Pengertian Disorganisasi Sosial dan 8 Contohnya

Diposting pada

Contoh Disorganisasi Sosial

Disorganisasi sosial bisa dikatakan sebagai suatu kondisi yang ditandai oleh pergeseran nilai sosial dan norma sosial serta pudarnya keterikatan tatanan beragam tipe lembaga sosial dalam masyarakat yang mengarah pada terjadinya kekacauan atau perpecahan.

Disisi lainnya, proses disorganisasi sosial dapat terjadi karena bentuk perubahan sosial yang cepat, sehingga masyarakat masih belum siap dalam menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada, misalnya saja adanya kondisi politik di Indoensia pasca reformasi.

Pengertian Disorganisasi Sosial

Disorganisasi sosial bisa dikatakan sebagai realitas sosial yang menunjukkan kurangnya ketertiban atau organisasi dalam kehidupan, pekerjaan, atau lingkungan sosial seseorang. Sehingga hal ini menimbulkan rusaknya keteraturan sosial di masyarakat.

Pengertian Disorganisasi Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi disorganisasi sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. W Ruswanto (2021)

Disorganisasi sosial adalah suatu proses yang menggambarkan rusaknya nilai dan norma di dalam masyarakat karena adanya beragam perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga sosial kemasyarakatan. Sehingga pada akhirnya menjadikan suatu kelompok sosial menjadi beberapa unit sosial yang terpisah-pisah satu sama lain

Contoh Disorganisasi Sosial

Contoh-contoh disorganisasi sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Disorganisasi politik pasca reformasi

Pasca reformasi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998, negara mengalami disorganisasi politik. Meskipun demikian, era reformasi merupakan awal periode demokrasi karena kondisi politik yang lebih terbuka dan liberal. Pada masa era baru tersebut, otonomi yang luas kemudian diberikan kepada daerah dan tidak lagi dikuasai sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat, atau dengan kata lain mulai menerapkan sistem desentralisasi.

  1. Kenakalan remaja akibat proyek perumahan umum

Beberapa ahli teori disorganisasi sosial seperti Bursik & Grasmick (1993) dan Wikstrom & Loeber (2000) menyimpulkan bahwa remaja yang tinggal di proyek perumahan umum di negara barat memiliki kerentanan yang lebih besar dalam melakukan kenakalan atau kejahatan sebagai akibat lemahnya ikatan komunitas di proyek semacam itu.

Tetangga tidak sering mengenal satu sama lain, dan jaringan keluarga cenderung kecil, hanya dengan keluarga inti atau orang tua tunggal yang paling umum. Dengan tidak adanya organisasi tingkat komunitas, remaja dalam proyek semacam itu menjadi rentan terhadap efek disorganisasi sosial.

  1. Keragaman linguistik, dan tantangan dalam regulasi tingkat komunitas

Elliot et al (1996) menyimpulkan bahwa di lingkungan dengan persentase dan keragaman imigran generasi pertama yang tinggi, tingkat kejahatan cenderung lebih tinggi pula. Hal tersebut disebabkan karena di lingkungan seperti itu, sejumlah besar bahasa yang berbeda digunakan. Akibatnya, komunikasi dan berbagai pengaturan untuk komunitas tersebut menjadi sulit dilakukan.

  1. Pengaturan diri dalam masyarakat pedesaan/suku/primitif

Berbeda dengan dua contoh sebelumnya, antropolog kolonial pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 yang melakukan perjalanan ke masyarakat suku dan “primitif” yang terpencil, sering dikejutkan oleh keteraturan yang luar biasa dan tidak adanya kejahatan dari masyarakat tersebut.

Meskipun mereka tidak selalu menyetujui cara untuk memberikan keadilan dalam masyarakat seperti itu, namun mereka mencatat bahwa perasaan menjadi bagian dari suatu komunitas dan organisasi dalam masyarakat primitif, dan efisiensi mereka, berfungsi untuk tujuan menjaga ketertiban.

  1. Kejahatan anggota kelompok dominan terhadap imigran

Teori disorganisasi sosial juga dapat digunakan untuk menjelaskan kejahatan terhadap imigran oleh anggota kelompok dominan.

Orang-orang seperti itu, terisolasi dari kelompok sosial mereka karena pecahnya kelompok tradisional seperti keluarga, gereja, dan lain-lain. Dan tidak mampu mengatasi lingkungan yang berubah dengan cepat di sekitar mereka, sehingga mulai menunjukkan perilaku menyimpang.

  1. Kemunculan geng-geng lokal di lingkungan yang tidak teratur

Munculnya geng-geng lokal di lingkungan yang tidak teratur secara sosial juga termasuk salah satu contoh terjadinya disorganisasi sosial. Kondisi kehidupan yang genting menghasilkan lingkungan budaya yang cocok untuk pembentukan kelompok dengan anggota yang saling mendukung dalam melakukan kejahatan.

Para anggota kelompok mendedikasikan waktu mereka untuk melakukan kejahatan dan beroperasi di lingkungan yang berbahaya. Pada gilirannya, tradisi menjadi anggota geng dapat diwarisi oleh penduduk di daerah tersebut pada masa mendatang.

  1. Para orang tua yang menelantarkan anak-anaknya

Contoh lain terjadinya disorganisasi sosial yaitu secara luas di lingkungan berpenghasilan rendah di Amerika Serikat, para orang tua dalam masyarakat tersebut sering menelantarkan anak-anak mereka yang masih sangat kecil.

Hal itu menimbulkan kecenderungan budaya untuk melakukan kejahatan untuk mendapatkan dana yang diperlukan untuk menghidupi keluarga.

  1. Pola pertumbuhan di wilayah perkotaan yang tidak seimbang

Peran status ekonomi dalam teori disorganisasi sosial didasarkan pada pola pertumbuhan di wilayah perkotaan. Di banyak daerah perkotaan besar, pertumbuhan menyebabkan penurunan kondisi fisik, ekonomi, dan sosial di daerah pemukiman yang paling dekat dengan kawasan pusat bisnis.

Daerah-daerah itu kemudian menjadi paling mudah tersedia bagi kaum miskin dan kelompok-kelompok yang bermigrasi ke daerah tersebut. Akibatnya, daerah dengan status sosial ekonomi rata-rata terendah juga akan memiliki ketidakstabilan pemukiman dan keragaman etnis terbesar, yang pada gilirannya akan menciptakan disorganisasi sosial (Bursik dan Grasmick, 1993).

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkaitan dengan pengertian disorganisasi sosial dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu untuk memberi wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.