Dampak Positif Kriminalitas di Lingkungan Masyarakat

Diposting pada

Dampak Kriminalitas Positif

Kriminalitas bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk tindakan sosial yang salah namun kadang seseorang merasa tindakan yang dilakukan tidak salah atau ada yang merasa bersalah namun tetap ingin melakukannya. Apabila dipandang dari sisi pelaku dan orang yang merasa terancam akan keadaan tersebut kriminalitas memiliki dampak yang positif dan juga negatif.

Dampak positif kebanyakaan dirasakan oleh orang yang tidak melakukan tindak dalam arti kejahatan, sementara dampak negatif dirasakan oleh orang yang melakukan tindakan kejahatan dan masyarakat lain.

Kriminalitas

Kriminalitas adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang dianggap telah melanggar apa yang telah menjadi ketetapan di lingkungan masyarakat dan berdasarkand dasar hukum yang berlaku.  Kriminalitas merupakan sebuah tindakan yang tidak dapat dibenarkan. Bahkan terdapat sanksi secara hukum dan lingkungan sosial bermasyarakat.

Kriminalitas terjadi di lingkungan masyarakat memiliki banyak alasan. Beberapa faktor penyebab terjadinya kejahatan dalam kajian sosiologi kriminalitas antara lain, faktor ekonomi, keamanan, ilmu pengetahuan, kesadaran, dan faktor kejiwaan.

Dampak Positif Kriminalitas

Adapun untuk beberapa akibat positif adanya kriminalitas di masyarakat. Antara lain;

  1. Meningkatkan kewaspadaan

Ketika banyak mendengar berita disuatu wilayah rawan akan tindakan kriminalitas maka seseorang akan merasa khawatir akan hal tersebut. Hal ini akan membuat seseorang menghindari tempat yang mungkin rawan terjadi tindakan tersebut.

Ketika berada di tempat aman akan berusaha mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan tindakan kriminalitas tertentu.

  1. Bersikap hati-hati

Mengingat tindakan kriminal dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, sehingga seseorang akan bersikap hati-hati. Sikap tersebut wajib dimiliki oleh kita semua, agar tidak terjadi kejadian yang akan menimbulkan kerugian yang besar.

  1. Memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan fisik

Kemampuan fisik ini tentu untuk melawan tindakan kejahatan yang dilakukan secara langsung di depan kita. Minimal seseorang dapat membela diri ketika di keadaan yang terdesak. Lebih baik lagi apabila bisa membantu seseorang yang dalam kesusahan.

  1. Menigkatkan dan memperketat peraturan hukum

Berdasarkan segala tindakan kriminalitas yang telah terjadi maka penegak hukum dapat melakukan evluasi akan hal tersebut. Evaluasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan keteraturan sosial, kekuatan hukum dan tidak ada sela untuk orang melakukan suatu pelanggaran hukum tanpa disertai hukuman.

  1. Solidaritas meningkat

Masyarakat akan memiliki inisiatif untuk saling menjaga antara satu dengan yang lain. Masyarakat akan kembali melakukan kegiatan ronda yang ada di postkampling dan segala kegiatan yang berkaitan dengan keamanan masyarakat.

Contohnya

Kasus terkait dengan solidaritas meingkat karena adanya kriminalitas ini misalnya saja di suatu wilayah sedang banyak pencuri, pencurian tersebut disertai dengan kekerasan. Lantaran masyarakat kwatir terus merajalela maka aparatur pemerintahan desa mendorong semua masyarakat untuk melakukan gotong royong berupa penjagaan ronda di setiap malam.

  1. Berusaha memperbaiki cara mendidik anak

Cara memperbaiki dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan dari usia dini. Arti pendidikan ini merupakan pendidikan yang paling melekat dipikiran seorang anak. Hal ini dapat mejadi pondasi seseorang untuk kegiatan yang akan datang.

  1. Evaluasi hukum

Banyak suatu tindakan kriminal yang tidak mengindahkan adanya suatu hukum yang berlaku. Para pembuat kebijakan dibidang hukum seharus mampu mencari tahu berdasarkan segala peristiwa yang terjadi. Mungkin ada beberapa kejahatan yang belum jelas di dalam aturan hukum tersebut.

  1. Menanamkan nilai moral sejak dini

Seseorang yang melakukan tindakan kriminalitas kadang disebabkan ketidakmampuan seseorang dalam memahami nilai-nilai moral yang positif dan mendorong seseorang berbuat baik atau melakukan tindakan yang tidak merugikan orang.

  1. Efek jera

Memberikan efek jera kepada orang yang melakukan tindakan atau seseorang yang akan melakukan berbagai contoh tindakan kriminalitas. Ketika seseorang melihat hukuman yang harus dijalani ketika melakukan tindakan kejahatan maka diharapkan masyarakat tidak lagi melakukan tindakan yang merugikan orang lain.

  1. Memberikan pembelajaran untuk orang lain

Pembelajaran dapat dari sisi yang melakukan tindakan kejahata atau orang yang menjadi korban atas segal tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat. Semakin banyak orang yang menyadari diharapkan dapat mengurangi segal jenis tindakan kejahatan yang terjadi.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan dampak positif adanya kriminalitas masyarakat beserta dengan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan untuk semua kalangan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *