Fungsi Nilai Budaya dalam Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Manfaat Nilai Budaya

Adanya tujuan dan fungsi dari penerapan arti nilai budaya sangat beragam tergantung pada sudut pandang masing-masing individu. Hal ini misalnya saja apabila ingin merasakan nilai itu sendiri pasti kita telah menerapkan baik secara langsung atau tidak langsung dalam kehidupan di masyarakat di keseharaian.

Disisi lainnya, setiap unsur budaya yang dilakukan pasti memiliki nilai sosial tersendiri bagi kehidupan bermasyarakat. Nilai ini tidak hanya untuk individu melainkan untuk masyarakat secara menyeluruh. Hal ini akan membuat seseorang menjaga nilai-nilai yang ada di masyarakat.

Nilai Budaya

Budaya adalah hal yang telah mendarah daging dan akan terus dijaga apabila budaya tersebut dianggap positif. Budaya positif ini akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman. Manusia pasti memiliki cara untuk tetap mempertahankan budaya yang dimiliki.

Karakteristik manusia dalam mempertahankannya tersebut lantaran memiliki nilai, dalam hal inilah nilai yang terkandung dalam budaya dinamakan dengan nilai budaya.

14 Tujuan dan Fungsi Nilai Budaya

Tujuan dan fungsi nilai budaya tergantung pada peran seseorang. Orang menjadi pemuka budaya maka akan memiliki makna yang sangat mendalam akan sebuah budaya. Penjelasan lebih lengkap akan diljelaskan dibawah ini.

Fungsi Nilai Budaya

Adapun untuk fungsi nilai sosial dalam kebudayaan, antara lain;

  1. Sebagai pedoman hidup

Nilai yang terkandung dalam sebuah budaya yang kita jalani dapat digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan. Misal nilai-nilai yang ada dalam sebuah ada prosesi pernikahan. Mulai dari pra acara sampai selesai memiliki makna yang mendalam. Makna yang tersirat memiliki makna yang mendalam.

Aturan yang secara langsung mengikat seseorang untuk mentaati aturan tersebut. Apabila tidak mentaati aturan yang ada maka akan mendapatkan sanksi sosial dari lingkungan sekitar.

  1. Mendorong terbentuknya pola pikir masyarakat

Masyarakat yang terbiasa melakukan kegiatan kebudayaan serta megetahui makna kebudayaan tersebut diharapkan dapat bersikap dengan baik. Bersikap baik dalam artian di lingkungan masyarakat dan bagi kebaikan diri sendiri. Pengetahuan akan makna sebuah budaya akan mendorong seseorang dalam bertindak.

Pengetahuan akan budaya juga membuat masyarakat lebih mencintai budaya, apalagi banyak orang yang tertarik dengan budaya yang telah ada sejak dahulu.

  1. Pembentuk sebuah aturan

Nilai yang terkandung dalam sebuah budaya akan memunculkan aturan yang harus ditaati oleh orang yang ada dalam sebuah bentuk kelompok sosial.

Aturan ini harus dipatuhi agar tidak mendapat sanksi adat yang bersifat langsung, selain sanksi adat juga ada sanksi sosial yang tidak dapat dikendalikan oleh siapapun kecuali keadaan. Aturan yang terbentuk bersifat selamanya dan mengikat selama masih dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Acuan hidup

Nilai digunakan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari agar bersikap yang sesuai dengan aturan masyarakat. Aturan ini biasanya digunakan dalam berbagai jenis yang berkaitan dengan kepentingan bersama. Hidup dengan menggunakan acuan yang ada akan membuat hidup semakin teratur dan tidak banyak tindakan yang meresahkan masyarakat.

  1. Pedoman dalam berperilaku

Perilaku yang dilakukan oleh seseorang harusnya sesuai dengan apa yang aturan masyarakat. Aturan ini bahkan sudah disepakati secara tidak langsung oleh masyarakat.

Pelanggarnya akan langsung diketahui oleh masyarakat. Penerapan nilai sebagai pedoman berperilaku dan bersikap dikehidupan sehari-hari. Kadang kebiasaan ini akan dibawa kemanapun seseorang berada dan melakukan sosialisasi dengan lingkungannya.

  1. Tata cara hidup di lingkungan

Sebuah nilai dalam kehidupan sehari-hari akan menimbulkan sebuah kewajaran yang menjelaskan tata cara hidup di lingkungan masyarakat. Hidup bersama-sama merupakan hal yang sangat baik bagi bangsa Indonesia yang telah diterapkan dari zaman dahulu hingga saat ini.

Tata cara bersosialisasi dengan lingkungan sosial juga termuat dalam sebuah nilai yang ada di masyarakat. Bahkan banyak hal yang mungkin tidak disadari bahwa aturan tersebut berasal dari sebuah nilai budaya.

Contoh Nilai Budaya

Sedangkan untuk contoh adanya nilai budaya di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Upacara kematian

Ketika ada orang meninggal setiap daerah memiliki cara yang unik untuk mendo’akan arwah atau ruh leluhurnya. Dalam hal ini misalnya saja di Toraja dengan ciri khasnya yang selalu menganggap orang yang sudah meninggal masih hidup untuk mengurangi rasa sedihnya.

Disisi lain, upacara adat dalam pembakaran mayat di Bali yang di latar belakangi kepercayaan beragama. Adanya upacara doa-doa selama tujuh hari berturut turut, 1 tahun, 2 tahun, 1000 hari, dan lain-lain.

Kesimpulan

Penjelasan lebih lengkap tentang fungsi adanya nilai budaya dalam kehidupan masyarakat telah dikupas sedemikian rupa sehingga dapat memahami makna sebuah budaya yang saat ini selalu melekat di kehidupan kita. Apalagi dengan negara yang memiliki masyarakat multikultural jelas akan sangat beragam dan penuh warna.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *