10 Contoh Pengangguran Musiman dan Faktor Penyebabnya

Diposting pada

Contoh Pengangguran Musiman

Pengangguran musiman pada hakekatnya menjadi bagian daripada contoh permasalahan sosial yang sulit hilang untuk kondisi individu dan kelompok yang mengandalkan satu mata pencaharian untuk memenuhi arti kebutuhan hidupnya.

Disisi lainnya, adanya seseorang dalam kategori pengangguran musiman ini tidak produktif lantaran sehingga diperlukan upaya mengatasinya. Misalnya saja dengan memberikan pelatihan soft skill agar tetap inovatif dalam memenuhi kebutuhannya. Untuk contoh kategori pengangguran ini misalnya saja adanya pemandu wisata yang libur saat terjadinya pandemi, lantaran tidak adanya seseorang yang berkunjung artinya dia dalam kategori menganggur.

Pengangguran Musiman

Pengangguran musiman yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan seasonal unemployment ialah seseorang yang hanya bekerja pada saat tertentu saja, dimana jenis pengangguran ini memiliki kejelasan periode bekerja dan tidak bekerja. Lantaran banyak pengangguran jenis ini yang mencari pekerjaan lain ketika tidak sedang dalam waktu senggang.

Contoh Pengangguran Musiman

Adapun untuk contoh kasus yang termasuk dalam pengangguran musiman. Misalnya saja;

  1. Penyanyi maupun Anggota Band

Penyanyi maupun anggota band tertentu bisa dilakatakan sebagai bagian daripada pengangguran musiman yang mana ia bekerja ketika ada tawaran konser di daerah tertentu. Meski demkian, untuk solusi dalam mengetasinya pada saat ini bisa memanfaatkan media sosial youtube sebagai tambahan penghasilan.

  1. Tutor Bimbel SBMPTN

Adanya proses belajar untuk membantu para lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat dalam masuk perguruan tinggi bisanya hanya terjadi pada bulan-bulan tertentu. Guru yang mengajar khusus pada mata pelajaran ini biasanya memanfatkan momentum tersebut untuk bekerja, adapaun jikalau belum waktunya ia termasuk bagian daripada pengangguran musiman.

  1. Pemandu Wisata

Bagian lainnya yang termasuk dalam kategori penganggura musiman ialah profesi sebagai pemandu wisata yang juga lebih dikenal dengan gaet tour. Prihal ini tugasnya ialah menjelaskan kepada pengunjung mengenai sejarah, kondisi alam, dan hal menarik lainnya.

Musim keramaian profesi sebagai gaet tour biasanya terjadi saat liburan sekolah maupun kuliah. Sehingga ketika tidak berada dalam musim tersebut ia tergolong sebagai pengangguran.

  1. Sektor Pertanian atau Perkebunan

Bidang pertanian dan perkebunan merupakan yang jelas memperlihatkan bahwa seseorang dikatakan pengangguran musiman. Mereka hanya bekerja ketika musim panen dan tanam telah tiba. Selepas dua hal tersebut seseorang menjadi pengangguran dan tidak mencari pekerjaan lain.

Contoh kasusnya misalnya para pekebun yang memiliki lahan tanaman lada, dimana lada yang kemduan banyak dikelola menjadi merica akan tiba pada masa panan setahun sekali.

  1. Tukang Bangunan

Profesi sebagai tukang biasanya hanya ada saat waktu-waktu tertentu, prihal inilah masa tunggu yang dilakukan tukang untuk menerima orderan kembali bisa dikatakan sebagai bagian daripada jenis pengangguran musiman. Meskipun tak penampik jikalau sudah saatnya profesi ini lebih menghasilkan.

  1. Event Organizer

Event Organizer (EO) ialah salah satu profesi yag diperlukan dalam mengakomodir agenda-agenda tertentu. Misalnya saja disebuah perusahaan ingin menyelenggarakan perayaan ulang tahun atas berdirinya memerlukan bagian ini, adapun ketika tidak ada agenda seseorang yang bekerja sebagai EO menjadi bagian daripada contoh penganggura musiman.

Faktor Penyebab Pengangguran Musiman

Adapun untuk penyebab adanya penaggguran musiman, yaitu;

  1. Pekerjaan tidak ada setiap hari

Pengangguran musiman hanya bekerja disaat waktu tertentu. Misal petani maka akan bekerja pada saat musim panen, pembuat garam akan bekerja pada saat surut, operator sound sistem ketika ada yang memiliki hajatan, WO bekerja ketika banyak yang menyelenggarakan pernikahan, dan lain-lain.

Dimana untuk jenis pekerjaan yang dilakukan berbasarkan pesanan. Ketika tidak ada pesanan maka orang tersebut tidak bekerja.

  1. Keadaan musim

Musim atau iklim pasti berubah dengan karakteristik wilayah masing-masing misal di Indonesia musim hujan dan kemarau.

Orang yang bekerja di proyek kecil seperti pembangunan rumah maka akan mendapat banyak pekerjaan ketika musim kemarau. Misal di negara empat musim maka pada saat musim dingin akan cenderung membatasi kegiatan di luar rumah.

  1. Tempat bekerja tidak buka setiap hari

Orang yang bekerja hanya tiga kali seminggu dengan jam kerja yang sangat terbatas. Hal ini akan membuat seseorang tampak menganggur disela-sela pekerjaannya kecuali orang tersebut memiliki pekerjaan lain yang dapat mengisi hari yang tidak bekerja tersebut.

  1. Mengikuti alur yang ada

Orang yang menganggur musiman cenderung orang yang hanya terpaku pada pekerjaan tertentu yang tidak ada kegiatan setiap hari. Orang tersebut hanya mengikuti apa yang di lingkungan sekitarnya. Jelas ini membuat seseorang nampak menganggur dan tidak memiliki pekerjaan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kasus adanya pengangguran musiman dan faktor yang menjadi penyebabnya. Semoga saja mampu untuk mengedukasi bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *