4 Contoh Pemberdayaan Karyawan dalam Perusahaan

Diposting pada

Contoh Pemberdayaan Karyawan

Diakui ataupun tidak pada saat ini telah banyak bentuk perusahaan yang melakukan pemberdayaan kepada karyawannya. Proses sosial dan interaksi sosial yang hadir dalam penjalanan pemberdayaan ini tentusaja berhubungan erat dengan pemberian kemampuan lebih pada karyawan dalam beragam jenis tenaga kerja yang ada.

Kasusnya seperti memberikan kewenangan terhadap karyawan untuk mampu memberikan kritik dan saran yang membangun, sehingga timbul sikap kenyamanan dalam diri.

Pemberdayaan Karyawan

Pemberdayaan karyawan bisa dikatakan bagian daripada pemberdayaan masyarakat terkait dengan pemberian wewenang kepada karyawan untuk mampu dalam merencanakan, mengendalikan, dan membuat keputusan tentang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Sehingga prihal ini tentusaja keputusannya tersebut harus mendapat pengaruh secara eksplisit dari manajer di atasnya namun manajer maupun direktur tanpa memberikan beban sesuai dengan keinginan pimpinan. Disisi lainnya, yang setidaknya perlu diketahui ialah empowerment menjadi konsep “Pemberdayaan” lebih mengacu pada kata power yang artinya kuasa atau kekuatan, atau bisa juga diartikan sebagai upaya memberian daya, kekuasaan, atau kekuatan kepada pihak-ihak yang dianggap kurang berdaya.

Contoh Pemberdayaan Karyawan

Adapun untuk contoh adanya kasus tetang pemberdayaan karyawan. Misalnya saja;

  1. Perusahaan

Kasus yang mencerminkan terkait pemberdayaan dalam perusahaan misalnya saja salah satu karyawan kita melakukan kesalahan fatal dalam tugasnya karna kurangnya pemahaman dia tentang teknologi informasi. Sebagai manajer perusahaan yang kita lakukan ialah dengan mengumpulkan semua karyawan kemudian membahas serta mencari jalan keluar dari permasalahan karyawan tersebut.

Jalannya rapat maupun diskusi ini sejatinnya memberikan sarana dan prasarana bagi karyawan dan memfasilitasinya termasuk dalam urusan keyakinan yang harus bersikap toleransi dan menghargai hak orang lain keputusan ini tentu harus kita diskusikan dengan perusahaan dan tidak bisa diputuskan sendiri karena kita berada dalam sebuah organisasi perekonomian.

  1. Tanggung Jawab

Peberian sikap tanggung jawab juga merupakan bagian daripada proses pemberdayaan pada karyawan. Kasusnya seperti halnya ketika kita sedang bekerja dikantor dan memiliki tugas untuk mengirimkan file laporan melalui e-mail.

Namun, tiba-tiba internet kantor padam, secara langsung bentuk tindakan sosial yang dilakukan ialah mempergunakan Wifi Handphone pribadi untuk mengirimkan e-mail. Prihal ini proses menguasai dan memahami dalam masalah ini karywan di tuntut untuk mencari jalan keluar oleh diri sendiri telebih dahulu sebagai bagian cerminan dari sikap tanggung jawab.

  1. Keagamaan

Lain halnya dengan kasus pelibatan dan pemberdayaan karyawan yang dilakukan oleh salah satu perusahaan ekspedisi. Yaitu Jalur Nugraha Ekakurir yang dikenal dengan JNE, pada tahapnnya JNE kerapkali melakukan pemberdayaan pada karyawan dengan melibatkan adanya pengajian terkait keagamaan.

Konsep ini mencerminkan adanya tumbuh kembang bahwa selain bekerja setiap individu juga berhak mendalami agama yang diyakininya. Apalagi hidup di Indonesia yang sejatinya setiap orang harus memiliki keyakinan.

  1. Ekonomi

Contoh kasus lainnya adanya pemberdayaan karyawan bisa berhubungan dengan kegiatan ekonomi. Tentusaja langkah ini dilakukan dengan memberikan pengajaran terkait dengan soft skill untuk mengelola, manajemen, sampai pembuatan produk yang menarik.

Setelah karyawan tersebut berhenti bekerja diharapkan nantinya bisa diajak kolaborasi pada perusahaan ini dengan status sosial dan peran sosial yang berbeda. Yaitu menjadi patner kerja bukan lagi menjadi karyawan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya sistem pemberdayaan karyawan dalam perusahaan. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.