Contoh Pendidikan Formal, Non-formal, dan Informal

Diposting pada

Pendidikan Formal, Non-formal, dan Informal di Indonesia

Pada dasarnya definisi lembaga pendidikan menjadi satu dari sekian banyak sumber penghidupan manusia di dunia. Modal pendidikan yang kuat akan menjadi pondasi manusia agar terus mampu bertahan dan terus berkembang di tengah pesatnya perubahan zaman. Modal pendidikan yang dimiliki tidak hanya cukup dari ruang kelas saja, setiap manusia harus bermain lebih jauh dan membuka mata lebih lebar, bahwa proses pembelajaran itu adalah pekerjaan seumur hidup yang terus menerus dilakukan. Seperti apa yang pepatah katakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik.

Pendidikan Formal, Non-formal, dan Informal

Sejatinya contoh lembaga pendidikan yang dilakukan di Indonesia ini memiliki 3 jalur, yakni jalur formal, non formal, dan in formal. Menurut Abdulloh Ugi (2013), persamaan yang melekat diantara pendidikan non formal dan informal ini sama-sama kepemilikiannya terfokus pada masyarakat untuk memberikan pengetahuan dan wawasan, baik itu asal muasal pendirian, pendanaan, pengelolaan, dan aspek-aspek lainnya

Pendidikan Formal

Pendidikan yang berstatus formal adalah jalur pendidkan yang memiliki sistem tersetruktur dan berjenjang yang biasanya terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi yang dikelola oleh negara dan diakui keberadannya.

Pendidikan Non-Formal

Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang secara nyata dapat pula dijalankan secara terstruktur dan berjenjang, akan tetapi untuk keberadaannya tidak diwajibkan dimiliki oleh masyarakat. Hanya saja akan menunjang pada soft skill yang dimiliki oleh seseorang dalam menempuh pendidikan ini.

Pendidikan Informal

Pengertian pendidikan informal adalah jalur pendidikan dalam arti lembaga keluarga atau pendidikan yang dapat diperoleh dari lingkungan sosial berdasarkan asas-asas dan nilai tertentu agar setiap orang dapat berkembang sesuai minat dan bakatnya.

Contoh Pendidikan Formal, Non-formal, dan Informal

Berikut di bawah ini tertulis contoh-contoh pendidikan formal, non-formal, dan informal di Indonesia yang sampai saat ini eksis menjadi wadah pembelajaran bagi setiap orang. Antara lain;

Lembaga Pendidikan Formal

Untuk bentuk-bentuknya, antara lain;

  1. PAUD

Di Indonesia kini PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini banyak didirikan berupa ruang-ruang kelas bermain juga pembinaan dasar bagi anak di bawah usia 6 tahun yang diharapkan mampu menjadi rangsangan pendidikan secara jasmani dan rohani sebelum naik ke jenjang pendidikan selanjutnya.

  1. TK

Taman Kanak-kanak atau TK menjadi salah satu lembaga pendidikan formal yang eksis di Indonesia sejak lama. Sistem pembelajaran dengan mata pelajaran dasar seperti membaca, menulis, berhitung, menggunakan jadwal yang rinci dan memiliki standar pengukuran nilai tertentu yang disusun sebelumnya oleh pihak sekolah atau dalam hal ini adalah guru terhadap siswa-siswinya.

  1. SD

Sekolah Dasar atau biasanya disingkat SD menjadi tingkatan selanjutnya setelah TK yang akan ditempuh siswa dalam skala pendidikan formal. Sekolah Dasar akan memulai pembelajaran akademik secara serius bagi siswa-siswinya.

Tidak hanya dalam bidang akademik, di Sekolah Dasar pengembangan minat bakat seseorang dalam bidang non-akademik-pun mulai ikut diasah.

  1. SMP

Sekolah Menengah Pertama atau SMP menjadi pendidikan formal setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Dasar. Siswa-siswi di SMP akan mulai mengenal bagaimana berkembang di sebuah organisasi seperti OSIS atau ekstrakurikuler yang tersedia sebagai penunjang pembentukan karakter siswa.

  1. SMA

Sekolah Menengah Atas atau SMA menjadi salah satu lembaga pendidikan formal di Indonesia yang masih eksis hingga kini. SMA menjadi jenjang pendidikan yang memiliki andil besar membawa siswa ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi.

  1. SMK

Sekolah Menengah Kejuruan menjadi sekolah formal pilihan banyak siswa di Indonesia. Keistimewaan yang dimiliki Sekolah Menengah Kejuruan adalah bagaimana siswa-siswinya akan dipersiapkan untuk langsung bekerja. Pelajaran yang dikembangkan di sekolah tidak lagi bersifat universal, melainkan terkhusus pada satu bidang tertentu saja, yang nantinya akan menyiapkan siswa-siswi fokus pada bidang dan profesinya di masa depan.

  1. Universitas

Universitas menjadi satu dari sekian jenis perguruan tinggi di Indonesia yang sifatnya formal. Universitas ialah jenis perguruan tinggi yang digadang-gadang untuk menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Rumpun yang ada di dalam universitas termasuk yang paling luas diantara jenis perguruan tinggi lainnya.

  1. Institut

Institut merupakan salah satu jenis perguruan tinggi lainnya yang eksis di Indonesia. Sama-sama merupakan pendidikan formal, yang membedakan institut dengan universitas adalah institut memilih untuk menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi dengan rumpun ilmu pengetahuan yang lebih terbatas.

Lembaga Pendidikan Nonformal

Adapun untuk bentu-bentuk daripada contoh pendidikan nonformal yang ada di masyarakat Indonesia, antara lain;

  1. Kursus/Bimbingan Belajar

Kursus atau bimbingan belajar di Indonesia dapat dikategorikan menjadi pendidikan non-formal, waktu penyampaian program pembelajaran biasanya lebih pendek apabila dibandingkan dengan pendidikan formal. Siswa di dalam kursus atau bimbingan belajar juga tidak memiliki batasan usia dan materi pendidikan pada umumnya lebih banyak yang bersifat praktis dan khusus.

  1. Homeschooling

Pendidikan dengan metode ‘belajar di rumah’ dewasa ini dikenal dengan sebutan Homeschooling atau HS. Homeschooling melibatkan orang tua atau keluarga sebagai penanggung jawab utama atas pendidikan anak. Sampai saat ini Homeschooling masih menjadi alternatif terbaik yang berkembang diantara pendidikan non-formal dan pendidikan informal.

  1. Pesantren

Pesantren menjadi satu dari sekian sistem pendidikan non-formal berbasis agama yang berdiri di Indonesia. Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional di bawah bimbingan guru yang dikenal dengan sebutan kiai. Di pesantren para siswanya atau para santri tinggal bersama dalam sebuah asrama yang.

Lembaga Pendidikan Informal

Sedangkan untuk contoh dalam lembaga pendidikan yang bersifat informal di masyarakat Indonesia, diantaranya seperti;

  1. Partai Politik

Partai politik dapat dikategorikan menjadi wadah bagi setiap orang belajar secara informal. Kelompok atau organisasi politik yang memegang ideologi tertentu, terorganisir, dengan anggotanya yang memiliki ketertarikan, orientasi, nilai-nilai sosial, dan cita-cita yang sama.

  1. Pengajian

Pengajian menjadi satu wadah pembelajaran agama secara informal yang sampai saat ini masih menjadi pilihan banyak pemeluk ajaran Islam.

  1. Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA)

Indonesia merupakan dengan mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam, dengan itu banyak pengajaran mendalam mengenai norma dan nilai-nilai Islam yang memfasilitasi setiap umatnya.

Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA/TPQ merupakan kelompok masyarakat atau lembaga yang turut menyelenggarakan pendidikan yang masuk dalam kategori non-formal, yang memberikan pengajaran berupa pemahaman dinul Islam dan pembacaan Al Qur’an sejak usia dini.

  1. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

LSM menjadi salah satu wadah pembelajaran informal di Indonesia. LSM didirikan oleh perorangan sekelompok orang dengan keahlian-keahlian tertentu, secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya.

  1. Pasraman

Pasraman dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berbasis agama, dalam hal ini adalah agama Hindu. Pasraman berkembang menjadi satu bentuk pendidikan yang mengembangkan karakter anak, ketrampilan, dan sekaligus pelestarian budaya pada jalur non-formal yang dalam artian akan dilaksanakan di luar daripada jam sekolah formal.

  1. Organisasi Relawan

Sejenis dengan LSM, namun organisasi relawan biasanya berdiri untuk menerima orang-orang yang memiliki keinginan membantu dan turut berpartisipasi memberikan pertolongan di wilayah-wilayah rawan bencana. Pekerjaan relawan ini mampu menjadi media pembelajaran informal yang baik bagi siapa saja tak pandang buluh.

  1. Keluarga

Keluarga menjadi unit satuan terkecil yang menjadi wadah pertama kali setiap manusia belajar. Pendidikan informal keluarga sangat murah meriah dan ilmunya awet sampai akhir hayat.

  1. Masyarakat

Masyarakat menjadi unit satuan pembelajaran selanjutnya setelah belajar di dalam keluarga. Masyarakat dengan segala rupa sikap dan karakternya menjadi model pembelajaran informal yang membuat setiap orang akan belajat bersosialisasi dan beradaptasi.

  1. Lingkar Pergaulan

Lingkar pergaulan menjadi wadah pembelajaran informal yang sifatnya lebih kecil dari masyarakat, lingkar pergaulan yang berisikan kerabat dekat atau rekan-rekan sepermainan, senasib, sepenanggungan, akan menjadi salah satu proses pendewasaan setiap orang dalam belajar memahami dan mengerti bagaimana setiap orang tidak akan mampu hidup sendiri.

Itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkap terkait dengan beragam contoh lembaga pendidikan yang bersifat formal, pendidikan non-formal, dan pendidikan informal di Indonesia. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *