Pengertian Diferensiasi Budaya dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Diferensiasi Budaya dan Contohnya

Diferensiasi budaya pada hakekatnya melihat sejumlah perbedaan-perbedaan dalam sifat kebudayaan yang bisa  dikatakan sebagai komponen kehidupan di lingkungan sosial yang dibuat antara bentuk kelompok sosial dengan melihat karakteristik berdasarkan faktor biologis, fisiologis, dan sosiokultural, seperti jenis kelamin, usia, atau etnis, yang menghasilkan penetapan peran sosial dan status sosial dalam suatu masyarakat

Diferensiasi kebudayaan dan peradaban manusia memanglah tidak dapat dipisahkan. Pasalnya individu dan kelompok yang berkembang di seluruh dunia ini memiliki cara dan kapabilitas berbeda dalam menjalankan rutinitas kehidupannya.

Pengertian Diferensiasi Budaya

Diferensiasi budaya adalah karakteristik perbedaan berbagai keyakinan, perilaku, bahasa, praktik, dan ekspresi yang dianggap unik bagi anggota etnis, ras, atau asal negara tertentu, dimana dalam diferensiasi sosial budaya melibatkan sistem yang terintegrasi dan terpelihara dari nilai-nilai, kepercayaan, dan aturan perilaku yang diperoleh secara sosial yang berdampak pada perilaku yang diterima, yang dapat dibedakan dari satu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lainnya.

Contoh Diferensiasi Budaya

Adapun untuk contoh diferensiasi sosial budaya misalnya dalam kaitannya dengan komunikasi bisnis, diantaranya;

  1. Mengelola email dan panggilan telepon

Konferensi telepon bisa sangat efektif dalam meningkatkan komunikasi bisnis dan kerjasama dalam perusahaan internasional. Namun, terkadang masalah dapat muncul ketika partisipan tidak tahu apa yang diharapkan dari satu sama lain.

Misalnya, proses sosial dan interaksi sosial bisa menjadi sangat penting bagi orang Amerika untuk membangun hubungan. Orang Inggris mungkin menggunakan humor, sedangkan orang-orang Cina mungkin ingin memeriksa terlebih dahulu dengan kelompok atau bos sebelum mereka menanggapi.

Jika tidak ada masalah sensitif yang terlibat, sebaiknya gunakan email untuk menyampaikan informasi sebelumnya, berhati-hatilah untuk menghormati perbedaan budaya saat menyapa orang (misalnya, penggunaan nama depan di AS, dan gelar di Austria).

  1. Bersosialisasi

Unsur budaya yang sangat berorientasi pada orang (highly person-oriented) menganggap bersosialisasi sangat penting, karena mengenal satu sama lain diperlukan untuk melakukan bisnis bersama. Kita mungkin diundang ke banyak negara, sering kali ke tempat-tempat yang mungkin tidak pernah kita duga. Seperti bar karaoke di Jepang, atau sauna di Finlandia.

Cobalah untuk meneliti kebiasaan tersebut sebelum perjalanan kita, dan manfaatkan undangan untuk mengenal satu sama lain serta membangun kepercayaan.

  1. Menangani negosiasi

Negosiasi bisnis bisa menjadi rumit pada saat-saat terbaik, terlebih lagi jika ada kesalahpahaman budaya. Misalnya, budaya Cina menghargai keramahan dan mengenal mitra bisnis lebih baik sebelum ada kesepakatan. Oleh sebab itu, makan bersama sangat penting, dan bisa memakan waktu lama sebelum rencana dibuat. Untuk orang-orang Amerika, pendekatan ini tampaknya kontra produktif.

Pikirkan tentang lingkungan terbaik untuk negosiasi, siapa yang harus terlibat, dan bahkan hal-hal seperti pakaian yang sesuai dan pengaturan tempat duduk. Peka terhadap faktor budaya seperti ini dapat membuat kita memahami semua perbedaan yang ada ketika membangun hubungan.

  1. Mengelola tim

Komunikasi sangat meningkat ketika peran dan harapan diklarifikasi dan pelatihan komunikasi lintas budaya yang tepat telah dilaksanakan. Ini sangat penting ketika mengelola tim dari seluruh dunia. Waspadai gaya komunikasi yang berbeda. Beberapa mungkin lebih langsung daripada yang lain, atau hanya memberikan umpan balik pada tahap tertentu.

Luangkan waktu untuk membangun hubungan tatap muka sebelum beralih ke komunikasi virtual, dan pastikan untuk menyertakan semua anggota tim dalam pengambilan keputusan di semua tahap proyek. Setelah kita mengidentifikasi perbedaan budaya yang dapat menyebabkan miskomunikasi atau kesalahpahaman, temukan titik temu dan putuskan bagaimana kita ingin bekerja sama.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian diferensiasi budaya dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *