Pengertian Etika Individual dan Contohnya

Diposting pada

Etika Individual Adalah

Pada hakekatnya etika individual merupakan bagian dari etika khusus bersamaan dengan etika sosial. Tetapi untuk etika inidvidu ini, lebih berhubungan dengan kewajiban dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri. Oleh karena itulah bahasan terkait dengan etika individual bisanya berhubungan dengan dunia kesehatan (medis), psikologi, ataupun dalam lingkungan sosial bermasyarakat.

Disisi lain, banyak contoh etika individual yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja ketika berprilaku membuang sampah, ada sebagain orang yang menyimpan lalu dibuang ke tempat pembuangan sampah akan tetapi ada juga banyak orang yang membuang sampah secara langsung.

Etika Individual

Ditinjau dari asal muasal pembahasannya etika individual ialah dua unsur kata yang berlainan. Dimana etika sendiri Etika istilah yang berasal dari Bahasan Yunani ethikos yang maknanya timbul dari kebiasaan. Sedangkan individual artinya ialah seorang diri tanpa keterlibatan yang individu dan kelompok lainnya.

Oleh karena itulah secara singkat etika individual senantisa mempelajari nilai sosial dan norma sosial terhadap tindakan yang seseorang lakukan.

Pengertian Etika Individual

Etika individual adalah prilaku seseorang yang didalamnya berhubungan dengan nilai-nilai dan norma yang menyakut tentang kewajiban dan sikap atas dirinya sendiri, sehingga kerapkali asas-asas ini menjadi tumpuan dan pegangan dalam mengatur tingkah laku.

Pengertian Etika Individual Menurut Para Ahli

Adapun definisi etika individual menurut para ahli, antara lain;

  1. Trisnadi Setyo (2017), Etika individual artinya objek penilaian terkait baik atau buruknya perilaku individu dalam kehidupan bermasyarakat yang akibatnya secara langsung akan diberikan penilaian terhadap tindakan yang telah dilakukannya.

Contoh Etika Individual

Adapun sebagai ulasan lebih mendalam. Berikut ini ialah berbagai contoh penerapan etika individual, antara lain;

  1. Menolong Orang Tua Menyebrang Jalan

Etika individual terkait dengan tindakan menolong orang tua merupakan suatu aturan yang muncul dari hati nurani setiap individu. Disini sangatlah jelas bahwa perlu adanya kesadaran diri akan pentingnya saling tolong menolong dan berbuat baik kepada sesama. Disisi lain sikap ini menjunjung tinggi rasa kemanusiaan atau memanusiakan manusia.

  1. Orang Muslim Membantu Mengamankan Ibadah di Gereja

Perbedaan dalam beragama sejatinya tidak menghalangi rasa saling peduli dan saling membantu terhadap sesama. Wujud ini bisa saja ditunjukan dengan sikap membantu menjadi pengaman dalam agenda yang dilakukan oleh orang dengan agama lain.

Misalnya saja ada yang dilakukan Banser dalam hal ini bagian daripada organisasi sosial NU dalam mengamankan ibadah orang kristen di gereja.

Sikap ini juga menunjukan bahwa setiap manusia memiliki kepercayaan dan keyakinan masing-masing mengenai kehidupan di dunia dan kehidupan setelah meninggal. Norma ini berasal dari Tuhan Yang Maha Esa yang bersifat mutlak.

Alasannya karena Agama bersumber dari tuhan, sehingga norma agama biasanya sudah diatur dalam kitab suci dari masing-masing agama. Sanksi dari norma agama berupa dosa ataupun siksa neraka maupun sanksi-sanksi lain sesuai dengan kepercayaan masing-masing agama. Setiap manusia diberi kebebasan untuk memilih dan memeluk agama yang menurutnya benar.

  1. Merawat Orang Miskin yang Sakit

Kesehatan merupakan bagian mutlak yang senantisa diinginkan oleh setiap manusia. Adanya prinsip untuk menyehatkan ini sejatinya dimiliki oleh para tenaga medis (kesehatan) di rumah sakit. Dengan memberikan bantuan berupa pengobatan meski tidak memiliki uang sejatinya bagian daripada etika individual.

Alasannya karena dalam hal ini telah mengembalikan aspek tradisi perawatan yang manusiawi. Oleh karena itulah tak salah jika dalam upaya memberikan pertolongan pemerintah membentu BPJS dimana prinsip asuransi kesehatan milik BUMN ini ialah seperti subsidi silang, antara si miskin dan si kaya. Meski, tak lepas daripada adanya jenis kelas sosial dimana ada golongan untuk pembayaran BPJS.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa dalam penerapan etika individu terdapat sanksi bagi siapapun yang melanggar. Misalnya saja seperti cemoohan, kritikan, dan dianggap tidak memiliki rasa peduli terhadap orang lain. Sanksi lain yang bisa saja diperoleh bagi siapa saja yang tidak memiliki etika individu dalam dirinya adalah tidak dihargai dan tidak dihormati oleh orang lain.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian etika individual menurut para ahli dan contohnya yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *