9 Contoh Pengangguran Terbuka dan Faktor Penyebabnya

Diposting pada

Contoh Pengangguran Terbuka

Pengangguran terbuka yang dikenal dalam Bahasa Inggris dengan open unemployment pada dasarnya menjadi salah satu masalah sosial di Indonesia pada saat ini, alasannya karena jenis pengangguran ini kerapkali menjadikan angkatan kerja tidak memmenuhi arti kebutuhan hidupnya.

Oleh karena itulah salah satu solusi dalam upaya mengatasi pengangguran terbuka sistem sosial pemerintahan banyak mencanangkan beragam program yang membantu masyarakat. Misalnya saja program KUR yang tujuannya memberikan modal untuk membuka usaha berbasis UMKM.

Pengangguran Terbuka

Pengangguran terbuka adalah keterkaitan seseorang yang ingin bekerja namun tidak mendapatkan pekerjaan dengan penyebab dari kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut tidak memenuhi kualifikasi yang diinginkan, sehingga lowongan pekerjaan yang tersedia tidak tidak bisa terpenuhi secara maksimal.

Contoh Pengangguran Terbuka

Adapun untuk contoh kasus atas adanya pengangguran terbuka. Misalnya saja;

  1. Lulusan Pondok Pesantren Tidak Bisa Menjadi Guru

Prihal ini kasus yang mencolok ialah adanya sistem pendidikan non fomal berupa pondok pesantren yang belajar agama secara mendalam, bahkan kemampuannya bisa dikatakan melebihi sarjana pendidikan agama Islam sekalipun.

Meskipun demikian, untuk mendapatkan pekerjaan pada bidang pengajaran yaitu menjadi guru tidak memenuhi kualifikasi. Alasannya karena tidak bergelar sarjana, hingga akhirnya ia menjadi menganggur.

  1. Lulus Kuliah Tinggal di Perkampungan dan Sulit Mendapatkan Informasi Lowongan Pekerjaan

Banyaknya daerah pelosok yang ada di Indonesia sejatinya turut serta menyumbang tingginya pengangguran terbuka. Alasannya karena informasi terkait lowongan pekerjaan terkadang sulit untuk di akses sehingga prihal inilah menyebabkan seorang menganggur.

  1. Banyaknya Lulusan Tenaga Kesehatan

Kampus-kampus yang berbasis kesehatan pada saat ini marak adanya, prihal ini misalnya saja untuk jurusan bidan dan perawat yang sulit mendapatkan pekerjaan. Alasannya karena lowongan pekerjaan terbatas serta kapasitas lulusannya melebihi jumlah yang tersedia.

  1. Lulusan Akuntansi Banyak di Gantikan Teknologi

Menjadi pengakuan lainnya bahwa berkembangnya teknologi pada saat ini turut serta dalam menambah jumlah pengangguran terbuka. Contoh kasusnya misalnya saja seorang lulusan akuntansi yang tidak mendapatkan pekerjaan lantaran digantikan oleh sistem aplikasi.

Adapun perusahaan yang mempergunakan aplikasi tersebut memanglah lebih efesien. Oleh karenanya untuk mengatasi permasalahan seperti ini diperlukan sift skill yang cukup dalam mengoprasikan aplikasi yang tersedia.

Faktor Penyebab Pengangguran Terbuka

Untuk faktor yang menjadi penyebab banyaknya pengangguran terbuka. Antara lain;

  1. Tidak ada lowongan lowongan

Orang yang ingin bekerja kadang terkendala dengan ketersediaan lowongan pekerjaan. Seseorang merasa kurang cocok dengan lowongan yang tersedia, sehingga memilih untuk mencari lowongan pekerjaan yang lain. Ketika menemui hal tersebut maka akan membuat oranetika menemui hal tersebut maka akan membuat orang terus menganggur.

  1. Latar belakang pendidikan kurang sesuai

Latar belakang pendidikan menjadi faktor yang penting ketika ingin melamar sebuah pekerjaan. Banyaknya lowongan pekerjaan namu tidak sesuai dengan latar belakang yang dimiliki sehingga tidak dapat melamar pekerjaan. Orang akan merasa tidak memenuhi kriteria.

  1. Tidak mencari lowongan pekerjaan diluar daerah

Orang yang ingin bekerja di dekat rumah membuat ruang lingkup yang akan di cari terlalu sempit. Hal ini akan membuat seseorang banyak menemui keterbatasan. Semakin sempit ruang lingkup mencari pekerjaan maka akan semakin sulit mendapatkan pekerjaan.

  1. Informasi yang kurang

Orang yang ingin mencari pekerjaan maka harus mau mencari info lowongan pekerjaan diberbagai daerah. Daerah yang jauh dari kota sehingga sulit mencari pekerjaan yang sesuai didaerah tersebut. Tidak memiliki keinginan untuk banyak cari tahu di luar sana.

  1. Teknologi

Tenaga manusia yang telah digantikan oleh teknologi membuat banyak perusahaan yang memilih menggunakan mesin dari pada merekrut tenaga kerja baru. Hal ini jelas akan membuat lowongan semakin sempit. Perusahaan hanya membutuhkan teknisi yang telah berpengalaman dibidang yang sesuai  dengan perusahaan yang ada.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya kasus terkait dengan pengangguran terbuka (open unemployment)dan faktor yang menjadi penyebabnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *