untuk melaksanakan pendidikan bagi setiap warganya sebaik-baiknya demi terwujudnya tujuan pembangunan nasional.

Munculnya undang-undang ini sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 tentang pentingnya arti pendidikan baik pendidikan formal, pendidikan non-formal, maupun pendidikan informal dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada semua kalangan berkenaan dengan fungsi adanya peraturan perundang-undangan bagi negara dan contohnya di Indonesia. Semoga saja mampu memberikan pemahaman bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *