6 Contoh Pengangguran Friksional (Sementara) di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Pengangguran Friksional

Pengangguran friksional yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan frictional unemployment menjadi salah satu jenis pengangguran yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan di masyarakat. Alasannya karena seseorang yang tergolong menganggur dalam hal ini hanya terjadi sementara waktu saja, bukan selamanya.

Sehingga pengangguran friksional dapat diatasi dengan cara memberikan pelatihan beserta bantuan berupa modal agar nantinya lebih meningkatkan kreativitas dan produktifat agar tetap mampu untuk memenuhi arti kebutuhan hidupnya.

Pengangguran Friksional (Sementara)

Pengangguran friksional adalah orang yang berada dalam usia produktif telah bekerja dalam kurun waktu yang singkat disebabkan dalam masa penantian. Prihal masa penantian yang dimaksud ialah menunggu panggilan kerja setelah interview atau orang yang baru saja lulus sekolah. Hal ini akan membuat seseorang dikatakan pengangguran sementara.

Contoh Pengangguran Friksional

Adapun untuk contoh dari adanya kasus pengangguran friksional misalnya saja;

  1. Para Fresh Graduate

Seseorang yang baru saja baru lulus dunia perkuliahan yang dikenal dengan fresh graduate bisa dikatakan sebagai pengangguran yang bersifat sementara, hal ini menjadi sesuatu yang dianggap wajar dan pasti terjadi. Alasannya pengangguran sementara tersebut dilakukan selama belum mendapatkan pekerjaan pertamanya.

  1. Menunggu Panggilan Interview

Salah satu tahapan dalam mencari pekerjaan adalah tahap dalam arti wawancara atau yang biasa disebut dengan interview. Interview ini menjadi tahapan yang tidak bisa dilewati. Hal ini membuat seseorang harus menunggu hasil interview tersebut.

Adapun kasus menunggu dalam masa penantian untuk memperoleh hasil ini banyak orang yang masuk dalam kategori ini yaitu pengangguran sementara atau friksional.

  1. Menggundurkan Diri

Orang yang mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan membutuhkan waktu beberapa saat untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Orang untuk mendapatkan pekerjaan baru juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Minimal satu minggu bahkan ada yang mencapai satu bulan atau satu tahun. Hal ini sangat mungkin terjadi sehingga orang tersebut menjadi bagian daripada contoh penganggura friksional.

  1. Keinginan Membuka Usaha

Orang yang sedang merencanakan sebuah bisnis maka akan keluar dari pekerjaannya yang dulu. Orang yang baru merintis usaha pasti belum berpenghasilan bahkan kelihatan tidak bekerja sama sekali. Maka kasus telaah dalam seseorang ini maka akan masuk dalam jenis pengangguran friksional. Pengangguran yang pasti dilalui oleh seseorang yang ingin berwirausaha.

  1. Umur yang belum cukup untuk pekerjaan yang di Inginkan

Indonesia memiliki aturan bahwa anak yang dibekerjakan harus diatas 18 tahun. Aturan ini kadang membuat seseorang yang sudah lulus dari pendidikan menengah atas dan tidak melanjutkan kependidikan tinggi masih harus menunggu usianya cukup untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau tempat kerja lainnya.

Adapun proses menunggu untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan minat dan keinginannya tersebutlah dikatakan bagian daripada contoh friksional.

  1. Pindah Pekerjaan dari Sebelumnya

Menunggu panggilang kerja setelah berhenti dari pekarjaan sebelumnya bisa dikatakan sebagai bagian daripada pengangguran friksional. Kasus ini seringkali dijumpai, adapaun solusinya ialah sambil menunggu diharuskan untuk bekerja seperti biasanya.

Misalnya saja ketika kita ingin menjadi seorang ASN yang harus mengikuti ujian CPNS yang terdiri dari SKD dan SKB dengan proses yang amat panjang, maka disarankan agar tidak tergolong sebagai bagian daripada pengangguran friksional untuk tetap bekerja pada pekerjaan sebelumnya.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kasus adanya pengangguran friksional di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.