15 Contoh Rumusan Masalah Makalah/Penelitian/Karya Ilmiah/Skripsi

Diposting pada

Penulisan Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan research questions menjadi bagian yang penting dilakukan dalam proses pembuatan karya tulis. Baik makalah, skripsi, karya ilmiah, tesis, desertasi, essay, laporan praktikum, ataupun bentuk karya ilmiah lain.

Dimana pembuatan dalam contoh rumusan masalah ini memilik fungsi yang sangat signifikan, alasannya karena dengan membaca dan memahami rumusan masalah yang ada, maka secara langsung seseorang dapat dengan mudah mengetahui tentang apa saja yang diperlukan dalam pembahasan karya ilmiah maupun penelitian sosial yang dilakukan.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah dapatlah dikatakan sebagai bagian karya tulis dalam BAB 1 yang letaknya tepat berada di bawah latar bekalang. Rumusan masalah ini di dasarkan pada prosesisasi penyusunan dalam pembuatan karya tulis ilmiah yang berfungsi sebagai acuan terhadap apa saja pokok bahasan yang akan di sampaikan dalam karya tulis itu sendiri.

Pengertian Rumusan Masalah Menurut Para Ahli

Adapun definisi rumusan masalah menurut para ahli, antara lain;

  1. Sutrisno Hadi

Pengertian rumusan masalah adalah prosesasi dalam penyusun sejumlah pertanyaan dalam karya ilmiah yang biasanya berisi tentang kenapa dan bagimana masalah-masalah sosial/masyarakat yang sedang terjadi serta bagimana hubungan yang ada di dalamnya.

  1. Sugiyonno

Arti rumusan masalah adalah bagian pertanyaan yang perlu untuk dicari jawaban dengan baik dan benar melalui bentuk mengumpulkan data yang kemudian dilakukan teknik analisis data, baik dengan mempergunakan metode penelitian kualitatatif ataupun mempergunakan metode penelitian kuantitatif.

Contoh Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah
Contoh Rumusan Masalah

Yang dapat dikemukakan dalam pembentukan rumusan masalah yang baik dan benar, dalam tulisan ini ada banyak hal. Yang tentusaja rumusan permasalah disini berkaiatan erat dengan karya tulis, makalah, penelitian, skripsi, tesis, laporan, ataupun contoh lainnya. Yang akan berusaha akan disampaikan dalam sistematis berdasarkan pada tema atau topik penelitian.

Antara lain;

  1. Makalah

Berbagai bentuk contoh-contoh dalam rumusan masalah makalah penting menjadi bagian daripada tulisan ini. Dimana prihal contoh disini diangkat dari tema makalah tentang sosial yang judulnya kurang lebih ialah “Strategi Pengembangan Organisasi Masyarakat” dengan fokus kajiannya terhadap dana desa.

Rumusan Masalah Makalah
  1. Bagaiamana strategi pengembangan organisasi yang ada di dalam kehidupan masyarakat dalam upaya optimalisasi dana desa, sehingga dana desa yang telah digelontorkan oleh pemerintah pusat pada tahun 2015 bisa berjalan sebagai mestinya tanpa adanya kecurangan dan kekurangan dalam segi pembangunan.

  1. Penelitian

Yang akan kami bagikan ini ialah contoh mengenai rumusan masalah dalam peneltian. Perumusan masalahnya dilakukan dengan tema atau judul penelitian kuntitatif dengan mengengkat tenang “Jalan Tol dalam Masyarakat”. Rumusan masalah ini sendiri adalah sebagai berikut;

Rumusan Masalah Penelitian
  1. Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengetahui bagaimana mekanisme pelepasan hak atas tanah untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung
  2. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang timbul pada saat mekanisme pelepasan hak atas tanah untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

  1. PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

PTK adalah singkatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan kajian terhadap siswa (pelajar) dalam upaya meningkatkan kemampuan dan menciptakan sistem belajar yang efesien. Dalam PTK ini salah satu penyusunan metode penelilitian nya harusah memberikan keterangan tersendiri mengenai “Rumusan Masalah”.

Contoh penulisannya adalah sebagai berikut;

Rumusan Masalah PTK
  1. Apakah kemampuan yang dimiliki Pengajar pelajaran Kimia dapat ditingkatkan melalui keikutsertaanpengajar dalam pelatihan guru yang dilakukan?
  2. Apakah sistem belajar kimia oleh siswa SMP kelas VI dapat mengalami peningkatan melalui penerapan metode peneliian deduksi dalam sistem pembelajaran?
  3. Apakah keinginan dan kemampuan guru untuk membuat soal dapat mengalami peningkatan dengan pemberian bimbingan prorangan?
  4. Upaya apasaja yang diperlukan untuk mengatasi kesulitan belajar Siswa SMP terhadap mata pelajaran Kimia yang memiliki nilai keterbatasan kemampuan kognitif?
  5. Bagaimana peneliti tindakan kelas ini daoat membantu pelajar dalam mengatasi masalah-masalah dalam belajar sains?

  1. Karya Ilmiah

Bentuk penulisan karya tulis ilmiah atau dikenal dengan KTI dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini bisa mengawalinya dengan melihat latar belakang, selanjutnya rencana penelitian dan hasil penelitian (bahasan) yang di dapatkan.

Bentuk tulisan rumusan masalah karya ilmiah ini misalnya adalah sebagai berikut;

Rumusan Masalah Karya Ilmiah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya ilmiah ini, yaitu:

  1. Bagaimana bentuk Perancangan Kebijakan Education Mix System Ind-Mal sebagai uaya dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia di Era Asean Economic Community?
  2. Bagaimana Implementasi Kebijakan Education Mix System Ind-Mal untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia di Era Asean Economic Community?
  3. Apa Kelebihan Kebijakan Education Mix System Ind-Mal untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysiadi Era Asean Economic Community?

  1. Proposal

Penulisan perumusan masalah yang lainnya, ialah mengenai proposal yang dijukan untuk meminta dana atau persetujuan penelitian. Penulisan dalam perumusan ini bisa kamu contoh secara mudahnya dalam struktur tulisan sebagai berikut;

Rumusan Masalah Proposal

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis ingin lebih memfokuskan arah penulisan ini, maka diberikan beberapa perumusan masalah yakni:

  1. Bagaimana mengolah dan haisl buangan septitank yang berguna untuk menghasilkan energi listrik?
  2. Bagaimanakah Desain atau langkah E-Septitank sebagai penghasil listrik yang ramah lingkungan?

  1. Makalah Biologi/Kesehatan

Penulisan rumusan masalah yang lainnya, ialah dalam wujud bentuk karya tulis berpupa biologi atau kesehatan. Susnan penulisan dalam karya ilmiah tersebut antara lain dengan sistem kepenulisan sebagai berikut;

Rumusan Masalah Biologi/Kesehatan

Rumusan masalah dalam karya tulis biologi/kesehatan ini adalah:

  1. Senyawa apa yang bekerja dalam daun pandan sebagai terapi suportif antidiabetes?
  2. Bagaimana aplikasi penerapan teknologi mikroenkapsulasi ekstrak daun pandan menjadi sediaan effervescent sehingga berguna bagi penderita diabetes mellitus tipe II?
  3. Bagaimana cara pengamatan dan bukti in vivo ekstrak daun pandan sebagai antidiabetes terkait dengan histopatologi pankreas?

  1. Penelitian Kuantitatif

Rumusan masalah dalam metode penelitian kuantitatif bisa dilakukan dengan mamahmi apa itu pengertian penelitian kuantitatif. Setelah memahaminya, secara sederhanan penilitian yang dapat kamu lakukan bisa mencontoh bagian penulisan ini.

Rumusan Masalah Penelitian Kuantitatif

Rumusan masalah dalam penelitian kuantitatif ini adalah:

  1. Bagaimana perbandingan terbaik dari volume asitik hidrolisator dalam memutuskan ikatan β-1,4 glikosidik terhadap jumlah alang-alang ditinjau 2 dari hasil kuantitas fermentasi dan waktu yang dibutuhkan selama fermentasi?
  2. Bagaimana tingkat efesiensi Minyak Hilal berdasarkan perbandingan hasil hidrolisi asitik terhadap hasil hidrolisis enzimatik?

  1. Metode Deskriptif

Metode penulisan rumusan masalah dalam penelitian deskritif merupakan jenis penelitian sosial yang dilakukan untuk mendalami studi kasus terentu dengan lebih mendalam. Tata cara penulisannya bisa kamu cont dalam artikel sebagai berikut;

Rumusan Masalah Deskriptif

Melalui latar belakang penulisan penelitian, masalah-masalah yang di ambil adalah sebagai berikut;

  1. Bagimana latar belakang munculnya konflik sosial di Indonesia?
  2. Bagimana bentuk penyelesaian konflik yang ada di dalam masyarakat?
  3. Mengapa konflik perlu dilakukan dan apa dampak yang akan ditimbulkan?

  1. Penelitian Kualitatif

Penulisan rumusan masalah dalam penelitian kualitatif, antara lain adalah dengan menaisme yang ada di contoh ini. Struktur kepenulisan secara singkat harus mempu menjawab metode penelitian yang dilakukan, yaiu lebih dekat pada kajian sosial dengan hasil studi pustaka.

Rumusan Masalah Kualitatif
  1. Bagaimanakah pengaruh komposisi kitosan terhadap komposit kitosan – alginate dalam sifat mekanik dan fisisnya?
  2. Bagaimanakah potensi ekstrak daun kelor terhadap komposit kitosan – alginate dengan sebagai penutup luka?

  1. Tugas Akhir

Penulisan rumusan masalah dalam pembuatan tugas akhir ini, dengan cara melihat gejala yang melatar belakangi mengapa tulisan di munculkan. Hal ini sebenarnya lebih dekat dengan topik penelitian, pola penulisan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut;

Rumusan Masalah Tugas Akhir

Dari latar belakang yang telah dikemukakan, maka dapat ditentukan rumusan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana desain “UGAHISAN” Ular Tangga Hidup Sehat ala Al-Qur‟an ?
  2. Bagaimana cara kerja “UGAHISAN” Ular Tangga Hidup Sehat ala Al-Qur‟an?
  3. Bagaimana implementasi “UGAHISAN” Ular Tangga Hidup Sehat ala Al-Qur‟an?

  1. Skripsi

Sistem penulisan dalam rumusan masalah yang terkandung di Skripsi menjadi suatu keharus yang dimunculkan. Langkah sederhannya penyusunan rumusan masalah ini misalnya adalah dengan tata cara sebagai berikut;

Rumusan Masalah Skripsi
  1. Apakah minyak pelumas bekas yang sering kita temukan dalam keseharian dapat diubah menjadi bahan bakar minyak rumah tangga ?
  2. Bagaimana sistemasiasi pengubahan minyak pelumas bekas menjadi bahan bakar minyak rumah tangga ?
  3. Bagaimana kualitas bahan bakar minyak rumah tangga yang dihasilkan dari minyak pelumas bekas?

  1. Tesis

Penulisan dalam pembuatan rumusan masalah dalam tesis bisa dikatakan ½ bagian penting untuk penyelesaikan dalam karya imiah untuk tugas akhir mahasiswa S2. Bentuk sistematika pembuatnnya misalnya saja;

Rumusan Masalah Tesis
  1. Apakah program pemberdayaan masyarakat di Desa Sukamaju yang mempergunakan dana desa berjalan efektif?
  2. Bagimana hubungan antara program pemberdayaan Desa Sukamaju dengan penggunaan teori modal sosial Putnam?
  1. Laporan Praktikum

Pembuatan rumusan masalah dalam laporan praktikum bisa dituliskan sebagai berikut;

Rumusan Masalah Praktikum

Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam laporan praktikum ini adalah:

  1. Apakah Belimbing Wuluh dapat menyembuhkan penderita Covid-19?
  2. Bagaimana tahapan pelaksanaan penelitian terkait pemanfaatkan Belimbing Wuluh sehingga dapat menyembuhkan penderita Covid-19?

Dari sejumlah penjelasan, penting untuk diketahuai bahwa langkah mudah penyusunanannya ialah dengan membuatnya dalam bentuk daftar pertanyaan yang bisa memunculkan kalimat tanya, seperti bagimana?, kapan?, dimana?, ataupun Kenapa?.

Disinilah untuk pola penulisan seperti di atas sudah seringkali ditemukan dan dianggap tidak susah dalam penulisannnya. Hanya saja pelu diketahui bahwa penulisan rumusan masalah penting untuk menyertakan hubungan variable dalam penelitian serta instrumen penelitian yang akan dilakukan.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh rumusan masalah yang ada dalam penelitian, skripsi, makalah, essay, ataupun karya tulis ilmiah lainnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pemahaman kepada pembaca mengenai materi “rumusan masalah”.

Rating: 2.0/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *