10 Contoh Nilai Kebaikan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Nilai Kebaikan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kebaikan bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang paling berharga di dunia. Dimana sepanjang sejarahnya, semua unsur budaya dan nilai agama di dunia menghormati segenap nilai-nilai kebaikan yang ada. Alasan tersebut terjadi karena dengan adanya jenis nilai kebaikan setiap manusia mauapun makhluk hidup lainnya di muka bumi dapat hidup dengan tenang dan damai.

Bahkan hal yang paling sederhana dalam kehidupan sehari-hari digambarkan dengan menunjukkan rasa terima yang ditunjukkan kepada anggota keluarga, teman, kolega, kenalan, atau orang asing yang telah mau membantu bagian daripada nilai kembaikan yang terus dikembangkan.

Nilai Kebaikan

Nilai kebaikan adalah arti nilai yang mengacu pada sikap baik yang dapat ditunjukkan dengan melalui keramahan, kemurahan hati, dan perhatian kepada orang lain dan diri sendiri. Dimana bersikap baik seperti ini sering kali membutuhkan keberanian dan kekuatan, karena melibatkan kesediaan untuk memberikan perhatian kepada orang lain.

Contoh Nilai Kebaikan

Untuk contoh tindakan yang mengandung nilai-nilai kebaikan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Baik hati

Sikap baik hati dapat ditanamkan diri dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik. Misalnya bersikap murah hati, memperlakukan orang lain dengan penuh rasa hormat, serta bersedia untuk minta maaf ketika melakukan kesalahan maupun memaafkan kesalahan orang lain. Selain itu, sikap baik hati juga dapat ditunjukkan melalui perasaan simpati dan empati terhadap orang lain.

  1. Berdikari

Istilah berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri merupakan suatu sikap mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Sifat kemandirian ini sebisa mungkin harus ditanamkan sejak seseorang berusia muda, setidaknya saat seorang anak telah mampu dalam melakukan sesuatu, seperti makan atau berpakaian sendiri. Kemandirian tersebut dapat membawa beragam manfaat, salah satunya adalah menumbuhkan rasa percaya diri seseorang.

  1. Sopan santun

Sopan santun adalah bentuk tindakan sosial bernilai kebaikan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat karena kita hidup di tengah-tengah masyarakat, sehingga harus dapat menunjukkan sopan santun ketika berinteraksi dengan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh sopan santun tersebut dapat mencakup berbagai aspek termasuk cara berpakaian dan cara berbicara kita terhadap orang lain.

  1. Saling menghormati

Sikap saling mengormati juga tak kalah penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena jika kita ingin dihormati oleh orang lain, maka kita juga harus menghormati mereka. Sikap saling menghormati dapat diajarkan sejak dini kepada anak-anak misalnya mereka dibiasakan untuk mencium tangan serta berpamitan kepada kedua orang tua ketika akan pergi ke luar rumah.

  1. Kasih sayang

Perasaan kasih sayang bukan hanya bisa dirasakan, tapi juga bisa ditunjukkan melalui tindakan. Dengan adanya kasih sayang, kehidupan seseorang akan terasa nyaman sehingga hubungan dengan orang lain pun akan menjadi lebih harmonis.

Bahkan kasih sayang tidak hanya dapat ditunjukkan kepada sesama manusia, misalnya merawat hewan dan tanaman pun juga termasuk contoh kasih sayang kita terhadap mereka.

  1. Adil

Sikap adil dapat dibiasakan sejak kecil dengan cara mengajarkan kepada anak-anak indahnya berbagi dengan orang lain. Misalnya ketika anak-anak mempunyai makanan atau mainan, orang tua dapat melatih mereka untuk membagikan makanan atau meminjamkan mainan yang dimiliki kepada teman mereka.

Selain itu, sikap adil juga dapat ditunjukkan dengan cara tidak memaksakan kepada orang lain. Misalnya ketika kalah dalam perlombaan maka kita harus bisa menerima kekalahan tersebut dengan lapang dada karena menang dan kalah adalah wajar dalam suatu perlomaban.

  1. Kejujuran

Kejujuran adalah suatu tindakan yang menunjukkan sikap atau mengatakan suatu hal sesuai dengan fakta sosial yang ada. Atau secara sederhana dapat dikatakan bahwa jujur berarti tidak bohong.

Nilai kejujuran juga harus ditanamkan kepada seseorang sejak dini agar kelak ketika sudah hidup di tengah-tengah masyarakat luas mereka dapat menjadi orang-orang yang jujur kepada diri sendiri maupun orang lain terlepas apapun profesi atau pekerjaan yang mereka tekuni.

  1. Kebebasan

Kebebasan yang dimaksud dalam hal ini tentunya yang bernilai positif, misalnya kebebasan dalam berpendapat, karena Indonesia sendiri merupakan negara yang demokratis sehingga semua orang bebas untuk berpendapat untuk kebaikan bersama dalam batas-batas tertentu yang tidak menyinggung perihal terkait SARA.

  1. Keberanian

Keberanian yang dimaksud dalam hal ini juga dalam konteks yang positif, misalnya berani untuk mengakui kesalahan ketika benar-benar melakukan suatu kesalahan kepada orang lain.

Selain itu nilai kebaikan dalam kejujuruan sebagai nilai tertinggi dalam pandangan hidup orang melayu, lantaran keberanian juga dapat ditunjukkan dengan berbagai macam cara asalkan bukan dalam hal yang negatif dan merugikan orang lain, misalnya mengancam orang lain.

  1. Kebersihan

Kebersihan merupakan hal yang tak kalah penting karena menyangkut kondisi kesehatan seseorang. Kebersihan harus dibiasakan dalam berbagai hal, termasuk kebersihan pakaian, kebersihan makanan dan minuman, maupun kebersihan lingkungan sosial sekitar.

Dengan menjaga kebersihan maka kesehatanpun akan terjaga sebagaimana semboyan yang bias akita dengar “Kebersihan adalah pangkal kesehatan”.

Manfaat Nilai Kebaikan

Manfaat Nilai Kebaikan
Manfaat Nilai Kebaikan

Manfaat yang dapat kita rasakan dengan bersikap baik, antara lain:

  1. Kebaikan melepaskan hormon perasaan baik

Priha ini ketika kita bersikap baik kepada siapa pun, kita juga akan merasa lebih baik di dalam diri sendiri. Hormon seperti serotonin mendapat dorongan yang bertanggung jawab atas kepuasan dan kebahagiaan diri kita. Jadi, kapan pun kita ingin merasa nyaman dengan diri sendiri, jangan ragu untuk menjadi sukarelawan dan membantu seseorang yang membutuhkan.

  1. Kebaikan itu baik untuk hati dan pikiran

Jika kita menunjukkan tindakan kebaikan kepada seseorang, kita dapat melepaskan hormon yang disebut Oksitosin yang membantu dalam memperluas pembuluh darah dan pada gilirannya mengurangi masalah seperti tekanan darah dan pembuluh jantung tegang.

Selain itu, keuntungan lain dari kebaikan termasuk kemudahan hilangnya rasa sakit dan kecemasan. Orang yang melakukan kebaikan akan mengalami getaran positif seperti kegembiraan batin, suasana hati yang bahagia, dan kewaspadaan diri ketika dia melangkah untuk membantu. Jika kita cemas dan gugup, carilah cara untuk membantu orang lain.

  1. Kebaikan membalikkan stress dan depresi

Telah terbukti bahwa ketika kita bertindak baik terhadap seseorang, kita telah memecahkan masalah yang berhubungan dengan stres yang kita alami.

Perasaan depresi, agresi, kesepian, dan berbagai gangguan lainnya cenderung menjadi tenang dengan tindakan baik yang kita lakukan. Selain itu, sistem sosial atas kekebalan tubuh kita meningkat perlahan dan kebahagiaan kita pun akan meningkat.

  1. Kebaikan meningkatkan hubungan

Kebaikan begitu kuat sehingga membantu dalam meningkatkan hubungan sosial kita dengan diri sendiri, orang-orang di sekitar kita dan orang yang kita bantu. Ini pada akhirnya akan menumbuhkan rasa hormat dan ikatan emosional yang lebih baik.

  1. Kebaikan itu menular

Berpikir tentang pentingnya kebaikan? Nah, kita harus ingat bahwa kebaikan itu benar-benar menular! Dengan bersikap ramah dan menghangatkan hati, kita tidak hanya membantu orang lain tetapi juga dapat mengharapkan hal yang sama sebagai balasannya. Selain itu, banyak hati di sekitar kita pasti tergerak atau terdorong untuk melakukan kebaikan pula.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh nilai kebaikan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari beserta dengan manfaatnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *