10 Contoh Seni Rupa Terapan di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan tentu saja menajdi salah satu cabang seni rupa yang lebih mengedepankan nilai kegunaan atau nilai praktis dibandingkan dengan nilai estetikanya. Sehingga dalam hal ini pemanfaatan seni rupa terapan mengandung kegiatan ekonomi yang bisa memberikan dampak positif bagi pelakunya.

Adapun untuk adanya contoh perwujutan seni rupa terapan dalam kehidupan sehari-hari misalnya arsitektur, desain grafis, desain interior, dan lain sebagainya.

Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah cabang seni rupa yang mencakup desain dan dekorasi di samping benda-benda praktis untuk membuatnya menyenangkan secara estetika. Oleh karena itulah seni rupa terapan juga dapat diartikan sebagai desain artistik yang dibuat untuk objek utilitarian dalam penggunaan sehari-hari.

Berbeda dengan seni rupa murni, seni rupa terapan membuat objek fungsional lebih estetis. Artinya, benda-benda tersebut didesain sedemikian rupa sehingga hasilnya bermanfaat dan sekaligus menyenangkan secara estetika. Karena perpaduan antara kreativitas dan fungsi itulah, seni rupa terapan mencakup berbagai macam produk dan barang, mulai dari gagang pintu, meja, dinding dan atap gedung konser, pulpen, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Terapan

Contoh-contoh seni rupa terapan di masyarakat, diantaranya;

  1. Arsitektur

Arsitektur dapat didefinisikan sebagai seni dan ilmu yang berkaitan dengan perancangan bangunan dan struktur fisik lainnya. Definisi yang lebih luas sering kali mencakup desain lingkungan binaan total dari tingkat makro perencanaan kota, desain perkotaan, dan arsitektur lansekap hingga ke tingkat mikro detail konstruksi dan, terkadang, furnitur.

  1. Desain Industri

Selain arsitektur, contoh seni rupa terapan lainnya yaitu desain industri. Desain industri adalah proses desain yang diterapkan pada produk-produk yang akan diproduksi secara massal. Ini adalah tindakan kreatif untuk menentukan dan mendefinisikan bentuk dan fitur produk, yang terjadi sebelum pembuatan atau produksi produk.

  1. Desain Otomotif

Desain otomotif adalah proses mengembangkan tampilan (dan sampai batas tertentu ergonomis) kendaraan bermotor termasuk mobil, sepeda motor, truk, bus, gerbong, dan van. Desain fungsional dan pengembangan kendaraan bermotor modern biasanya dilakukan oleh tim besar dari berbagai disiplin ilmu yang juga termasuk dalam teknik otomotif.

Akan tetapi, peran desain tidak terkait dengan persyaratan kualifikasi profesional atau insinyur sewaan. Desain otomotif dalam konteks ini berfokus terutama pada pengembangan tampilan visual atau estetika kendaraan, sementara juga terlibat dalam penciptaan konsep produk.

  1. Desain Busana

Desain busana adalah seni yang menerapkan desain, estetika, pembuatan pakaian, dan keindahan alami pada pakaian beserta aksesorinya. Hal ini dipengaruhi oleh budaya dan tren yang berbeda, dan telah bervariasi dari waktu ke waktu dan tempat.

Seorang desainer busana dapat menciptakan pakaian yang beraneka ragam, termasuk gaun, jas, celana, dan rok, serta bermacam-macam aksesori seperti sepatu dan tas untuk keperluan konsumen. Mereka biasanya menggunakan landasan model untuk memamerkan karya mereka.

  1. Desain Interior

Desain interior dapat didefinisikan sebagai seni dan ilmu dalam meningkatkan interior bangunan untuk mencapai lingkungan yang lebih sehat dan lebih estetis bagi orang-orang yang menggunakan bangunan tersebut. Desainer interior adalah seseorang yang merencanakan, meneliti, mengkoordinasikan, dan mengelola proyek peningkatan tersebut.

  1. Desain Grafis

Desain grafis adalah profesi dan disiplin akademis yang aktivitasnya terdiri atas memproyeksikan komunikasi visual yang dimaksudkan untuk mengirimkan pesan ke kelompok sosial dengan tujuan tertentu, menggunakan seni terapan yang terdiri dari penggunaan teks dan grafik untuk berkomunikasi secara visual.

  1. Desain Kartografi

Desain kartografi atau desain peta dapat didefinisikan sebagai proses pembuatan peta yang menerapkan prinsip-prinsip desain serta pengetahuan tentang bagaimana peta digunakan untuk menciptakan peta yang memiliki fungsi estetis maupun fungsi praktis. Sebagai disiplin ilmu, desain kartografi mengintegrasikan tiga hal utama yaitu desain, geografi, dan ilmu informasi geografis.

  1. Ilustrasi

Ilustrasi dapat didefinisikan sebagai gambar, lukisan atau karya seni cetak yang menjelaskan, memperjelas, menerangi, mewakili secara visual, atau hanya menghiasi teks tertulis, yang bersifat sastra atau komersial.

Saat ini banyak ilustrasi yang dirancang dan dibuat menggunakan perangkat lunak komputer grafis seperti Adobe Illustrator, Photoshop, dan CorelDRAW, serta tablet Wacom, meskipun metode tradisional seperti cat air, pastel, kasein, ukiran kayu, potongan linoleum, serta pena dan tinta juga digunakan.

  1. Perhiasan

Perhiasan dianggap sebagai seni dekoratif kategori tertua yang terbuat dari logam mulia. Ada berbagai jenis perhiasan, termasuk mahkota, kalung, anting-anting, gelang, cincin, bros, peniti, jepit rambut, ikat pinggang dan gesper sepatu, gelang kaki dan lain-lain.

  1. Batik

Batik adalah kain tradisional Indonesia yang berasal dari pulau Jawa pada akhir tahun 1800-an dan masih digunakan sampai sekarang di seluruh Indonesia. Ada banyak jenis motif batik di Jawa. Masing-masing motif memiliki makna tertentu.

Beberapa motif juga secara tradisional memiliki status sosial tertentu dalam Kerajaan Jawa dan dilarang untuk dipakai sehari-hari oleh orang Jawa. Beberapa motif tersebut antara lain Parang Rusak, Sawat Garuda & Udan Liris, yang hanya dikenakan oleh Sultan Yogyakarta.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh seni rupa terapan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu untuk memberi wawasan sekaligus pengetahuan yang mendalam.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.