Dampak Positif Kontravensi dan Contohnya

Diposting pada

Dampak Positif Kontravensi

Pada dasarnya setiap bentuk tindakan sosial yang ada di lakukan seseorang di masyarakat akan memberikan akibat terhadap lingkungan sekitar. Seperti halnya ketika melakukan kontravensi pasti akan menimbulkan pro dan kontra yang akan memberikan dampak positif dan negatif.

Hal ini, tentusaja wajar. Mengingat kontravensi terjadi dapat dimulai dari pertentangan individu dan kelompok. Apabila pertentangan tersebut dimulai oleh orang yang dipercaya maka  akan membuat orang yang ada disekitarnya melakukan hal yang sama dan menimbulkan berbagai jenis konflik.

Kontravensi

Kontravensi adalah keadaan sosial di masyarakat yang timbul sebagai bentuk akibat dari rasa ketidakpuasaan pada aspek tertentu. Penyangkalan atas kondisi yang terjadi ini dilakukan secara Individu atau kelompok dengan melakukan tindakan baik secara tertutup atau terbuka.

Yang pasti, tidak semua tindakan yang dilakukan dalam wujud kontravensi ini memberikan akibat negatif. Ada sisi positif yang bisa ditemukan.

Dampak Positif Kontravensi

Adapun untuk dampak kontravensi yang positif dalam masyarakat. Antara lain;

  1. Pelaksanaan diskusi ilmiah

Ketika arti diskusi ilmiah terjadi, pasti terdapat beberapa pendapat tentang topik yang telah dipilih. Diskusi ini merupakan hal yang pasti dilakukan untuk menemukan pandangan yang paling tepat dan terpercaya. Ketika pelaksanaan diskusi awalnya pasti ada pertentangan dan saling mempertahankan apa yang diyakini benar.

Pada tahap tertentu akan ditentukan sebuah pendapat melalui musyawarah dan mufakat guna memilih paling sesuai dengan realitas sosial dan dapat memberikan pandangan seacara ilmiah.

Contoh dampak postif kontravensi dengan diskusi

Misalnya saja OSIS sebagai salah satu organisasi di lingkungan sekolah akan menyelenggaran agenda dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ketika menentukan lomba apasaja yang dipilih terdapat kontravensi antar siswa. Ada yang setuju adapula yang tidak.

Pada akhirnya setelah memberikan usulan, terjadilah kesepakatan. Yang penggambaran atas kondisi seperti ini dapat memberikan pendidikan dalam arti demokrasi yang memang senantiasa ada pemaknaan kontravensi di dalamnya

  1. Memiliki rasa memiliki

Pertentangan yang dilakukan pada suatu pendapat, kebijakan, dan lain-lain akan membuat seseorang yang menentang melakukan segala persiapan untuk membuktikan ketidaklayakkan suatu hal. Ketika menyampaikan apa yang ditentang masyarakat akan bersatu dan merasa memiliki kepentingan yang sama. Hal ini akan membuat masyarakat saling memperhatikan satu sama lain.

Contoh dampak postif kontravensi dengan rasa memiliki

Misalnya saja, untuk ukuran sebuah perusahaan. Akan meluncurkan sebuah produk, yang di dalamnya sedang ada rapat terkait dengan warna desain. Warna desain yang dipilih sejatinya terdapat kontravensi dimana masing-masing pimpinan dalam perusahaan tersebut berdepat.

Yang pasti, untuk proses perdebatan dilakukan tidak sampai menimbulkan kekerasan, malah sebaliknya kondisi ini mencerminkan agar produk yang di jual tersebut laku keras maka semua pihak merasa bertangung jawab.

  1. Solidaritas

Kemampuan mempertahankan kekompakkan selama menyatakan apa yang ditentang. Kekompakan penentang akan memberikan dampak yang besar. Semakin besar kekuatan kelompok maka akan semakin besar kekompakkan dalam kelompok.

Apabila kondisi ini secara konsisten menjaga kekompakkan maka akan mencapai apa yang diinginkan, melalui wujud solidaritas di dalam anggota-anggota di dalamnya.

  1. Mendorong perubahan sosial

Perubahan sosial akan terjadi ketika pelaksanaan kontravensi yang berasal dari masayarakat. Semakin banyak perubahan yang diinginkan maka akan terjadi pula perubahan di lingkungan sosial. Contoh nyata kontravensi yang dapat membuat sebuah perubahan adalah demonstrasi dengan tuntutan yang jelas dan dengan cara yang tepat.

  1. Mampu memberikan kritik pada pihak tertentu

Kontravensi merupakan salah satu bentuk kritik yang dilakukan secara terbuka atau tertutup. Kritik ini ditujukkan untuk pihak-pihak yang dirasa kurang tepat dalam membuat sebuah keputusan yang diperuntukkan banyak orang. Ketika memberikan kritik kepada pihak tertentu maka memiliki harapan untuk didengar oleh pihak yang dituju.

Bentuk Kontravensi

Terdapat berbagai bentuk kontravensi yang sangat beragam yaitu;

  1. Kontravensi Umum, yaitu adalah sering terjadi di lingkungan masyarakat
  2. Kontravensi Sederhana, yaitu kontravensi yang terjadi pada lingkup yang sempit atau bahkan individu
  3. Kontravensi Intensif, adalah kontravensi yang dilakukan secara terus menerus dan dapat memberikan dampak psikologis di lingkungan
  4. Kontravensi Rahasia, adalah bentuk dari kontravensi tertutup
  5. Kontravensi Taktis, adalah bentk kontravensi yang pelaksanaannya penuh dengan aturan dan tertata dengan rapi

Dari bentuk kontravensi ini akan menentukan tindakan yang akan diambil ketika merasa tidak dapat melakukan hubungan dengan masyakarat atau adanya konflik. Perselisihan terjadi dapat dikelompokkan menjadi beberapa bentuk.

Bentuk kontravensi ini tidak dapat dengan mudah kita ketahui apabila dilakukan secara tertutup. Berbeda ketika melakukan kontravensi secara terbuka. Pembahasan akan lebih fokus pada dampak kontravensi. Dampak ini yang akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan dampak kontravensi yang bersifat positif dan contoh singkatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan untuk semua kalangan yang membutuhkan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *