5 Contoh Kasus Wawasan Kebangsaan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Wawasan Kebangsaan

Wawasan kebangsaan tentu saja menjadi salah satu bahasan pengetahuan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh semua orang, khususnya yang ingin mengetahui lebih dalam terkait dengan cara pandang sebagai warga Negara Indonesia.

Konsep wawasan kebangsaan ini sejatinya juga tidak jauh beda dengan wawasan nusantara. Hanya saja jikalau dalam wawasan kebangsaan berhubungan erat dengan pengetahuan bagi nilai-nilai nasionalime yang dipertuntukan bagi menjaga kaidah sosial sekaligsu persatuan nasional.

Wawasan Kebangsaan

Wawasan kebangsaan adalah paradigma seluruh arti masyarakat sebagai bangsa Indonesia tentang adanya komitmen untuk mengenal diri dan lingkungannya dengan mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Contoh Wawasan Kebangsaan

Contoh adanya penerapan atas kasus implementasi wawasan kebangsaan, antara lain;

  1. Mengutamakan Kepentingan Bersama daripada Kepentingan Pribadi

Konsep untuk lebih memahami adanya kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi juga menjadi bagian daripada wawasan kebangsaan.

Prihal ini dalam kasus penerapannya dapat melihat pergerakan nasional yang diisi oleh berbagai individu dan kelompok dari berbagai macam suku, namun pada akhirnya bisa bersatu pada untuk memperjuangkan kepemerdekaan Indonesia.

  1. Meletakan Pancasila sebagai Ideologi Tunggal Masyarakat Indenesia

Ideologi Pancasila bisa dikatakan sebagai bagian daripada keyakinan yang harus ada dalam diri warga, khususnya Warga Negara Indonesia.

Mengetahui sejarahnya sekaligus mengamalkan segala bentuk butir-butirnya bisa dikatakan sebagai bagian daripada wawasan kebangsaan. Kasusnya seperti adanya Warga Negara Indonesia haruslah memiliki keyakinan ataupun Agama.

  1. Bendera Merah Putih

Bendera merah putih sebagai keyakinan satu-satunya bentuk bendera yang ada di wilayah NKRI menjadi bagian daripada implementasi wawasan kebangsaan. Tentu saja kesepatakan tentang hal ini sudah diatur dalam perundang-undangan, sehingga bagi siapa saja yang ingin mengubahnya tidak akan diperkenankan.

  1. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kesatuan

Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa kesatuan juga menjadi bagian daripada wawasan kebangsaan. Bahasa Indonesia ini sendiri tentu saja sudah memiliki aturan dalam pengucapan dan kepenulisan, disisi lainnya dengan adanya Bahasa persatuan kesatuan dan integritas nasional bisa untuk diwujudukan.

  1. Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara

Pemahaman wawasan kebangsaan dalam perwujutannya juga bisa melihat adanya Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Garuda Pancasila dengan penulisan untuk semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Keyakinan terhadap lambing ini juga menjadi bagian daripada pengetahuan masyarakat yang haruslah diyakini.

  1. Indonesia Raya Sebagai Lagu Kebangsaan

Lagu kebangsaan Indonesia ialah Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Pengetahuan, penghafalan, dan terkait dengan syair tentang lagu ini juga bagian daripada wawasan kebangsaan yang setidaknya bukan hanya sebagai sejarah namun juga memiliki nilai-nilai sosial dan penerapan moral sebagai warga Indonesia.

Dari penjelasan yang dikemukakan, maka dapatlah dikatakan bahwa contoh penerapan wawasan kebangsaan yang terkait dengan tingkah laku, bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan Indonesia menjadi kekuatan yang sanggup menjadi modal sosial Bangsa Indonesia untuk bersatupadu dalam keberagaman.

Rating: 4.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.