Dampak Diskriminasi yang Terjadi di Masyarakat

Diposting pada

Dampak Tindakan Diskriminasi

Diakui ataupun tidak aanya perbedaan yang ada di lingkungan sosial bermasyarakat kadang menimbulkan kecemburuan sosial. Kecemburuan ini sendiri sejatinya menciptakan beragam contoh permasalahan sosial yang berkaitan dengan proses sosial dan interaksi sosial sesama manusia. Satunya ialah diskriminasi.

Diskriminasi sendiri dapat berakibat negatif, baik untuk diskriminasi agama, kesetaraan gender, ras, suku, maupun di tempat kerja. Sehingga tak khayal dalam mengatasinya diperlukan penanaman tindakan preventif agar semua individu dan kelompok masyarakat sadar bahwa prilaku mendiskriminasi ialah salah satu tindakan negatif.

Diskriminasi

Diskriminasi adalah sebuah bentuk tindakan sosial yang dilakukan oleh golongan yang dominan yang berkaitan dengan kepentingan golongan tertentu. Kepentingan ini biasanya merugikan salah satu pihak yang berperan sebagai pihak yang dominan dan lainnya sebagai pihak minoritas.

Sehingga prilaku ini dapat memberikan dampak kepada individu dan golongan. Dampak kepada individu akan semakin terasa ketika seseorang mulai tidak nyaman atas diskriminasi yang dilakukan pihak tertentu. Bahkan diskriminasi dapat mempengaruhi kualitas hidup individu baik dari segi kejiwaan dan sosial.

Dampak Diskriminasi

Adapun untuk akibat negatif dari adanya tindakan diskriminasi yang ada di masyarakat. Antara lain;

  1. Terpecah belah

Adanya golongan lemah dan golongan kuat membuat masyarakat terpecah belah. Permasalahan mendikriminasikan ini tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan yang ada di masyarakat. Rasa tidak nyaman akan membuat permusuhan di masyarakat.

Dimana pada akhirnya permusuhan ini sangat memungkinkan terjadinya diskriminasi dalam sebuah pelayanan di lingkungan masyarakat. Adapun disisi lainnya, diskriminasi seperti dapat terjadi secara langsung atau tidak langsung.

  1. Despresi

Orang yang terlalu di diskriminasi akan merasa diasingkan. Hal ini tentusaja mampu mempengaruhi kejiwaan seseorang, bahkan sampai depresi. Sehingga hal ini terjadi ketika seseorang tidak sanggup menerima kenyataan bahwa di lingkungannya ia diberlakukan dengan cara yang berbeda. Tindakan ini kadang banyak mempersulit seseorang ketika ingin melakukan sesuatu.

  1. Merasa tidak adil

Orang yang diberlakukan berbeda pasti merasa tidak adil dalam berbagai hal. Hal ini membuat seseorang ingin meminta keadilan kepada pihak-pihak yang melakukan diskriminasi. Meminta keadilan bukan hal yang mudah apalagi di lingkungan yang setuju dengan keadaan tersebut.

  1. Malu

Rasa malu yang di timbulkan atas tindakan diskriminasi membuat seseorang akan menarik diri dari lingkungan masyarakat. Tindakan ini akan membuat seseorang akan semakin menjauh dari lingkungan dan menyendiri. Rasa malu juga merupakan diskriminasi semakin tinggi di lingkungan kita.

Rasa malu ini lama kelamaan juga dapat membunuh karakter seseorang. Kebebasan berekspresi yang dibatasi oleh banyak diskriminasi yang ada di lingkungan. Orang yang awalnya pandai bergaul karena diskriminasi memutuskan untuk menghindari interaksi dengan lingkungan.

Contoh diskriminasi seperti ini misalnya saja kepada anak jalanan yang notabene secara finansial dan perawakan wajah tidak mencerminkan hidup sehat. Kadangkala seseorang menganggap hal ini karena keteledoran orang tuanya atau karena anak tersebut susah untuk diatur, sehingga tak khayal kondisi seperti ini pada akhirnya anak-anak jalanan tersebut hanya bisa bergaul dengan sesama anak jalanan. Adapun dampaknya secara peragulan mereka kurang mempunyai motivasi hidup untuk bisa berbah lebih baik lagi.

  1. Putus asa

Kadang seseorang memiliki mental yang lemah sehingga tidak mampu menghadapi diskriminasi yang ada di masyarakat. Orang tersebut akan memilih menjauh dari orang yang melakukan diskriminasi dari pada menantangnya.

Hal ini menandakan bahwa orang tersebut telah putus asa atas diskriminasi yang telah terjadi pada dirinya. Rasa putus asa ini juga akan membuat interaksi di lingkungan semakin berkurang.

  1. Mempersempit interaksi sosial

Diskriminasi yang terjadi pada seseorang membuat untuk memilih lingkungan yang aman dan membuatnya nyaman.

Ketika dalam suatau lingkungan banyak terjadi diskriminasi maka orang tersebut akan memilih lingkungan yang lebih memberikan ruang kepada orang tersebut. Semakin banyak diskriminasi yang terjadi maka semakin sedikit ruang lingkup untuk interaksi bagi orang tersebut.

  1. Peluang bekerja yang sedikit

Pandangan masyarakat tentang kelompok tertentu kadang menutup beberapa kemungkinan yang seharusnya dapat dicapai seseorang.

Misanya saja dalam terhadap jenis tenaga kerja, terdapat beberapa perusahaan yang melakukan diskriminasi pada golongan tertentu. Orang yang berasal dari golongan tersebut walaupun memiliki kemampuan yang baik mungkin tidak akan diterima di golongan tersebut.

  1. Intimidasi

Diskriminasi kadang dapat berakhir dengan berbagai ancaman yang harus diterima oleh golongan tertentu. Intimidasi atau ancaman kadang membuat seseorang merasa keberatan dan ketakutan. Rasa takut ini membuat seseorang akan menghindari lingkungan, ketika intimidasi semakin sering maka akan membuat seseorang menarik diri dari lingkungan dan menjadi individualis.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa diskriminasi akan mengakibatkan permasalahan sosial sehingga menimbulkan dampak pada keteraturan sosialnya, sehingga tindakan seperti ini seminal mungkin untuk dapat di hindari.

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan dampak tindakan diskriminasi yang ada di masyarakat beserta dengan contoh prilakunya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *