Contoh Solidaritas Sosial Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Solidaritas Sosial

Di dalam kehidupan bersosial tentu saja tidak akan lepas dengan yang namanya interaksi antar manusia, baik individu ataupun dengan kelompok sosial primer dan skunder. Adanya arti interaksi sosial tersebut tentu akan mempengaruhi terjadinya solidaritas sosial. Solidaritas sosial tersebut tentu saja adalah bagian dari kehidupan yang ada di lingkungan masyarakat.

Solidaritas Sosial

Solidaritas sosial merupakan suatu perasaan yang dimiliki oleh seseorang atas suatu kelompok yang terjalin hubungan, hubungan sosial tersebut didasarkan pada rasa saling percaya, samanya tujuan serta cita-cita, dan adanya rasa kesetiakawanan dan rasa sepenanggungan.

Contoh Solidaritas Sosial

Untuk lebih memperjelas dalam memahami solidaritas sosial, berikut ini terdapat beberapa contoh mengenai solidaritas sosial yang ada di dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut.

  1. Kerja Bakti

Dalam kehidupan sehari-hari, kerja bakti tentu saja merupakan kegiatan yang kerap kali dilakukan oleh masyarakat. Biasanya kerja bakti dilakukan pada hari minggu pagi ataupun jumat pagi. Mereka biasanya membersihkan jalan, parit-parit, rerumputan dan lain-lain secara bersama-sama.

Pembagian tugas terdapat di dalam kerja bakti tersebut. Kerja bakti biasanya dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Mulai dari perempuan dan juga laki-laki. Kerja bakti tersebut, tentu saja termasuk ke dalam salah satu contoh bentuk solidaritas sosial dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Keluarga

Lembaga keluarga tentu saja termasuk ke dalam contoh solidaritas sosial dalam kehidupan sehari-hari yang ada di dalam masyarakat. Didalam keluarga tentu saja terdapat beberapa macam orang yang memiliki berbagai macam tugas yang ada.

Seperti ibu yang menguru rumah tangga, ayah yang bekerja, anak-anak yang bersekolah. Kegiatan yang mereka lakukan tentu saja dilakukan secara bersama-sama dan juga saling bantu membantu, sehingga kegiatan yang ada bisa diselesaikan dengan baik dan terjalin keluarga yang harmonis.

  1. Paguyuban

Paguyuban dalam kehidupan sehari-hari tentu saja termasuk dalam salah satu contoh solidaritas sosial yang ada di dalam masyarakat. Paguyuban tersebut kerap kali ditemukan di dalam masyarakat baik di dalam masyarakat desa ataupun juga di masyarakat perkotaan yang terdapat dalam permukiman perumahan.

Paguyuban merupakan perkumpulan masyarakat yang memiliki tujuan agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi. Paguyuban tersebut di hadiri oleh berbagai kalangan masyarakat, biasnya dihadiri oleh bapak-bapak ataupun ibu-ibu yang berkumpul menjadi satu untuk melaksanakan suatu kegiatan.

  1. Perkumpulan Remaja Masjid

Contoh lain dari solidaritas soasial dalam kehidupan sehari-hari adalah perkumpulan remaja masjid suatu daerah. Perkumpulan remaja masjid tersebut tentu saja bisa ditemukan di berbagai daerah, dikarenakan setiap daerah tersebut tentu saja memiliki remaja yang aktif melakukan kegatan di dalam masjid.

Remaja masjid tersebut memiliki anggota anak-anak remaja dari berbagai kalangan masyarakat, baik remaja laki-laki ataupun remaja perempuan. Mereka berkumpul membahas berbagai kegiatan yang bisa dilakukan baik oleh para remaja masjid tersebut ataupun oleh masyarakat sekitar yang ada di dalam daerah tersebut.

  1. Suporter

Suporter tentu saja termasuk dalam salah satu contoh bentuk solidaritas sosial dalam kehidupan masyarakat. Suporter merupakan perkumpulan orang-orang yang fanatik terhadap sesuatu hal yang sama. Dalam hal ini yaitu suorter sepak bola.

Suporter sepak bola tersebut tentu saja berasal dari berbagai macam kalangan orang dari berbagai macam daerah. Selain itu, suporter juga diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat dari yang muda sampai yang tua, dari laki-laki juga perempuan.

Mereka bersatu padu dalam sebuah perkumpulan baik di stadion atau di tempat nongkrong, saling bertukar cerita dan bersama-sama mendukung tim atau club kesayangannya.

  1. Karyawan Pabrik

Karyawan Pabrik termasuk dalam salah satu contoh bentuk solidaritas sosial yang ada dlam kehidupan sehari-hari. Karyawan pabrik tentu saja berisi orang-orang yang beragam.

Selain itu, korang-orang yang menjadi karyawan pabrik tentu saja berasal dari berbagai daerah. Selain itu, mereka tentu dari kalangan perempuan atau laki-laki dari berbagai daerah. Mereka tentu saja saling bekerja sama satu sama lain agar dapat menggerakan proses produksi dalam pabrik tersebut.

  1. Manajemen Universitas

Contoh lain dari solidaritas sosial adalah manajemen universitas ataupun manajemen sekolah. Manajemen sekolah atau manajemen universitas berasal dari berbagai kalangan yang profesional dalam mengurus manajemen, yang mana orang-orang tersebut tentu saja terbagi dalam berbagai kegiatan yang mendukung manajemen tersebut.

Manajemen tersebut tentu saja mengurusi berbagai macam kegiatan, ada yang administrasi, ada yang keuangan, dan lain sebagainya yang mana mereka saling bekerja sama untuk membangun manajemen yang baik dan teratur sehingga tentu saja akan meningkatkan nama baik universitas ataupun sekolah.

  1. Pekerja Proyek

Pekerja proyek tersebut tentu saja termasuk dalam salah satu contoh bentuk solidaritas sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan karyawan pabrik, kpekerja proyek pun berisikan orang-orang yang berasal dari berbagai daerah.

Berlatarbelakang yang berbeda tersebut, tentu saja tidak akan menjadi sebuah penghalang, justru mereka akan berjalan bersama untuk mencapai satu tujuan yang sama. Mereka saling bekerja sama dalam membantu keberjalalan proyek dengan berbagai tugas yang tentunya saling mendukung kegiatan proyek tersebut. Biasanya pekerja proyek tersebut berisikan dari kaum laki-laki.

  1. Gotong Royong

Gotong-royong dalam kehidupan sehari-hari tentu saja termasuk dalam salah satu contoh solidaritas sosial dalam masyarakat. Gotong-royong dalam masyarakat tersebut tentu saja sering kali terlihat, karena sifat masyarakat yang saling bekerja sama. Misalnya saja dalam pembangunan masjid, masyarakat saling bekerja sama dalam berbagai kegiatan.

Selain itu juga mereka berasal dari berbagai kalangan baik muda maupun tua, baik laki-laki maupun perempuan. Hal tersebut dilakukan tentu saja karena mereka merasa adanya sebuah solidaritas yang harus selalu di pupuk agar dapat mencapai masyarakat yang harmonis tersebut.

  1. Kerja Sama

Kerja sama di dalam masyarakat tentu saja termasuk ke dalam salah satu contoh solidaritas sosial yang kerap kali dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama tersebut bisa berlangsung antara perangkat desa dengan masyarakat ataupun antara masyarakat desa.

Hal tersebut dilakukan tentu saja demi tujuan yang sama yaitu untuk membangun desa tersebut. Kerja sama tersebut tentu saja dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat yang bersatu padu untuk melaksanakan kegiatan hingga kegiatan tersebut selesai.

  1. Pedagang

Pedagang tentu saja termasuk dalam salah satu contoh solidaritas sosial dalam kehidupan sehari-hari. Pedagang tersebut tentu sering kita jumpai, baik di warung, di pasar, ataupun pedagang keliling. Dalam transaksi jual beli tersebut terdapat solidaritas yang ada, antara pedagang dan juga pembeli.

Para pedagang dan pembeli tentu saja berasal dari berbagai kalangan, terutama kalangan ibu-ibu. Baik yang muda sampai yang tua.

  1. Pesilat

Dunia persilatan tentu saja tidak lepas dari adanya solidaritas sosial. Tentu terjadi beragam solidaritas disana. Solidaritas tersebut oleh para pesilat yang ada. Para pesilat tentu saja berasal dari berbagai kalangan, dari yang muda hingga yang tua.

Dari laki-laki hingga perempuan ada disana. Berbagai jenis perguruan di dalam dunia persilatan tentu saja memiliki hubungan yang baik. Hingga pada akhirnya mereka dipertemukan dalam kejuaraan persilatan.

  1. Nelayan

Contoh lain juga terdapat dalam dunia nelayan. Saolidaritas  sosial tentu saja terlihat dalam para nelayan. Mereka saling bekerja sama dalam mencari ikan. Ada yang bertugas mengayuh sampan, ada yang menjaring ikan, ada yang memasukan ikan ke tempat ikan, dan kemudian menjualnya.

Hal tersebut tentu saja akan terjalin hubungan yang sangat baik. Dengan adanya solidaritas tersebut tentu saja akan semakin mudah dalam menuju keberhasilan untuk menangkap ikan.

  1. Perusahaan

Perusahaan dala kehidupan sehari-hari tentu saja termasuk dalam salah satu contoh adanya solidaritas sosial. Perusahaan tersebut tentu saja berisi orang-orang yang berasal dari berbagai kalangan. Baik laki-laki ataupun perempuan.

Mereka memiliki tugas masing-masing yang dikerjakan. Hal tersebut tentu saja untuk mencapai keberhasilan dalam perusahaan tersebut. Perusahaan tentu saja akan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain demi untuk memajukan perusahaan tersebut. Hal tersebut tntu saja menunjukan adanya solidaritas sosial yang ada di dalam perusahaan tersebut.

  1. Panitia acara

Panitia acara tersebut termasuk dalam salah satu contoh bentuk solidaritas sosial yang ada dlam kehidupan sehari-hari. Panitia acara berasal dari berbagai macam karakter yang tentunya menambah keberagaman. Selain itu juga, dalam kepanitiaan acara memiliki berbagai macam tugas untuk menunjang keberhasilan acara.

Tentu saja hal tersebut sebagai salaha satu solidaritas sosial yang dapat terlihat. Panitia tersebut tentu memiliki anggota yang beragam, baik dari laki-laki maupun dari perempuan. Mereka bersatu padu dan bekerja sama agar tercapai tujuan dari kepanitiaan acara tersebut.

  1. Online shop

Online shop dalam kehidupan sehari-hari sudah merupakan hal yang tidak asing lagi. Onine shop sudah menjadi  salah satu alternatif berbelanja yang telah menjadi kebiasaan masyarakat. Semakin modernnya zaman, tentu saja semakin mempermudah dalam pemenuhan kebutuhan.

Online shop tentu saja termasuk dalam salah satu contoh bentuk solidaritas sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya bentuk kerja sama disana dan terdapat hubungan timbal balik yang terjadi melalui online shop tersebut.

Bentuk kerja sama yang ada tentu saja antara penjual dan pembeli, selain itu juga terdapat hubungan solidaritas antara penjual dan agen pengiriman. Apabila hubungan tersebut telah berjalan dengan baik, tentu saja akan semakin mempermudah dalam kegiatan tersebut.

  1. Pasar malam

Pasar malam tentu sangatlah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Adanya pasar malam tersebut memberikan warna tersendiri di malam hari. Pasar malam tersebut tentu saja termasuk dalam salah satu contoh bentuk solidaritas sosial yang ada dalam masyarakat.

Bentuk solidaritas yang ada dalam pasar malam tentunya sudah berjalan dengan baik sehingga dapat menyuguhkan berbagai macam pertunjukan yang dapat menghibur para pengunjungnya. Didalam pelaksanaan pasar malam tentu saja telah terbagi-bagi menjadi berbagai kru yang sudah memiliki tugas yang berbeda-beda.

Ada yang menjaga tiket, ada yang menjaga wahana, ada yang jadi penjaga parkir, ada yang menjaga keamanan dan lain sebagainya yang telah terorganisir dengan baik agar dapat mencapai tujuan yaitu suksesnya acara pasar malam tersebut.

  1. Ojek online

Sama halnya dengan online shop, ojek online saat ini juga telah banyak digemari oleh masyarakat luas. Mudahnya pengaksesan dalam pemesanan ojek online dinilai dapat lebih memberikan keefektifan untuk menjangkau suatu tujuan.

Ojek online dalam hal ini termasuk ke dalam salah satu contoh bentuk solidaritas sosial yang ada dalam masyarakat, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Solidaritas tersebut tetu saja karena adanya kesetaraan gender yang dapat masuk dalam ojek online, dengan berbagai macam orang yang kemudian menjadi grup-grup dalam pemilihan lokasi tunggu menjadikan solidaritas tersebut ada.

Selain itu juga, bertemunya dengan penumpang menjadi salah satu bentuk solidaritas yang ada, dengan mengantarkan penumpang mencapai tujuan menjadi salah satu tujuannya.

  1. Club motor

Club motor juga termasuk salah satu contoh adanya solidaritas sosial dalam kehidupan sehari-hari. Club motor tersebut tentunya memiliki anggota yang berbagai macam daerah, baik anggota dari kalangan perempuan ataupun juga laki-laki.

Club motor tersebut mengumpulkan berbagai macam orang yang memiliki tujuan dan hobi yang sama. Solidaritas sosial tersebut terjalin dalam club motor tersebut. Mereka saling berinteraksi, saling bekerja sama, saling berbagi, dan saling menjaga satu sama lain.

  1. Car free day

Contoh terakhir adanya solidaritas sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh tersebut adalah adanya car free day. Acara car free day tersebut tentu saja di dalamnya terdapat solidaritas antara pemerintah kota, kepolisian, pedagang, serta masyarakat sekitar. Banyak sekali interaksi yang terjalin di dalam car free day yang tentu saja merupakan adanya solidaritas sosial tersebut.

Itulah tadi serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan adanya contoh solidaritas sosial dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *