Contoh Patembayan (Gesellschaft) di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Patembayan

Bentuk hubungan sosial dalam lingkungan sosial sangat beragam. Mulai hubungan yang saling mengikat dan tidak mengikat. Kelompok sosial yang dikelompookkan berdasarkan jenis anggootanya yaitu kelompok in group dan kelompok out group, sementara kelompok sosial yang dilihat keterikatan antar anggota yaitu patembayan dan paguyuban.

Oleh sebab itulah dapat dikatakan bahwa pembeda sebuah kelompok dapat dilihat dari banyak hal. Terutama pada gemeinschaft dan gesellschaft.

Patembayan (Gesellschaft)

Petembayan adalah sebuah hubungan yang berkaitan dengan sebuah sistem sosial dalam lingkungan tertentu. Keberlangsungan hubungan tidak lama atau jangka pendek. Hubungan hanya untuk kepentingan tertentu. Keberjalanannya diatur dengan sebuah sistem.

Oleh sebab itulah patembayan (gesellschaft) mudah ditemukan di lingkungan kita, baik secara formal atau informal. Hubungan formal terjadi di lingkungan kerja sementara informal terjadi di lingkungan sekitar yang berbentuk komunitas.

Contoh Patembayan (Gesellschaft)

Berikut merupakan beberapa contoh patembayan yang ada disekitar kita, antara lain;

  1. Organisasi pengusaha

Perusahaan agar dapat berkembang dengan cepat pemilik perusahaan harus banyak memiliki relasi. Relasi sangat penting untuk sebagian besar jenis usaha. Atas dasar saling membutuhkan maka dibentuk sebuah organisasi untuk tempat bertemunya berbagai jenis pengusaha.

Mereka berkumpul untuk bertukar informasi atau melakukan kerjasama pada bidang tertentu. Apabila kerjasama telah dijalankan dan berakhir dengan sebuah kontrak maka akan terjalin hubungan dalam periode tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Hubungan beberapa pihak akan selesai ketika kontrak yang telah disetujui telah berakhir. Putusnya kontrak maka sudah tidak ada lagi hubungan kedua belah pihak, tidak ada keterikatan yang terjadi terus menerus.

  1. Serikat buruh

Kelompok buruh merupakan masa yang memiliki jumlah yang banyak. Mereka bersatu dengan tujuan yang sama yaitu mengusahakan hak-haknya. Hak tersebut berkaitan dengan hak upah yang diterima atas pekerjaan yang dilakukan atau yang lainnya.

Lembaga ini tentu saja salah satu tameng bagi buruh. Hubungan antar buruh hanya sebatas saling melindungi karena memiliki pekerjaan yang sama. Apabila seseorang sudah tidak lagi menjadi buruh maka hubungan tersebut akan terputus.

  1. Ikatan pedagang

Hubungan pedangang untuk tetap dapat melakukan usaha dibidang perdagangan. Hubungan antar pedagang biasanya berkaitan dengan penetapan harga barang-barang yang dijual. Khususnya untuk pedagang yang berada dalam satu tempat.

Misal pedagang pasar sama-sama menjual baju dengan spesifikasi yang sama maka akan saling komunikasi akan sebuah kepentingan. Terutama berkaitan dengan penjulan barang dagang, apabila salah satu pedagang kehabisan stok maka dapat mengambil barang dari sesama penjual.

Hubungan penjual ini akan berkahir ketika salah satu dari pedagang sudah tidak menjual produknya di pasar. Mereka sudah tidak ada lagi hubungan kepentingan antar kedua belah pihak sehingga tidak perlu ada komunikasi lagi.

  1. Lingkungan perkantoran

Orang yang bekerja di kantor biasanya memiliki hubungan sebagai sesama pekerja di kantor tersebut. Mereka yang tergabung dalam sebuah perusahaan, selama masih bekerja di tempat yang sama maka akan terus melakukan hubungan.

Hubungan ini berupa kepntingan pekerjaan antar bagian. Bahkan ada hubungan atasan dengan bawahan, hubungan sesema karyawan, dan lain-lain. Komunikasi ini akan terus berjalan hingga salah satu pihak sudah tidak lagi bekerja di tempat tersebut. Ketika sudah tidak lagi bekerja maka hilanglah hubungan  antar pihak.

  1. Partai politik

Salah satu organisasi yang sangat kita kenal ialah partai politik. Partai politik merupakan tempat seseorang untuk memulai sebuah karir di bidang politik. Selama orang tersebut masih berada di lingkungan tersebut maka hubungannya akan tetap terjaga.

Orang yang telah berpindah partai politik atau meninggalkan dunia politik, maka sudah tidak ada lagi ikatan. Bahkan dapat menjadi lawan politik apabila bergabung dengan pihak yang berseberangan dengan partai poolitik sebelumnya.

  1. Pekerja pabrik

Pekerja pabrik memiliki ikatan karena sama-sama bekerja di pabrik. Hubungan yang terjadi ketika sama-sama bekerja di tempat yang sama. Mereka akan saling berkomunikasi berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan.

Misal bagian produksi berkomunikasi dengan bagian mekanik ketika terjadi permasalahan pada mesin di pabrik. Hal ini akan terus terjadi selama masih bekerja di tempat yang sama. Pekerja pabrik akan terlepas dari kelompok sosial ini apabila sudah tidak bekerja di tempat tersebut. Tidak ada kepentingan lagi, sehingga tidak perlu ada komunikasi atau hubungan lagi.

  1. Anggota DPR

Sesama anggota DPR akan sering bertemu dalam sebuah forum tertentu yang berkaitan dengan bidangnya. Hal ini akan membuat terciptanya hubungan yang berkaitan dengan kepentingan tertentu.

Anggota DPR terpilih berdasarkan periode yang telah ditentukan berdasarkan undang-undang yang berlaku. Periode ini akan menjadi batasan hubungan antar anggota DPR. Ketika masa jabatan telah purna, maka hubungan sebagai sesama anggota DPR juga berkahir. Hal ini akan berbeda apabila ada kepentingan lain diluar urusan sebagai sesama anggota DPR.

  1. Komunitas rajut

Arti komunitas dengan hobi yang sama yaitu merajut. Salah satu keterampilan yang disukai wanita untuk mengisi waktu luang. Komunitas ini banyak menghasilkan karya yang berupa kerajinan tangan.

Bagi anggota yang sering mengikuti event dan sering berkumpul dengan para anggota maka akan saling dekat antara satu dengan yang lain. Hal ini akan berbeda dengan anggota yang jarang mendatangi event yang diselenggarakan. Semakin jarang seseorang mengikuti event maka lama kelamaan akan menghilang dari komunitas. Hal ini akan membuat hilangnya hubungan antar individu yang berkaitan dengan seni merajut.

  1. Komunitas pecinta kucing

Orang yang sama-sama menyukai jenis hewan yang sama biasanya melakukan perkumpulan. Lama kelamaan perkumpulan ini akan terbentuk sebuah bentuk kelompok sosial. Hal ini membuat orang satu dengan yang lain saling ketemu untuk saling berbagai pengalaman tentang perawatan kucing. Bahkan ada transaksi jual beli kucing.

Kelompok sosial ini biasanya mengadakan event perlombaan kucing. Kucing yang menang dalam lomba ini memiliki nilai jual yang tinggi. Apabila bisa memperooleh kucing ini merupakan kebanggan tersendiri.

Orang yang awalnya bergabung dengan komunitas, namun kemudian hari sudah tidak bergabung lagi maka sudah tidak lagi hubungan antar keduanya. Hubungan hanya terjadi ketika sama-sama menjadi anggota komunitas.

  1. Komunitas pencinta burung

Komunitas pecinta burung merupakan kelompok yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Pada setiap pasar burung pasti terdapat komunitas yang berkumpul. Komunitas ini mengadakan berbagai jenis event yang diikuti oleh anggotanya.

Hubungan antar pecinta burung akan berjalan selama masih aktif dalam kegiatan komunitas. Apabila sudah tidak aktif maka hubungan tersebut akan berakhir. Komunitas satu dengan yang lain kadang juga terdapat perselisihan.

Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa kelompok sosial patembayan tentu saja berbeda dengan kelompok sosial paguyuban. Dimana patembayan hanya dipengaruhi oleh faktor kepentingan tertentu. Apabila kepentingan yang diinginkan sudah terpenuhi maka akan putus hubungannya.

Hubungan dalam kelompok sosial juga dapat terputus ketika kerjasama atau periode kepengurusan terlah berakhir. Orientasi utama yang ingin didapatkan ialah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan politik. Hal yang ingin didapatkan ialah uang atau keuntungan atas kerjasama yang dilakukan..

Oleh sebab itulah serangkaian pemaparan tentang contoh petembayan dapat berupa organisasi, rekan kerja, komunitas, dan lain-lain.

Hal ini disebabkan hubungan yang terjalin di lingkungan masyarakat sangat beragam. Pengelompokkan ini akan mempermudah seseorang mengenali jenis-jenis kelompok sosial. Pemilihan kelompok sosial juga mempengaruhi hal-hal yang dilakukan dalam kelompok sosial tersebut.

Rating: 3.0/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *