10 Contoh Seni Rupa Murni di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Seni Rupa Murni

Seni rupa bisa dikatakan sebagai bagian daripada adanya karya seni yang penciptaannya dilakukan untuk mewujudkan estetika dan keindahan dalam unsur kebudayaan. Disisi lainnya istilah seni rupa pertama kali dikemukakan oleh seorang seniman lukis bernama Sindoesoedarsono Soedjojono yang sampai saat ini dijuluki sebagai bapak seni lukis modern.

Secara garis besar perwujutan seni rupa dapat dibedakan menjadi dua, yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni. Pengertian seni rupa murni adalah cabang seni rupa yang lebih mengedepankan nilai estetika daripada nilai fungsionalnya. Untuk contoh seni rupa murni di masyarakat dalam keseharian misalnya lukisan, patung, mosaik, kaligrafi, animasi, dan lain sebagainya.

Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah karya seni yang diciptakan dengan mengutamakan keindahan daripada fungsi atau dengan kata lain, seni rupa murni adalah karya seni yang dicitpakan diciptakan untuk menjadi estetis. Tujuan nilai estetika itulah yang membedakan seni rupa murni dari seni rupa terapan yang secara tradisional dirancang untuk tujuan yang lebih praktis.

Dalam teori estetika yang dikembangkan pada masa Renaisans Italia, seni tertinggi atau disebut juga high art adalah seni yang memungkinkan ekspresi penuh dan tampilan imajinasi seniman, tidak dibatasi oleh pertimbangan praktis apa pun yang terlibat dalam, misalnya membuat dan mendekorasi teko.

Juga dianggap penting bahwa membuat karya seni tidak melibatkan pembagian pekerjaan antara individu yang berbeda dengan keterampilan khusus, misalnya seperti yang mungkin diperlukan dalam pembuatan perabot.

Contoh Seni Rupa Murni

Contoh adanya seni rupa murni di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Lukisan

Lukisan adalah karya seni yang bersifat dua dimensional, guna menyampaikan ide atau gagasan dengan menggunakan bentuk-bentuk visual secara figuratif maupun nonfiguratif. Terdapat beberapa faktor yang mendasari terciptanya sebuah lukisan, diantaranya yaitu latar belakang kehidupan, lingkungan alam, dan konsep pengetahuan ekofeminisme tentang gerakan seorang perempuan terhadap lingkungan hidup.

Lukisan dibuat dengan cara memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, untuk memberikan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman dan juga komposisi warna tertentu. Contoh-contoh lukisan karya seniman terkenal dari Indonesia antara lain Perkelahian dengan Singa karya Raden Saleh, Andong karya Affandi, Prosesi Warga Bali karya Lee Man Fong.

  1. Patung

Patung adalah salah satu bentuk seni visual tertua yang ada dan salah satu bentuk karya seni yang paling terlihat oleh publik. Patung lebih dari sekadar objek yang indah, tetapi patung juga membantu kita belajar tentang peradaban kuno dan memahami sejarah.

Bahan patung tradisional adalah marmer, kayu, tanah liat, atau logam. Tapi patung kontemporer bisa menggunakan bahan apapun yang diinginkan seniman, dari plastik dan bahkan benda-benda temuan. Seniman modern dan kontemporer juga dapat memasukkan lampu, proyeksi, audio, atau teknologi lain sebagai bagian dari patung mereka. Penggunaan pencetakan 3D dalam patung juga menjadi lebih umum.

Contoh patung yang terkenal di Indonesia misalnya patung Selamat Datang di Jakarta, patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, Patung Ikan Sura dan Baya di Surabaya.

  1. Ukiran Kayu

Ukiran kayu merupakan salah sayu karya seni yang dibuat dengan menggunakan alat pemotong (pisau) memakai satu tangan atau alat ukir kayu yang memakai dua tangan atau bisa juga satu tangan menggunakan alat ukir kayu dan satu tangan menggunakan palu, untuk menghasilkan penggambaran pada kayu, atau patung berbahan kayu.

Beberapa daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan karya ukir kayu diantaranya yaitu Jepara, Yogyakarta, Solo, Bali, Kalimantan, Sulawesi, atau Toraja.

  1. Mosaik

Mosaik merupakan seni menciptakan gambar dengan cara menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lainnya. Mosaik dapat berupa seni rupa dua dimensi atau tiga dimensi. Dari jauh, seni mosaik tampak berkilau dengan rangkaian warna dan pola yang mengesankan. Sementara dari dekat, seluk-beluk yang membentuk karya mosaik dapat terungkap.

Contoh mosaik paling awal dapat ditemukan dalam sebuah kuil di Abra, Mesopotamia, yang berasal dari abad ke-3 SM.

  1. Kaligrafi

Secara umum, kaligrafi dapat diartikan sebagai tulisan yang indah. Kaligrafi merupakan suatu ilmu atau seni menulis huruf Arab yang disusun atau dirangkai dari huruf-huruf tunggal menjadi sebuah kalimat yang tersusun rapih dan indah.

Rangkaian huruf-huruf tersebut dibuat sesuai dengan proporsi yang tepat, karena isinya mengenai ayat-ayat Al-Quran maupun berupa hadis. Selain huruf Arab, kaligrafu juga dapat dibuat dengan huruf latin atau Roman dan huruf Oriental (Cina, Jepang, Korea). Salah satu seniman kaligrafi terkenal dari Indonesia yaitu Mustafa Abdul Gani.

  1. Animasi

Animasi merupakan gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek yang disusun secara beraturan mengikuti pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Objek yang dimaksud dalam hal ini bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.

Ada jenis animasi tradisional yang digambar atau dilukis dengan tangan pada lembaran seluloid transparan untuk difoto dan dipamerkan pada film. Akan tetapi, saat ini, sebagian besar animasi sudah dibuat dengan komputer (CGI), bisa berupa animasi 3D yang sangat detail atau 2D.

Animasi 3D memperlihatkan karakter yang hasilnya semakin hidup dan nyata, mendektai wujud manusia aslinya. Misalnya Toy Story buatan Disney (Pixar Studio). Sedangkan animasi 2D biasa disebut dengan film kartun. Misalnya Shincan, Tom and Jerry, Scooby Doo.

  1. Topeng

Topeng merupakan karya seni rupa berupa benda yang dipakai di atas wajah. Topeng biasanya digunakan untuk mengiringi musik kesenian daerah.

Terdapat bermacam-macam bentuk topeng, ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan. Beberapa kesenian topeng Indonesia misalnya Tari Hudog suku Dayak, Tari Topeng Bali, dan Tari topeng Cirebon.

  1. Pencetakan sablon

Cetak saring atau sablon merupakan salah satu teknik proses cetak menggunakan layar (screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasar nilon atau sutra (silk screen). Sablon  biasanya dilakukan untuk mencetak gambar pada dimensi datar seperti kain, sehingga teknik sablon sering digunakan dalam bidang konveksi.

  1. Kaca Patri

Kaca patri merupakan jenis kaca hias yang dibuat atau disusun dari potongan kaca berwarna-warni untuk membentuk motif atau pola gambar tertentu. Masing-masing potongan kaca dibingkai dengan rangka logam yang terbuat dari tembaga atau kuningan.

Setelah semua potongan kaca tersusun dengan baik, rangka kuningan atau tembaga tersebut dipatri sehingga tidak bergerak/tidak goyang-goyang. Kaca patri biasanya digunakan untuk mempercantik ruangan ataupun bangunan tertentu. Misalnya sebagai kaligrafi kaca masjid, kaca gereja, serta kaca hias di stasiun dan bandara.

  1. Relief

Relief ialah sebagai seni pahat dan ukiran tiga dimensi (3D) yang biasanya dibuat di atas batu. Relief biasanya terdapat pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. Di Indonesia, contoh relief yang terkenal yaitu relief pada dinding candi Borobudur, yang digunakan untuk menggambarkan kehidupan sang Buddha dan ajaran-ajarannya.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh seni rupa murni dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu untuk memberikan wawasan sekaligus pengatahuan yang mendalam.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.